Plus Minus Universitas Terbuka

Setiap Universitas, pasti adanya plus minusnya. Kali ini, plus minus Universitas Terbaru yang perlu kita cari tahu. Universitas Terbuka adalah salah satu Universitas yang sedang marak diperbincangkan saat ini. sistem unik yang dikembangka oleh Universitas Terbuka terkenal cukup sulit untuk diikuti oleh para mahasiswa, benarkah demikian? Plus dan minus memang selalu ada pada setiap sistem pendidikan, baik secara normal selalu tatap muka maupun hanya 5 kali tatap muka setiap semester di Universitas Terbuka.

Plus Minus Universitas TerbukaSistem yang terkenal unik ini memang menghadirkan pro dan kontra di masyarakat, namun selama itu masih berniat mendidik dan bertujuan baik, kenapa tidak? Beberapa lulusan Universitas Terbuka memang terkenal lebih mandiri, sukses dalam karier dan dalam kehidupan. Mempelajari kata mandiri sejak awal kuliah dan mengerti akan management waktu yang baik memang telah menghasilkan produk unggulan dengan tempaan besi. Berikut ini akan dibeberkan beberapa plus dan minus Universitas Terbuka. Selamat menyimak.

Inilah plus minus Universitas Terbuka

Baca juga hal penting dalam hal mengenal Universitas Terbuka

Kelebihan Universitas Terbuka

  • Sistem yang mengajarkan mandiri

Pada Universitas Terbuka, mahasiswa hanya diwajibkan untuk bertemu atau mengikuti TTM (Tutorial Tatap Muka) 5 kali dalam 1 semester untuk setiap mata kuliah. Sistem ini terkenal banyak menjatuhkan mahasiswa yang semangat pada awal namun akhirnya mlempem karena sulitnya untuk mandiri. Mempelajari modul secara mandiri di rumah memang menjadi jadwal yang lebih banyak ditawarkan oleh Universitas Terbuka. Namun meskipun begitu, justru hal tersebutlah yang akan menggembleng mahasiswa untuk semakin sadar akan visi dan misi untuk belajar.

  • Murah

Kuliah di Universitas Terbuka memang terkenal lebih murah. Mahasiswa tidak diharuskan membayar biaya gedung atau sumbangan sukarela lainnya. Mahasiswa hanya akan membayar biaya SKS dan TTM saja. Bila dinilai secara rupiah, maka akan hanya menyentuh bilangan dua juta atau bahkan tidak sampai dua juta. Murah bukan?

  • No Skripsi

Apa? Pastilah mata anda akan langsung terbelalak dan buru buru mendaftar di universitas Terbuka. Tugggu dulu, no skripsi yang dimaksud di sini adalah memang tidak ada sistem skripsi. Pada Universitas Terbuka sistem tersebut diganti dengan Tugas Akhir Program dan karya Ilmiah. Menjadi nilai plus atau minus itu terserah pendapat anda masing masing. Bagi penulis hal ini menjadi nilai plus karena TAP dan Karya Ilmiah akan benar benar memantapkan hasil perkuliahan ketimbang skripsi.

Kekurangan Universitas Terbuka

  • Pentingnya Koneksi Internet

Sistem belajar melalui modul yang dijalankan oleh Universitas Terbuka akan memaksa mahasiswa yang kritis untuk menggunakan internet sebagai salah satu cara memperluas pengetahuan. Masih buruknya jaringan internet di Indonesia membuat para pelajar yang terbilang berasal dari daerah pedesaan akan menemui kendala yang cukup sulit pada sistem pembelajaran ini. keberadaan Ujian Online yang juga menjadi salah satu jenis ujian yang ada pada sistem Universitas Terbuka juga memaksa mahasiswannya untuk mencari Universitas yang ditunjuk oleh UT untuk mengadakan ujian online. Sedikit repot memang. Baca juga hal untuk pendaftaran Universitas Terbuka.

Add a Comment