Akademi Kepolisian Di Semarang, Pendaftaran dan Biaya Masuk

Akademi Kepolisian di Semarang merupakan Akademi Polisi (Akpol) yang juga salah satu Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia dan juga diminati oleh kalangan remaja.

Akademi Kepolisian Republik Indonesia atau yang akrab disebut dengan Akpol adalah sebuah lembaga resmi pendidikan yang berada dibawah naungan Kalemdikpol yang mana diciptakan secara khusus untuk mencetak lulusan yang nantinya akan menjadi perwira Polri. Akademi Kepolisian di Semarang, tepat berlokasi di Jawa Tengah yang tepatnya di Jl. Sultan Agung No. 131 Candi Baru.

Akademi Kepolisian di Semarang

Akademi Kepolisian di Semarang

Kurikulum akademi kepolisian di Semarang, disusun berdasarkan dengan pendekatan kompetendi meliputi pengetahuan, keterampilan serta sikap.

Sejarah singkat Akademi Kepolisian

Perjalanan dari sejarah Akademi Kepolisian (Akpol) sudah mengalami banyak perubahan baik secara organisasinya ataupun tempat domisilinya yang mana hingga akhirnya kini menetap di Semarang, Jawa Tengah.

Awal mula berdirinya Akademi Kepolisian diawali atas dasar peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesa pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana beberapa hari setelah peristiwa itu, para cendekiawan bangsa Indonesia memutuskan untuk mengambil alih seluruh kuasa pendidikan dari Jepang yang mana salah satunya adalah ‘Jawea Keisatsu Gakka’ (Pendidikan Kepolisian) yang akhirnya oleh Indonesia diubah namanya menjadi Sekolah Polisi Negara Republik Indonesia dan saat itu berlokasi di Sukabumi.

Hingga akhirnya pada tanggal 10 Juli 1959 diturunkanlah Skep Presiden No: 253 / 1959 yang berbunyi jika Kepolisian Negara Republik Indonesia berubah nama menjadi Angkatan Kepolisian Republik Indonesia dan dengan begitu Sekolah Polisi di Sukabumi pun berubah menjadi Sekolah Angkatan Kepolisian.

Kemudian pada tanggal 1 Oktober 1965 Men Pangak Irjen. Pol Sucipto Judodiharjo mengubah Sekolah Angkatan Kepolisian menjadi Akademi Angkatan Kepolisian atas dasar Skep Menhakam Pangab dan hingga akhirnya kini tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari terbentuknya Akademi Kepolisian.

Selanjutnya pada tanggal 16 Desember 1966 Angkatan Akademi Kepolisian berubah nama menjadi AKABRI bagian Kepolisian dan pada tanggal 29 Januari 1967 secara resmi telah dibuka AKABRI bagian umum di Magelang. Di AKABRI Magelang ini para akademisinya akan menyelesaikan pendidikan dalam jangka waktu 1 tahun dan kemudian dikirim ke Sukabumi untuk melanjutkan ke pendidikan matra Kepolisian selama 3 tahun.

Pada tanggal 1 Juli 1980 Komplek AKABRI bagian kepolisian Semarang resmi dipergunakan secara aktif oleh Kapolri Jenderal Drs. Awaludin Yamin MPA dengan Skep Kapolri.

Kemudian pada tanggal 24 Januari 1985 kembali AKABRI dialihkan kepada angkatan masing-masing dan kemudian ditetapkan juga Pataka Akpol dengan pita diatas lambang yang bertuliskan ‘Atmaniwedana Kretakrama Aryawirya’.

Kemudian hingga akhirnya perubahan logo Akademi Kepolisian (Akpol) terjadi pada tanggal 24 Oktober 2003 dan dikenal hingga kini dengan logo yang berbunyi ‘Dharma, Bijaksana, Ksatria’.

Pendaftaran Polri Akademi Kepolisian tahun 2017

Adapula bagi para lulusan pendaftar yang merupakan lulusan pelajar / siswa Sekolah Menengah Umum yang ingin melakukan pendaftaran sebagai calon Taruna pada Akademi Kepolisian Republik Indonesia harus mengikuti prosedur yang sudah ditentukan sebagai berikut:

A. Syarat-syarat Umum

1. Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia
2. Memiliki kesetiaan dan loyalitas terhadap Negara dan Bangsa Indonesia atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
3. Melakukan pendaftaran online dengan mengunjungi website resmi Akademi Kepolisian di penerimaan.polri.go.id
4. Merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Umum / sederajat
5. Bagi pendaftar lulusan tahun 2011 s/d 2015 wajib memiliki nilai akhir Ujian Nasional minimal 6,5 baik untuk IPA maupun IPS
6. Bagi pendaftar yang masih bersekolah dan akan lulus pada tahun 2016 maka wajib memiliki nilai rata-rata raport kelas 3 Semester 1 minimal 70 dan setelah kelulusan dapat menyetorkan nilai akhir Ujian Nasional minimal 70
7. Wajib lulus dari sekolah formal dan bukan dari kelulusan Paket A, B, atau C
8. Pendaftar wajib berusia paling rendah 18 tahun saat dilantik menjadi anggot Polri
9. Pendaftar wajib berusia paling rendah 17 tahun dan maksimal 21 tahun saat pembukaan pendidikan
10. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter / instansi kesehatan
11. Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang menyebutkan bahwa pendaftar tidak pernah dipidana atas sebuah kejahatan
12. Untuk pendaftar laki-laki memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan untuk pendaftar perempuan memiliki tinggi badan minimal 163 cm dan keduanya wajib memiliki berat badan yang ideal
13. Pendaftar harus berdomisili di wilayah tempat pendaftaran minimal 1 tahun dan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kelurahan / KTP / KK / Ijazah
14. Belum pernah menikah dan menyetujui ketentuan tidak boleh menikah selama berada dalam masa pendidikan Akademi Kepolisian
15. Tidak memiliki tato maupun bekas tato atau tindik terkecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama ataupun adat
16. Tidak pernah mengkonsumsi obat-obatan terlarang dengan bukti menyerahkan surat keterangan bebas Narkoba dari BNN / instansi lainnya
17. Tidak terikat kontrak perjanjian dengan instansi lain
18. Wajib mengikuti Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun (minimal)
19. Bagi pendaftar yang memiliki prestasi baik di tingkat Nasional / Provinsi / Internasional dapat melampirkan berkas pendukung berupa sertifikat yang mana nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam hasil test penentuan kelulusan
20. Bagi pendaftar yang sebelumnya sudah bekerja dan menjadi karyawan tetap maka harus mendapat persetujuan dari pimpinan instansi yang terkait dan bila mana diterima oleh Akademi Kepolisian maka wajib diberhentikan dari pekerjaan sebelumnya
21. Pendaftar wajib mengikuti test tingkat Panda sebagai berikut:

• Pemeriksaan administrasi tahap awal
• Pemeriksaan Kesehatan tahap pertama
• Pemeriksaan dan tes Psikologi
• Test akademik yang meliputi Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa, dan Matematika
• Pemeriksaan Kesehatan tahap kedua
• Test Antropometri dan jasmani
• Pendalaman materi PMK
• Pemeriksaan administrasi tahap akhir
• Sidang hasil test kelulusan
• Wajib mengikuti perintah penempatan diseluruh wilayah NKRI
• Mengikuti serta lulus pemeriksaan tingkat Panpus
22. Pendaftar wajib mengikuti test tingkat Panpus sebagai berikut:
• Pemeriksaan administrasi
• Test kesehatan
• Test psiklogi
• Test wawancara
• Test Antropometri dan jasmani
• Test TOEFL dan TPA
• Test fisik
• Sidang kelulusan

Biaya masuk Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian di Semarang sama halnya dengan biaya masuk akpol lainnya. Adapun biaya masuk / pendaftaran yang ditetapkan oleh Akademi Kepolisian adalah gratis tanpa biaya, hal ini dikarenakan Akademi Kepolisian merupakan lembaga ikatan dinas negara sehingga seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah dan negara. Pihak Polri pun menjamin bahwa sistem seleksi yang dilakukan oleh Akademi Kepolisian adalah seleksi bersih, humanis, dan transparan sehingga apabila pendaftar merasa dikenakan biaya dalam proses pendaftaran maka dapat melaporkan pada Polda wilayah setempat.

Tips dan trik agar lulus seleksi Akademi Kepolisian (Akpol)

Tidak ada beda dengan akpol di wilayah lain dengan akademi kepolisian di semarang ini. Setelah mengetahui persyaratan pendaftaran dan biaya masuk di Akademi Kepolisian maka selanjutnya disini akan dibagikan sedikit tips agar para pendaftar dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi seleksi Akpol, berikut ulasannya:

1. Mempersiapkan persyaratan
Persiapkan berkas dan dokumen persyaratan dengan lengkap agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

2. Memeriksa kesehatan
Lakukan gaya hidup dan pola makan sehat agar tubuh lebih sehat sehingga ketika menjalani test kesehatan dapat segera lolos.

3. Latihan soal-soal materi test
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam pendaftaran Akademi Kepolisian akan ada beberapa test oleh karena itu persiapkanlah diri anda dengan mempelajari materi dari seluruh test tersebut agar dapat melewatinya dengan baik.

Bagaimana? Sudah terbantu dan terjawab dari apa yang Anda cari? Ya, harapannya, mudah-mudahan dengan apa yang Anda cari dari Akademi Kepolisian di Semarang memberikan hasil yang sesuai dari apa Anda inginkan. Selamat mencoba dan mudah-mudahan juga Anda bisa masuk di akademi kepolisian berlokasi di Semarang. Amin.

Sumber:

http://penerimaan.polri.go.id/syarat_akpol
http://www.pendaftaranonline.com/2016/04/9-tips-terbukti-jitu-lulus-akpol.html?m=1
http://www.wikipedia.org/wiki/akademi_kepolisian

Add a Comment