Akademi Perkeretaapian Indonesia: Pendaftaran dan Program Studi

Masukuniversitas.com, pendaftaran dan program studi akademi perkeretaapian Indonesia. Bingung setelah lulus SMA mau kuliah di mana? Nah, kalau Anda belum menentukan pilihan mau kuliah di mana, mungkin Anda perlu berkenalan dengan tempat kuliah yang satu ini, yaitu Akademi Perkeretaapian Indonesia (API). Akademi ini cocok buat Anda yang sedari kecil sudah menyukai segala hal yang berkenaan dengan kereta api.

Jika Anda kuliah di Akademi ini, peluang pekerjaannya cukup terbuka lebar lho! ApalagiĀ  sekarang di Indonesia kereta api sudah menjadi sarana transportasi yang disukai oleh oleh masyarakat, dan fasilitas sarana dan prasarana yang disediakan oleh PT. KAI pun semakin meningkat dan ramah publik.

Akademi Perkeretaapian Indonesia

Jadi semakin penasaran kan dengan Akademi Perkeretaan Indonesia? Kira-kira di Akademi ini ada program studi apa saja ya? Lalu, bagaimana proses mendaftar kuliah di tempat ini? Daripada bingung-bingung, sebaiknya kita kenalan dulu yuk dengan akademi ini!

Mengenal lebih dekat Akademi Perkeretaapian Indonesia (API)

Perlu Anda tahu, Akademi Perkeretaapian Indonesia merupakan akademi yang tergolong baru di Indonesia. Akademi ini baru berdiri pada tahun 2009. Akademi perkeretaaapian ini berada di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perkeretaapian Perhubungan. Karena di bawah naungan badan ini, maka sudah jelas kiranya bahwa akademi ini bertujuan mencetak SDM yang nantinya akan mengabdi dan mengembangkan perkeretaapian Indonesia.

Jauh sebelum adanya Akademi Perkeretaapian Indonesia, dulu SDM perkeretaapian Indonesia dididik di sekolah khusus ahli kereta api yang dikenal dengan nama SATKA (Sekolah Ahli Teknik Kereta Api), setelah di tutup tahun 1999, maka untuk menghasilkan SDM dilakukan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan di berbagai balai. Namun, karena semakin ke sini semakin banyak SDM yang dibutuhkan, maka dibentuklah akademi ini. Dan Akademi perkeretaapian ini sekarang berada di Jl. Tirta Raya, Kota Madiun.

Nah, setelah mengenal sejarah dari akademi ini, kita jadi semakin tau kan bahwa SDM perkeretaapian sedang banyak-banyaknya dibutuhkan. Jadi, seperti yang disebutkan sebelumnya, peluang lapangan kerjanya pun akan semakin terbuka lebar. Menarik sekali kan? Tapi ngomong-ngomong, ada program studi apa saja ya di akademi ini?

Program studi yang ditawarkan di API

Apabila Anda ingin kuliah di Akademi Perkeretaapian Indonesia, maka ada beberapa pilihan program studi yang bisa jadi referensi. Program studi itu meliputi; Diploma III Teknik Jalan dan Jembatan Kereta Api, Diploma III Teknik Sarana Kereta Api, Diploma III Teknik Fasilitas Operasi Kereta Api, Diploma III Operasi dan Lalu Lintas Angkutan Kereta Api, dan beberapa diklat teknis.

Wah, ternyata pilihan program studinya menarik-menarik ya! Dan tentunya bisa mengaspirasi keinginan Anda yang memang punya cita-cita terjun ke dunia perkeretaapian. Termasuk kalau ketika kecil dulu Anda punya keinginan untuk menjadi masinis. Tidak terbayang kan sebelumnya kalau jadi masinis ada sekolahnya?

Lalu, bagaimana ya cara mendaftar di akademi perkeretaapian ini? Pasti banyak yang penasaran, kan?

Mekanisme pendaftaran

Dengan kecanggihan teknologi di era digital ini, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai mekanisme pendaftaran Akademi Perkeretaan Indonesia. Walaupun pendaftaran Akademi ini belum di buka di tahun 2017, namun kita bisa merujuk informasinya dari pendaftaran tahun 2016. Sekalipun tanggal-tanggal pelaksanaanya tidak sama, namun kita bisa memperkirakan bulan pelaksanaannya, dan kita bisa menunggu informasi lengkapnya di laman bpsdm.dephub.go.id atau bisa juga masuk melalui website API-nya sendiri, yaitu api.ac.id.

Lalu, kemanakah kita bisa mengajukan pertanyaan jika mengalami kebingungan memilih program studi atau kebingungan lainnya? Jika Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan yang ingin disampaikan, maka Anda bisa mengajukan pertanyaan tersebut di fanpage facebook API. Di fanpage ini Anda bisa bertanya mengenai persyaratan-persyaratan jika ingin mendaftar di tahun ini. Namun kita juga bisa merujuk dari persayaratan tahun sebelumnya.

1. Persyaratan administrasi

Usia maksimal untuk bisa mendaftar di Akademi Perkeretaapian Indonesia adalah 23 tahun. Jadi kalau yang lebih dari usia maksimal tidak akan diterima, dan Akademi ini menerima pendaftar baik pria maupun wanita, kecuali untuk jurusan-jurusan yang disyaratkan laki-laki.

Bagi Anda yang sudah menikah, maka peluang untuk bisa kuliah di tempat ini sudah tertutup, karena selama masa pendidikan tidak boleh menikah, sehingga saat mendaftar Anda akan diminta menyerahkan surat pernyataan untuk tidak menikah selama masa pendidikan di akademi ini.

Selain syarat usia dan status pernikahan, tinggi badan pun menjadi syarat untuk bisa mendaftar. Untuk pria tinggi badannya minimal 160 cm, dan untuk wanita minimal 155 cm. Selain syarat-syarat di atas, syarat yang sifatnya administratif pun perlu Anda siapkan, misalnya saja ijazah, foto, akte kelahiran, dan lain sebagainya.

2. Biaya pendaftaran

Untuk bisa mendaftar, maka Anda perlu mempersiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- dan biaya ini bisa Anda bayarkan melalui transfer ke PT. Bank BNI Tbk. Oiya, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfernya, karena bukti ini akan Anda gunakan sebagai tanda sebagai peserta saat proses seleksi nantinya.

3. Cara untuk mendaftar

Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Untuk bisa mendaftar Anda perlu datang ke tempat pendaftaran, namun sebelumnya Anda bisa mengisi formulir yang bisa Anda dapat di website resmi pendaftaran.

Tahapan seleksi yang harus dilalui

Apa sajakah tahapan yang dilalui sebelum masuk ke Akademi Perkeretaapian Indonesia atau disingkat API? Berikut disini, kamu bisa menemukan jawabannya. Seleksi akademi perkeretaapian ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi seleksi administrasi, potensi akademik, kesehatan, dan wawancara di berbagai lokasi pendaftaran.

Jangan lewatkan bila Anda mencoba SNMPTN dan juga SBMPTN << disini. Bila ingin mengetahui pengumuman SNMPTN dan pengumuman SBMPTN << juga ada disini.

Demikianlah informasi pendaftaran Akademi Perkeretaapian Indonesia yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan menjadi bahan pertimbangan Anda. Selamat mencoba!

 

Sumber:

keretalistrik.com/2016/03/akademi-perkeretaapian-indonesia-api.html (Diakses februari 2017)

Add a Comment