Akreditasi Universitas Terbuka, Inilah Informasi Lengkapnya

Akreditasi Universitas TerbukaAkreditasi Universitas Terbuka? Inilah informasi lengkapnya – Kita mungkin sering mendengar tentang akreditasi. Hal ini memang menjadi bagian yang terbilang penting. Akreditasi sebenarnya diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan kriteria yang bersifat terbuka.

Secara singkat dapat diartikan pula sebagai salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yang digunakan oleh lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Maka sebenarnya akreditasi melindungi masyarakat sebgai pihak konsumen dari penipuan yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Saat ini tedapat dua jenis akreditasi yaitu status terdaftar dan diakui atau disamakan untuk PTS atau Perguruan Tinggi Swasta sedangkan yang kedua adalah status terakreditasi atau Nir-akreditasi untuk semua Perguruan Tinggi (PTN/ PTS dan Perguruan Tinggi Kedinasan).

Universitas Terbuka sebagai salah satu lembaga yang berjalan pada dunia pendidikan juga membutuhkan sistem akreditasi untuk menjaga kredibilitasnya di mata masyarakat. Saat ini semua jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka telah diakreditasidan mendapat pengakuan dari pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Terbuka tidak main main dalam bidang pendidikan. Berniat mulia untuk menyediakan layanan pendidikan yang ramah bagi semua kalangan tanpa memandang batasan.  Hal inipun mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat yang terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Terbuka.

Inilah akreditasi Universitas Terbuka (AT) yang telah dikeluarkan oleh BAN-PT

Berikut ini akan dihadirkan jenis Akreditasi yang didapatkan oleh Universitas Terbuka bagi tiap tiap jurusan yang ditawarkan.

  • Program Magister (Administrasi Publik, Manajemen, Manajemen Perikanan, Pendidikan Matematika) mendapat Akreditasi B berdasarkan 459/SK/ BAN-PT/ Akred/ M/XI/2014 berlaku hingga 20 November 2019.
  • Program Diploma ( Diploma III Perpajakan dan Diploma IV Kearsipan mendapat Akreditasi B berdasarkan 016/SK/BAN-PT/ Akred/Dpl-II/I/2015 berlaku hingga 20 November 2019.
  • Program Sarjana (Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bhasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Statistika, Manajemen, Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Biologi, Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan Pertanian, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Ilmu Administrasi Negara) mendapat Akreditasi B berdasarkan SK/BAN-PT/ Ak- XIII/S1/III/2011 berlaku hingga tanggal 11 Maret 2016.

Dengan mengetahui jenis akreditasi yang dimiliki oleh Universitas Terbuka maka diharapkan masyarakat semakin percaya. Universitas Terbuka selalu memperhatikan kualitas pendidikan yang ditawarkan dengan memilih secara selektif dosen dosen pengajar yang membimbing mahasiswa di Universitas Terbuka. Akreditasi ini juga menunjukkan mutu yang baik dari seluruh jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka. Tertarik? Segera daftarkan diri anda ke cabang Universitas Terbuka yang ada di kota anda. Selamat Belajar!

Add a Comment