Aplikasi Dapodik Online Terbaru

Aplikasi dapodik online merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui pendataan secara cepat dan tepat. Banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui bahkan  dari bapak / ibu guru ataupun dari Tenaga Administrasi Sekolah tentang aplikasi dapodik. Sistem dapodik ini baru diluncurkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu. Dapodik sendiri adalah pendataan yang dilakukan untuk seluruh entitas data pokok pendidikan yang bersifat individu dan terintegrasi dari tiga entitas data pendidikan ( satuan pendidikan, PTK dan juga peserta didik ) untuk jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah pertama luar biasa.

logodapodik

Pendataan ini bersifat satu pintu dan hanya satu satunya sistem pendataan resmi yang digunakan di lingkungan Ditjen Pendidikan Nasional. Pendataan ini merupakan pendataan secara individu baik untuk satuan pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas maupun untuk Siswanya dalam satu aplikasi pendataan yang terintegrasi dan tidak berdiri sendiri – sendiri seperti pendataan sebelumnya.

Hal ini masuk dalam Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 2 Tahun 2011. Dengan terbitnya peraturan menteri ini, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan unit utama Direktorat Jendral Pendidikan.

Data yang dikirim ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh program pendidikan baik itu bantuan, hibah dan tunjungan serta subsidi dan lain – lain. Data yang bersifat individu merupakan persyaratan penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan dinas pendidikan di tingkat Provinsi, tingkat kabupaten/kota maupun satuan pendidikan.

Sistem pendataan ini juga merupakan hasil migrasi data NUPTK yang sebelumnya sehingga bersifat prefilled yang artinya data yang sudah ada di dalam aplikasi untuk masing masing sekolah, sehingga sekolah hanya melakukan updating data yang sudah disediakan.

baca juga : PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRIBADIAN

Dengan sistem ini mensyaratkan ketika instalasi aplikasi, selain itu juga database dalam bentuk zip per kabupaten dan kota per registrasinya hanya merupakan kode yang hanya dimiliki satu sekolah.

Beberapa hal yang masuk di dalam aplikasi dapodik Online terbaru adalah :

Nomor Pokok Sekolah Nasional

Nomor ini merupakan kode pengenal sekolah yang bersifat unik dan membedakan suatu sekolah dengan sekolah lainnya. Setiap sekolahan di Indoensia mempunyai nomor NPSN sendiri dan tidak ada yang menyamai.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

Nomor ini merupakan nomor gabungan beberapa angka yang menjadi kode pengenal guru dan tenaga kependidikan yang bersifat unik dan membedakan satu guru dengan guru atau tenaga kependidikan yang lain.

Nomor Induk siswa Nasional (NISN)

Nomor ini merupakan nomor unik yang membedakan satu siswa dengan siswa yang lainnya.

Seiring dengan perkembangannya, dapodik dilaksanakan menggunakan konsep online dimana sekolah hanya perlu membentuk atau menunjuk seseorang yang bisa mengolah data dan mengerti serta paham sistem yang ada pada aplikasi pendataan Dapodik.

Seseorang yang mengolah data Dapodik disebut dengan operator. Seseorang operator ditunjuk oleh kepala sekolah dengan membuat sebuah surat keputusan yang menyatakan dan mengangkat atau menugaskan seorang tersebut untuk mengolah data di Dapodik. Fungsi dari SK ini adalah sebagai bukti menyerahkan tugas  kepada orang yang diberi Surat Keputusan tersebut sehingga segala aktifitas yang dilakukan operator bisa dipertanggung jawabkan dikemudian hari .

Seorang operator dituntut untuk mengerti dan paham apa itu data dan cara untuk mengunggah ke dapodik. Ia juga harus mahir mengoperasikan software pengolahan seperti Microsoft Excel untuk sarana pendataan.

Demikianlah sedikit pengertian mengenai Aplikasi Dapodik Online terbaru. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Add a Comment