Download Aplikasi Dapodikdasmen PMP (Penjamin Mutu Pendidikan)

Bila ingin mendownload aplikasi Dapodikdasmen PMP, maka di informasi yang Anda kunjungi saat ini sudah tepat. Nah, sesuai dengan amanat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 dan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayan telah menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP baik pada satuan pendidikan dasar maupun menengah. Tujuan program PMP ini adalah mengawasi dan memastikan penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan di seluruh Indonesia agar berlangsung sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Baca juga: cara download prefill dapodik

Program penjaminan mutu pendidikan merupakan suatu langkah yang terintegrasi, sistematis dan terus berkelanjutan sebagai media untuk memastikan bahwa keseluruhan proses penyelenggaraan pendidikan harus sesuai dengan aturan dan standar mutu yang telah ditetapkan. Agar program penjaminan mutu pendidikan dapat berlangsung dengan baik diperlukan sebuah sistem penjaminan mutu pendidikan yang terintegrasi dengan baik pula.

Pelayanan pendidikan dengan Aplikasi Dapodikdasmen PMP

Baca juga: cara login dan mendaftar verval PD

Penjamin mutu pendidikan (PMP) merupakan proses yang berupaya menjamin pelaksanaan satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik. Proses ini diharapkan mampu berjalan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan pemerintah. Dikdasmen telah merintis program penjaminan mutu pendidikan diantaranya program sekolah model dan pemetaan mutu pendidikan pada tahun ini.

Pemetaan mutu pendidikan merupakan sebuah proses penyusunan profil mutu sekolah dan pengambilan data. Proses ini berjalan melalui aplikasi yang digunakan dengan proses penginstalan ke laptop atau komputer terlebih dahulu. Proses pengumpulan data dilakukan pengawas sekolah. Diharapkan hingga tahun depan semua sekolah di Indonesia sudah terpetakan mutu pendidikannya.

Baca juga: Verval PTK / GTK

Oleh karena itu, dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu dalam satuan pendidikan agar berjalan lebih efisien dan efektif, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah telah berhasil mengembangkan Aplikasi Dapodikdasmen Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Aplikasi tersebut diharapkan dapat memfasilitasi satuap pendidikan dalam upaya menerapkan sistem penjamin mutu dalam rangka menyelenggarakan pelayanan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Rancangan aplikasi pmp

Aplikasi Dapodikdasmen PMP dirancang sesuai dengan kaidah-kaidah dalam sistem penjaminan mutu baik pendidikan dasar maupun menengah. Hal ini bertujuan agar standar satuan pendidikan dasar dan menengah baik secara holistic, sistematik maupun berkelanjutan dapat terpenuhi. Kedepannya, sistem ini akan menempel pada program dapodik sehingga pada akhirnya seluruh sekolah diharapkan mengetahui kondisi sekolahnya melalui hasil penyusunan peta mutu sekolah dan instrumen yang telah dijalankan.

Baca juga: Info GTK

Aplikasi Dapodikdasmen PMP menyediakan kuesioner sekolah yang berguna untuk memetakan mutu pendidikan bagi setiap stakeholder yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Aplikasi Dapodikdasmen PMP secara teknis bersifat komponen opsional dari Aplikasi Dapodik. Aplikasi Dapodikdasmen PMP dapat berjalan jika di dalam komputer terinstal Aplikasi Dapodik. Aplikasi Dapodikdasmen PMP akan secara otomatis melakukan pengambilan entitas data pokok yang bersumber dari Aplikasi Dapodik seperti PTK, profil sekolah dan lainnya.

Atau, baca info ini: cara mencari NISN berdasarkan nama

Selanjutnya, aplikasi Dapodikdasmen PMP akan menyajikan daftar kuesioner/pertanyaan untuk masing-masing data tersebut. Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen PMP secara teknis bernaung di bawah Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). LPMP adalah lembaga yang ada di tingkat provinsi dan berada di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang bertanggungjawan menyelenggarakan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di tingkat provinsi yang beradasar pada kebijakan nasional. LPMP yang akan melakukan pendampingan dan sosialisasi terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar maupun menengah.

Tak berbeda dengan pendahulunya, aplikasi Dapodikdasmen PMP 2017 juga melibatkan berbagai pihak dalam penyelesaiannya. Pihak-pihak yang terlibat terdiri dari:

1. Kepala Sekolah

Berperan dalam memberikan kebijakan terkait dengan program pemetaan mutu pendidikan.

2. Perwakilan Guru

Jumlah responden guru untuk pengisian instrumen 8 hingga 10 orang. Bagi SMP/SMA/SMK berjumlah minimal 1 guru mata pelajaran.

3. Perwakilan Siswa

Jumlah responden siswa per tingkat kelas adalah 5 siswa. Jumlah total minimal 15 siswa dari total per-wakilan tiap sekolah.

4. Perwakilan Komite Sekolah

Responden komite minimal berjumlah 1 orang perwakilan pimpinan komite dan 2 orang dari perwakilan orangtua.

5. Pengawas Sekolah

Pengawas sekolah bertugas melakukan validasi dan verfikasi terhadap data yang akan dilaporkan sekolah

6. Operator Sekolah

Operator sekolah terlibat dalam mengirimkan atau merekam data pemetaan melalui Aplikasi Dapodikdasmen PMP 2017 .

Panduan Aplikasi Dapodiksamen dan Instrumen PMP 2017 SD, SMP, SMA dan SMK

Aplikasi Dapodikdasmen PMP tahun 2017 telah resmi diluncurkan pada tanggal 5 Juni 2017. Aplikasi ini dilengkapi dengan instrumen penjamin mutu pendidikan dan panduannya yang ditargetkan selesai pada September 2017.

Baca juga disini info: Cara cek NISN

Instrumen penjamin mutu pendidikan adalah alat yang berperan dalam pengumpulan data dalam pemetaan mutu pendidikan. Instrumen tersebut berisi ratusan komponen pertanyaan yang diisi oleh pengawas, siswa, guru, kepala sekolah dan komite pendidikan. Instrumen ini bertujuan mewakili berbagai aspek yang terdapat dalam Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari:

• Kompetensi Lulusan

• Isi

• Proses

• Penilaian

• Tenaga Kependidikan dan Pendidik

• Pembiayaan

• Pengelolaan

• Sarana dan Prasarana

Cara download aplikasi dapodikdasmen PMP

cara download aplikasi dapodikdasmen pmp

Aplikasi dikdasmen PMP kemdikbud sudah dipembaharuhi. Saat ini versi 2.0. Tentu tiap bulan maupun tiap tahun bisa saja berganti versi. Aplikasi ini juga bisa digunakan Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10. Nah, lebih jelasnya cara download aplikasi dapodikdasmen PMP 2017 sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website resmi

Untuk download aplikasi PMP, maka bisa mengunjungi website resminya di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan atau http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/perangkat/aplikasi. Silakan copy website tersebut dan silakan pastekan ke browser untuk segera membukanya.

Catatan: Jika menu aplikasi PMP tidak segera muncul maka tekan F5. Artinya, refresh website.

2. Tampil website bertuliskan Install aplikasi

Setelah sudah menampilkan website dan tidak loading lagi, maka langkah selanjutnya Install aplikasi PMP lalu klik lanjut hingga aplikasi dapat sukses terinstall.

3. Buka Aplikasi PMP.

Nah, ketika sudah sukses download aplikasinya, maka selanjutnya dibuka aplikasi. Setelah itu, di berikan akses login. Silakan selanjutnya ikutin saja aturan yang telah ditetapkan.

4. Silakan Login

Tentu, tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi ini. Harus login terlebih dahulu. Untuk itu, kepada Bapak/Ibu, silahkan login dengan masing-masing akun PTK atau akun operator yang telah kita input dalam Dapodik.

Nah, demikianlah ulasan tentang Aplikasi Dapodikdasmen PMP dan cara men-downloadnya. Cukup mudah bukan?

 

Sumber:
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/aplikasi-penjaminan-mutu-pendidikan-pmp
www.masden.net/2016/08/cara-download-dan-install-aplikasi-pmp.html
www.dejarfa.com/2017/06/panduan-instrumen-aplikasi-pmp-kemdikbud.html

Add a Comment