Cara Mengatasi BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi (Tanpa Ribet)

Begitu pula dengan transaksi digital seperti BCA Mobile Banking. Lalu bagaimana jika BCA Mobile tidak bisa verifikasi? Sobat Edu cukup melakukan beberapa langkah-langkah mudah berikut ini.

Penyebab BCA Mobile Tidak Bisa Verfikasi di HP

Penyebab BCA Mobile Tidak Bisa Verfikasi di HP

Kondisi BCA Mobile yang tidak bisa terverifikasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Maka, Sobat Edu bisa mempraktekkan cara-cara berikut untuk mengatasi masalah BCA Mobile yang gagal verifikasi. Penyebabnya juga ternyata cukup beragam loh.

  1. Pastikan bahwa nomor handphone yang Sobat Edu pakai sama dengan nomor yang sedang mendapatkan koneksi internet. Jika berbeda maka jangan heran bila terjadi kegagalan.
  2. Sobat Edu harus ada di posisi yang mudah mendapatkan sinyal sebab koneksi internet juga hal yang utama
  3. Langkah berikutnya cukup memasukkan 16 digit angka di kartu ATM.
  4. Bila verifikasi yang dilakukan gagal, maka pergi ke menu “Setting” pada handphone. Klik menu “Setting” dan klik “Security”.Klik unknown source agar aplikasi bisa menerima aktivasi finansial.
  5. Cek aturan SIM 1 dan SIM 2. Bila handphone Sobat Edu memiliki dual sim, maka pastikan bahwa nomor yang aktif ada di SIM 1. Bisa jadi pengaturannya ada di SIM 2 sehingga proses verifikasi tidak berjalan sempurna.

Penyebab Verifikasi Ulang BCA Mobile Gagal

Selain mengetahui solusi atau cara untuk mengatasi BCA Mobile tidak bisa verifikasi, Sobat Edu juga wajib tahu penyebab dari kegagalan melakukan verifikasi ulang BCA Mobile. Penasaran apa saja penyebabnya?

1. Memiliki ponsel dua SIM

Memiliki ponsel dua SIM

Jika Sobat Edu mempunyai dual sim, sebaiknya Sobat Edu memastikan terlebih dahulu bahwa SIM card yang terdaftar di BCA Mobile ada di SIM 1 atau slot 1. Setting default SMS pada handphone umumnya ada di SIM 1.

Jangan heran bila aplikasi BCA Mobile mengalami kegagalan mengirimkan pesan pada server. Sebab, ada dua nomor yang ada di ponsel tersebut.  Saat melakukan verifikasi, BCA Mobile akan mengirimkan pesan dengan bantuan jaringan data.

Jadi, Sobat Edu wajib memastikan bahwa pengiriman SMS dilakukan pada SIM 1 dan di dalamnya terdapat nomor handphone yang terdaftar. Untuk meyakinkan bahwa berada di posisi SIM card yang benar, Sobat Edu tinggal membuka opsi pengaturan.

Pilih pengaturan kartu SIM dan cek apakah pesan SMS berada dalam opsi SIM 1. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan reset pada handphone. Sobat Edu bisa mencabut SIM 2 terlebih dahulu dan melakukan verifikasi kembali.

Cara ini akan membantu proses verifikasi. Jadi, jangan heran bila verifikasi gagal jika pengaturan yang dilakukan kurang tepat. Pastikan bahwa saldo pulsa Sobat Edu cukup untuk mengirimkan SMS. Siapkan pulsa minimal Rp 1.000.

2. BCA Mobile Sudah Expired

BCA Mobile Sudah Expired

Kegagalan dari verifikasi juga bisa datang dari aplikasi BCA Mobile yang pada bisa saja memiliki bug. Ternyata, bug juga berdampak pada proses verifikasi ulang yang tidak berjalan dengan baik. Bagaimana cara mengetahui hal ini?

Caranya cukup mengecek aplikasi yang sudah Sobat Edu install. Sobat Edu cukup mengklik menu ‘About’ supaya mengetahui versi dari aplikasi yang sedang dipakai. Jika masih dalam versi 1,5X, Sobat Edu perlu menghapus aplikasi tersebut.

Setelah dihapus atau uninstall, Sobat Edu perlu melakukan restart handphone. Setelah itu, unduh kembali aplikasi BCA Mobile yang paling terbaru kemudian lakukan proses verifikasi dari awal.

Itu tadi tiga hal yang bisa menyebabkan BCA Mobile yang dimiliki tidak dapat terverifikasi. Tapi, Sobat Edu harus benar-benar memastikan penyebabnya dan juga memastikan dulu proses yang dilakukan sudah tepat.

Lakukan Verifikasi Ulang Untuk Atasi BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi

Lakukan Verifikasi Ulang Untuk Atasi BCA Mobile Tidak Bisa Verifikasi

Tak hanya mengetahui penyebab gagalnya proses verifikasi, Sobat Edu juga sebaiknya mengetahui cara atau langkah melakukan verifikasi yang tepat dan lengkap. Siapa tahu prosesnya yang kurang tepat.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile yang sudah diinstall.
  2. Pilih gambar (i). Ikon ini biasanya terletak di sisi kanan atas atau bisa klik tombol “About”
  3. Setelah itu, Sobat Edu bisa memilih verifikasi ulang
  4. Sobat Edu perlu memasukkan 16 digit angka yang terletak di kartu ATM, setelah itu klik “OK”
  5. Silahkan menunggu proses verifikasi sampai selesai. Dalam proses ini, pastikan internet dan pulsa dalam kondisi yang aktif
  6. Jika berhasil, Sobat Edu perlu memasukkan kode akses. Dari kode akses tersebut akan terlihat kombinasi huruf dan angka.
  7. Silakan tunggu terlebih dahulu sampai proses verifikasinya selesai. Sobat Edu perlu pastikan akses internet dan pulsa dalam kondisi yang aktif supaya menghindari error
  8. Jika proses berhasil, maka Sobat Edu akan masuk ke tampilan BCA Mobile awal

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Verifikasi Mobile Banking

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Verifikasi Mobile Banking

Verifikasi harus diperhatikan dengan seksama supaya tidak gagal. Maka dari itu, Sobat Edu wajib memperhatikan banyak faktor. Apa saja yang wajib diperhatikan? Berikut daftarnya.

1. Bagi Pengguna Prabayar

Pemakaian kartu prabayar perlu memastikan bahwa di dalam nomor terdapat pulsa yang cukup. Ingat bahwa setiap provider mungkin memiliki perbedaan tarif sehingga harus menyesuaikan dengan jumlah pulsa yang dimiliki

2. Bagi Pengguna Pasca-bayar

Tak selamanya pengguna pasca bayar bisa mengirimkan pesan untuk melakukan transaksi BCA Mobile. Bisa jadi nomor tersebut tidak mengizinkan untuk mengirimkan SMS premium. Jadi, pastikan terlebih dahulu ya!

3. Spesifikasi Handphone

Aplikasi Mobile Banking BCA juga harus dipasang pada handphone yang sesuai dengan spesifikasi tertentu. Bisa jadi sertifikasi BCA Mobile gagal karena memang aplikasi tidak berjalan dengan lancar.

4. Status Pengiriman SMS

Salah satu kunci keberhasilan pemakaian BCA Mobile adalah pengiriman SMS. Pastikan SMS terkirim ke nomor 69888. Sobat Edu perlu memastikan bahwa nomor handphone yang dipakai untuk mengirim SMS adalah nomor yang didaftarkan dan statusnya terkirim.

5. Sistem Keamanan

Bagi pengguna handphone keluaran Cina, ada baiknya mengecek sistem keamanan. Bisa jadi sistem keamanan dari handphone malah membuat BCA Mobile tidak bisa mengirim pesan. Beberapa merk seperti Xiaomi dan Vivo harus diaktifkan dengan cara manual.

Caranya cukup klik menu “Pengaturan” kemudian pilih opsi “Aplikasi”. Sesudah itu, pilih BCA Mobile dan pastikan ponsel memberikan izin untuk mengirimkan SMS. Selain itu, Sobat Edu juga bisa mengecek di Aplikasi Manager.

Cara ini akan melihat pengaturan semua aplikasi. Cek aplikasi BCA Mobile dan pastikan aturannya mengizinkan pengiriman SMS. Jika sering mengalami kesulitan, Sobat Edu juga bisa mengunduh aplikasi Google yang bisa memiliki fitur message.

Baca Juga: Cara Daftar M-Banking BCA

Sobat Edu tinggal mengaktifkan aplikasi ini sebagai default. Dengan cara ini, SMS verifikasi bisa terlihat dengan jelas sebab notifikasinya muncul dengan model pop-up. Dengan memakai fitur ini, verifikasi jadi lebih mudah.

BCA Mobile tidak bisa verifikasi adalah hal yang umum terjadi. Sebab, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan termasuk mengecek fitur handphone serta layanan SMS. Pastinya Sobat Edu akan berhasil melakukan verifikasi dengan mudah.

error: Content is protected !!