Tips Mencari & Mendapatkan Beasiswa S2 Dalam Negeri

Ini tips mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri. Melanjutkan pendidikan hingga setinggi tingginya dan mendapatkan ilmu sebanyaknya adalah dambaan banyak orang. Namun terkadang kendala biaya membuat banyak orang mengurungkan niatnya.

Bagaimana tidak?

Tips Mencari & Mendapatkan Beasiswa S2 Dalam NegeriMelanjutkan pendidikan memang bukanlah perkara murah. Apalagi untuk jenjang S2 yang memang terkenal mahal dan cukup menguras kantong.

Beasiswa jawaban untuk melanjutkan pendidikan sebagai Strata 2 atau S2.

Bagi banyak orang, jenjang S1 saja tidaklah cukup. Mereka masih ingin pula melanjutkan ke jenjang S2 untuk menambah gelar, membuka lebih banyak peluang dan menambah pengetahuan pastinya.

Banyak orang mensiasati kendala biaya tersebut dengan mencari beasiswa. Beberapa perusahaan memang terkadang menunjang keinginan karyawannya untuk melanjutkan pendidikan. Namun jika perusahaan anda bukan salah satu jawabannyanya, Terus dimana lagi donk

Yups,.. Jangan langsung kecewa yah.

Pemerintahpun sudah memiliki program beasiswa S2 dalam negeri dan akan memberikan beasiswa bagi Anda memiliki ilmu pengetahuan akademik yang baik.

Cari tahu disini: Kumpulan informasi mendapatkan Beasiswa

Beberapa tips mencari dan mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri akan diinfokan dibawah ini.

Perlu kita ketahui bahwa beasiswa untuk S2 didalam negeri juga tidak kalah menariknya dibandingkan diluar negeri. Asal melakukan beberapa hal dibawah ini.

Memilih Universitas

Hal pertama untuk mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri adalah mencari universitas. Pilihlah universitas kenamaan yang membuka jalur S2 pada bidang yang anda minati. Pemilihan bidang ini diharapkan benar benar sesuai dengan minat dan tujuan anda mencari beasiswa, sehingga hasil pendidikan yang akan anda dapatkan akan bermanfaat bagi banyak orang.

Mencari info

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri adalah mencari info. Carilah info sebanyak banyaknya tentang jalur jalur beasiswa yang terbuka saat ini dan bagaimana cara mendapatkannya. Ada beberapa jalur beasiswa yang di buka oleh pemerintah. Sebut saja diantaranya DIKTI (Dalam Negeri & Luar Negeri danTalent Scouting) dan BU (Beasiswa UNggulan). Djarum juga membuka jalur Beasiswa S2 Dalam Negeri yang dapat anda coba.

Melengkapi Syarat

Setelah mencari informasi tentang jalur beasiswa S2 Dalam Negeri, maka selanjutnya kita harus melengkapi syaratnya. Pastikan syarat syarat lengkap tanpa kekurangan. Kunjungi laman laman yang tersedia untuk masing masing jalur yang anda inginkan. Beberapa syarat yang umum dan harus dilengkapi adalah:

  • Scan/ file surat penerimaan perguruan tinggi. Hal ini akan menunjukkan keseriusan anda dalam melanjutkan pendidikan.
  • Scan Kartu Keluarga
  • Curiculum Vitae /CV
  • Scan Ijazah S1
  • Scan TOEFL yang masih berlaku
  • File proposal rencana study, alasan study, rencana tugas akhir dan rincian perkiraan biaya.
  • Scan surat permohonan beasiswa kepada pihak yang terkait

Untuk jalur BU ( Beasiswa Unggulan) ada beberapa syarat khusus untuk mendapatkan beasiswa S2 Dalam Negeri:

  • Usia tidak lebih dari 35 tahun
  • Memiliki IPK minimal 3.00 dari skala 0 – 4.00 atau memiliki sertifikat penghargaan/ kejuaraan pada tingkat perguruan tinggi minimal dalam 5 tahun terakhir.
  • Bersedia menyertakan scan/ copy buku rekening tabungan perbankan nasional jika telah diterima.

Demikianlah beberapa tips mencari dan mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri yang dapat anda coba. Semoga berhasil dan Selamat belajar!

Add a Comment