Tips Mencari dan Mendapatkan Beasiswa S2 ke Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri dan bisa belajar ke luar negeri merupakan dambaan banyak orang. Masyurnya pendidikan di Negara lain memang membuat banyak orang ingin melanjutkan dan menimba ilmu di luar negeri. Beberapa program beasiswa luar negri memang banyak bertebaran baik dari institute, perusahaan, maupun Negara. Beberapa hal yang wajib kita lakukan sebelum memutuskan untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri adalah  sebagai berikut:

Sebelumnya, yuk cari tahu: cara mendapatkan beasiswa didalam negeri

Bagaimana caranya? Inilah beberapa tips mendapatkan Beasiswa S2 ke luar negeri

Tips Mencari dan Mendapatkan Beasiswa S2 ke Luar Negeri

  • Tentukan kampusnya

Hal pertama yang wajib kita lakukan untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri adalah menentukan kampus mana yang akan kita tuju. Jika sudah begitu maka kita akan semakin fokus dan mengikuti berita apa saja yang berkenaan dengan kampus tersebut. Ketika kita sudah mengetahui kampus tujuan maka kita wajib mencari info sebanyak banyaknya tentang kampus tersebut sehingga ketika kita diterima nanti, kita akan terbiasa dengan apapun yang ada di kampus tersebut. Hal tersebut juga akan membuat kita merasa betah dan nyaman selama menuntut ilmu dan pastilah akan berpengaruh baik pula pada nilai yang akan kita dapatkan.

  • Prepare syarat syaratnya

Setelah kita memilih kampus dan menentukan program studi yang akan  kita ambil, maka hal selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mempersiapkan semua persyaratan. Setiap kampus memang memeiliki berberapa persyaratan yang berbeda dan khas, namun secara umum persyaratan itu adalah sertifikat IELTS, surat Rekomendasi secara akademik atau professional, cover letter, motivation letter dan future planning. Semua itu wajib anda penuhi terlebih dulu di samping beberapa syarat yang akan anda ketahui selanjutnya. Usahakan untuk melengkapai syarat syarat tersebut jauh jauh hari dan untuk mencari informasi terus menerus mengenai apa saja yang masih diperlukan. Simpan dalam amplop khusus dan tertutup sehingga semua berkas berkas anda rapi dan aman.

  • LOA

LOA adalah sertifikat Letter Of Acceptence adalah surat yang menyatakan bahwa pelamar sudah diterima sebagai mahasiswa di kampus tersebut. Peluang akan semakin terbuka lebar jika kita telah mengantongi LOA dan menyertakannya dalam berkas. Tentulah pihak pemberi beasiswa akan semakin yakin tentang niat anda untuk belajar. Dengan LOA pula, anda akan mempermudah mendapatkan beasiswa S2 luar negeri karena semakin sedikitnya urusan yang harus anda kerjakan. Ini juga menunjukkan keseriusan anda.

  • Pilihlah beasiswa yang sesuai

Pilihlah beasiswa yang sesuai dengan keinginan kita. carilah lembaga yang member beasiswa namun yang syarat syaratnya tidak bertentangan dengan keinginan kita. Misalkan jika kita ingin melanjutkan bekerja keluar negeri, maka sebaiknya kita tidak mendaftar untuk beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa dari lembaga ini mengharuskan anak pihak yang diberi bantuan untuk kembali ke Indonesia dan menerapkan ilmu yang telah di dapat. Jadi kenalilah dengan baik syarat dan ketentuan pihak yang member beasiswa sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan sesudahnya.

Add a Comment