Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Gunakan Hal Ini

Menentukan jurusan kuliah tidaklah perkara yang mudah. Jadi, hal yang wajar jika masih bingung memilih jurusan kuliah yang tepat.

Meneruskan ke jenjang perkuliahan adalah impian banyak orang di dunia ini tidak terkecuali anda sendiri. Sebagian dari mereka yang beruntung dapat mengenyam pendidikan di jenjang universitas memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, minat dan juga bakat mereka masing masing. Memilih jurusan yang tepat memang jangan dianggap sepele.

Memang memilih jurusan memang bukan perkara yang mudah kecuali bagi yang sudah mempunyai kemantapan hati terhadap jurusan tertentu. Seringkali kita juga bingung dan tidak tahu akan minat apa yang sesungguhnya tepat untuk anda. Jangan sampai kita salah memilih jurusan ketika kuliah dengan mengeluarkan uang dan waktu kita namun pada akhirnya kita menyesal karena merasa salah dalam memilih jurusan yang tidak tepat untuk kita sendiri.

bingung menentukan jurusan kuliah

Memperoleh dari berbagai sumber yang relevan dan terpercaya, kali ini redaksi masukuniversitas akan memberikan tips untuk mencari dan memantapkan jurusan yang diambil ketika melakukan ke jenjang studi strata 1 maupun strata 2 dengan cara yang efektif dan dapat di percaya dalam menentukan jurusan untuk anda.

Bingung memilih jurusan kuliah? gunakan dibawah ini ini lho teman-teman.

Bertanya Pada Diri Sendiri

Bertanyalah kepada diri sendiri tentang apa minat dan bakat anda guna menyesuaikan dengan profesi yang kita inginkan. Misalnya jika kamu menjahit, maka anda bisa menjadi Fashion Designer atau juga berkecimpung di dunia manufaktur tekstil. Jika kamu suka bermain Game, maka anda bisa menjadi Game Designer atau di bidang animasi dan grafik.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Menjanjikan? Ini Jawabannya

Perhatikan nilai – nilai yang Anda anut

Maksud dari nilai yang nada anut adalah nilai yang berhubungan dengan sosial, kemanusiaan dan juga religius. Mungkin istilahnya adalah panggilan jiwa. Mungkin jika anda memiliki panggilan hidup untuk menolong anak – anak yang tidak mampu, maka tidak ada salahnya kita mengambil jurusan di dunia pendidikan. Namun jika anda terpanggil untuk menolong sesama dalam rangka nyawa seseorang sakit, maka anda bisa mengambil jurusan keperawatan atau bahkan kedokteran.

Membuat daftar syarat untuk pekerjaan Anda inginkan

Buatlah daftar kemampuan dan keterampilan serta syarat pendidikan yang harus anda miliki untuk mendapatkan pekerjaan idaman itu di masa depan nanti. Contohnya adalah jika anda ingin menjadi Game Dev, anda harus memahami dan mengerti Ilmu Komputer dan juga programing. Maka dari itu anda dangat cocok untuk masuk jurusan ilmu komputer atau jurusan teknik Komputer.

Memahami situasi global

Anda juga harus menyadari bahwa masa kita hidup sekarang ini. Kita juga harus sangat peka dan sensitif dengan keadaan apa yang sekarang dibutuhkan di masa sekarang ini. Dan ketika kuliah sekiranya kita mengambil jurusan yang kelak bisa menjanjikan prospek hidup yang nyaman untuk anda pertimbangkan juga kita hidup di negara mana karena juga sangat menentukan. Contohnya di negara Indonesia saja biasanya pekerja IT kurang di hargai dan dituntut harus serba bisa apapun itu mengenai IT.

Sebaiknya kita mencari di forum – forum berbagai pengalaman orang – orang yang bekerja pada bidang yang kita inginkan. Anda dituntut pandai memprediksi sekiranya apa yang nanti akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi yang amat vital.

Komitmen

Hal ini adalah salah satu yang wajib kita masukkan dalam aspek pertimbangan kita dalam memilih jurusan studi Kuliah. Pertanyaan yang harus kita jawab adalah seberapa jauhkah berkomitmen kita utnuk jurusan studi kuliah tersebut. Pastikan kita selalu berkomitmen tentang pilihan kita dan hadapilah segala masalah yang ada di dalam perjalanannya.

Mencari pengalaman orang yang sudah di dunia kerja

Lakukanlah survey di lapangan, atau mungkin kerabat dan rekan anda yang sudah berada lebih dahulu berkecimpung di dunia kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Perhatikan segala aspek tentang pekerjaan yang kamu inginkan seperti baik dan buruknya serta sesuaikan dengan kepribadianmu. Kamu juga bisa magang di perusahaanyang bergerak di bidang favorit anda untuk melihat kehidupan nyata dan suasana kerja jika akan mengambil profesi tersebut. Hal ini akan berguna karena bisa menambah pengetahuan dan juga tolak ukur kamu apakah kamu bisa dan cocok untuk pekerjaan yang kamu pilih tersebut.

Alternatif Lain

Mempersiapkan alternatif lain memang harus anda persiapkan dengan baik. Jika karena beberapa hal dan pertimbangan akan mengakibatkan kita tidak memasuki jurusan kuliah yang kita inginkan di universitas tertentu. Kita memang sebaiknya mempersiapkan alternatif atau rencana cadangan untuk berjaga – jaga. Mungkin ada jurusan lain atau menunda kuliah dan mencobanya tahun depan misalkan. Dengan adanya alternatif tersebut, maka kita akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya kita tidak sadari dan kita tidak perhatikan.

Bagaimana? Apakah teman-teman masih bingung memilih jurusan kuliah yang Anda maksud?

Tidak usah bingung, pastikan Anda membaca dan mengetahui informasi, ngombrol sama orang tua dan berdoalah yang menjadi hal tepatnya.

Demikianlah sedikit tips dan paparan mengenai cara menentukan jurusan kuliah. Semoga dapat membantu anda dalam menentukan jurusan kuliah dan juga bisa memberikan pandangan dalam melangkah.

Add a Comment