Cara Daftar M Banking BNI dan Persyaratannya Lengkap

Sesudah membuat rekening dan menjadi salah satu nasabah di BNI, Sobat Edu pasti akan tertarik dengan layanan Mobile Banking BNI yang lebih praktis dan efisien. Cara daftar M Banking BNI bersifat kondisional, Sobat Edu cukup memilih salah satu sarana yang ingin digunakan.

Dengan Mobile Banking BNI, Sobat Edu akan mendapatkan banyak fitur dan layanan menarik dalam mengelola rekening sekaligus melakukan transaksi perbankan yang fleksibel serta menyesuaikan mobilitas. Seluruh aktivitas dijalankan melalui smartphone saja.

Fitur dan Kelebihan Menggunakan M Banking BNI

Fitur dan Kelebihan Menggunakan M Banking BNI

Sebelum mendaftarkan diri pada layanan ini, simak dahulu beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh M Banking BNI untuk nasabahnya. Selanjutnya, Sobat Edu bisa mencobanya sendiri untuk bertransaksi di mana saja.

Fitur dan kelebihan:

  • Rekeningku, mengelola tabungan dan giro, deposito dan Tapenas, pinjaman, DPLK, investasi, serta pembukaan rekening.
  • Transfer yang bisa dilakukan ke sesama rekening, antar bank dan kliring, dana pensiun, Virtual Account Billing, serta International Remittance.
  • Pembayaran kartu kredit, pascabayar, listrik, PDAM, tiket kereta api dan penerbangan, BPJS, ZIS dan Qurban, dan lain-lain.
  • Pembelian saldo e-money, voucher berlangganan TV dan prabayar telepon, token listrik, serta paket data.
  • Investasi SBN Ritel dan Reksadana.
  • Berbagai produk dan jasa penunjang.
  • Kebutuhan administrasi akun, seperti ganti MPIN dan password, penghapusan daftar favorit, dan pemblokiran kartu debit.
  • Quick Transfer tanpa menginput nomor rekening melalui Scan QR dan Upload QR.
  • Informasi promo melalui banner BNI.
  • Mampu membuka rekening digital, BNI Credit Card Mobile, serta BNI Poin +.

Cara Membuat M Banking BNI

Merupakan layanan yang mengedepankan inovasi, BNI Mobile Banking memberikan pengalaman interface yang friendly dan mudah dioperasikan. Seluruh masyarakat mampu beradaptasi secara mudah saat menjalankan aplikasinya.

Apabila Sobat Edu sudah tergoda untuk menikmati layanan dan fitur dengan banyak kemudahan serta keuntungan, maka Sobat Edu bisa melakukan pendaftaran dan rergistrasi terkait melalui beberapa cara berikut.

1. Cara daftar M-Banking BNI lewat HP

Tidak perlu jauh-jauh ke mesin ATM atau kantor cabang terdekat, Sobat Edu bisa memanfaatkan smartphone untuk mendaftarkan rekening pribadi pada M Banking BNI.

Smartphone yang digunakan dapat menggunakan bawaan Android atau iOs, asalkan koneksi internet berjalan lancar dan memadai untuk melakukan pendaftaran.

  • Download dan install aplikasi BNI Mobile Banking melalui Play Store untuk smartphone berbasis Android atau App Store untuk gadget iOs.
Buka aplikasi yang sudah terpasang kemudian perhatikan layar utama. Tap atau sentuh Registrasi
  • Buka aplikasi yang sudah terpasang kemudian perhatikan layar utama. Tap atau sentuh Registrasi.
Muncul tampilan Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan registrasi. Sobat Edu bisa membacanya terlebih dahulu
  • Muncul tampilan Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan registrasi. Sobat Edu bisa membacanya terlebih dahulu. Apabila ingin melanjutkan, tekan Ya, Saya Setuju.
Masukkan data-data penting yang bersangkutan dengan rekening Sobat Edu. Isi kolom nomor rekening, PIN ATM, e-mail, tanggal lahir
  • Masukkan data-data penting yang bersangkutan dengan rekening Sobat Edu. Isi kolom nomor rekening, PIN ATM, e-mail, tanggal lahir, NIK atau nomor KTP, dan User ID yang diinginkan.
  • User ID menggunakan kombinasi huruf dan angka sebanyak 8 hingga 12 karakter. Pastikan memenuhi kriteria tersebut.
  • Sobat Edu akan menerima 6 digit Kode Registrasi yang dikirimkan melalui e-mail. Masukkan ke halaman layar yang muncul pada smartphone.
  • Muncul layar konfirmasi yang menyatakan Registrasi sudah berhasil dan bisa dilanjutkan dengan proses aktivasi. Cara mengaktifkan Mobile Banking BNI juga tidak akan jauh dari smartphone.

2. Daftar M Banking BNI melalui kantor cabang

Daftar M Banking BNI melalui kantor cabang

Apabila Sobat Edu tidak yakin untuk melakukan registrasi secara mandiri, pendaftaran dapat dilakukan melalui kantor cabang yang dekat dengan tempat tinggal.

Pada dasarnya, cara yang digunakan akan sama. Sobat Edu akan diarahkan untuk menggunakan smartphone supaya registrasi dapat berlangsung. Namun, Sobat Edu tetap bisa membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan.

Setelah melakukan pendaftaran sesuai instruksi dengan kartu identitas, kartu ATM, serta buku tabungan milik pribadi, Sobat Edu akan menyimpan User ID yang dimanfaatkan untuk aktivasi akun supaya bisa segera digunakan bertransaksi.

Cara Membuat M Banking BNI Syariah

Tidak hanya pemilik rekening BNI reguler yang bisa mendapatkan layanan M Banking BNI, Sobat Edu yang menjadi nasabah BNI Syariah juga bisa melakukan registrasi secara mudah dan cepat.

M Banking BNI akan membantu nasabah BNI Syariah memenuhi kebutuhan transaksi finansial maupun non finansial.

Beberapa persyaratan yang harus disiapkan, yaitu:

  • Merupakan seorang nasabah rekening tabungan Hasanah.
  • Hasanah Debit berstatus aktif dan valid.
  • Mengisi lengkap formulir registrasi aktivasi e-banking yang sudah disediakan.
  • Nomor telepon dan e-mail masih aktif.
  • Mempunyai User ID Internet Banking.

1. Registrasi lewat mesin ATM

  • Sobat Edu bisa segera menuju mesin ATM terdekat untuk registrasi M Banking BNI.
Masukkan Hasanah Debit ke dalam mesin ATM kemudian pilih bahasa
  • Masukkan Hasanah Debit ke dalam mesin ATM kemudian pilih bahasa.
  • Tekan kombinasi PIN Hasanah Debit untuk melanjutkan layanan.
Tekan tombol di samping tulisan Registrasi e-Channel kemudian cari menu Mobile Banking
  • Tekan tombol di samping tulisan Registrasi e-Channel kemudian cari menu Mobile Banking.
  • Segera konfirmasi hasil registrasi dan tunggu bukti struk keluar dari mesin.
  • Simpan baik-baik untuk proses aktivasi. Isi struk tersebut yaitu, informasi registrasi yang berhasil, User ID yang sifatnya sementara, nomor telepon, serta informasi untuk melakukan aktivasi pada tahap berikutnya.

2. Registrasi dengan bantuan kantor cabang

Registrasi dengan bantuan kantor cabang
  • Sobat Edu bisa datang menuju ke kantor Bank BNI atau BNI Syariah dan mengambil nomor antrian.
  • Setelah dipanggil, Sobat Edu dapat bergerak menuju Customer Service yang akan melayani.
  • Sampaikan kebutuhan pembuatan Mobile Banking.
  • Ikuti seluruh instruksi dan langkah-langkah yang diminta supaya Registrasi berjalan lancar.
  • Registrasi bisa dilanjutkan dengan Aktivasi dengan bantuan Customer Service atau dilakukan secara mandiri melalui aplikasi.

3. Registrasi secara mandiri

Registrasi secara mandiri

Cara ini sama dengan mendaftarkan M Banking melalui smartphone dan koneksi internet bagi nasabah dengan rekening BNI. Sobat Edu hanya perlu memperhatikan langkah-langkah dengan benar.

Apabila proses pendaftaran atau registrasi sudah berhasil, usahakan untuk melakukan aktivasi secara berkelanjutan supaya layanan bisa segera digunakan untuk bertransaksi.

Bila perlu, User ID atau password Mobile Banking BNI disimpan atau dicatat pada smartphone, sehingga apabila sempat lupa, Sobat Edu bisa mengecek ulang secara cepat.

Kalau proses registrasi masih error atau muncul notifikasi gagal, cek kembali seluruh kelengkapan data atau dokumen yang diisikan pada kolom. Bisa jadi terdapat kesalahan input atau Sobat Edu malah mengisikan data yang tidak tertaut pada rekening.

Apa Fungsi User ID yang Dibuat Ketika Registrasi?

Apa Fungsi User ID yang Dibuat Ketika Registrasi

Nantinya, User ID akan membantu proses aktivasi setelah registrasi supaya Sobat Edu bisa masuk ke akun Mobile Banking BNI yang terpasang di smartphone.

Tidak hanya memenuhi keperluan Mobile Banking, User ID juga digunakan untuk kebutuhan akses akun Internet Banking bagi Sobat Edu. Transaksi bisa dilakukan apabila sudah terdaftar disertai User ID sebagai syarat melakukan login.

Cara membuat M Banking BNI cenderung mudah dan cepat. Sobat Edu cukup memperhatikan prosedur serta ketentuan yang berlaku. Registrasi dapat dilakukan dengan bantuan kantor bank maupun diselesaikan secara mandiri.

Pastikan seluruh persyaratan dan persiapan data yang diinput juga jelas, asli, dan lengkap. Gunakan seluruh dokumen yang sudah didaftarkan untuk pembukaan rekening BNI maupun BNI Syariah.

error: Content is protected !!