Cara Daftar M Banking BRI yang Harus Kamu Tahu (Lengkap)

Cara daftar m banking BRI, masukuniversitas.com. M Banking atau Internet Banking, bahkan punya keduanya sangatlah membantu melakukan transaksi dalam pembayaran online. Internet Banking sangatlah membantu jika keperluan dalam mencetak rekening koran, yang tanpa harus datang ke bank.

Nah, Jika sobat edu, sudah menjadi nasabah BRI dan sudah memiliki ATM, dan merasa masih belum cukup sederhana dalam melakukan transaksi, maka sobat bisa memilih m banking atau internet banking.

M banking BRI adalah sebuah fitur layanan berbasis mobile dan merupakan aplikasi dari Bank BRI untuk membantu mengemas transaksi perbankan menjadi lebih simple dan mudah. Sobat Edu jadi tidak perlu kebingungan apabila ada tagihan atau harus transfer uang secara mendadak.

Dengan mobile banking BRI, Sobat Edu cukup melakukan kegiatan mutasi keuangan dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet. Salah satu kelebihannya adalah fitur layanan yang lebih lengkap bila kita kita bandingkan SMS Banking BRI.

Cara Daftar M Banking BRI

cara registrasi m banking bri

Untuk membuat Mobile Banking BRI, Sobat Edu harus mengikuti beberapa cara supaya aplikasi tersebut agar bisa benar-benar menggunakannya. Nantinya, Sobat Edu akan menggunakan aplikasi bawaan bernama BRI Mobile pada smartphone untuk menjalankan atau merekap seluruh aktivitas perbankan.

Bagaimana cara membuat M Banking BRI?

1. Mendaftarkan diri terlebih dahulu

Proses dan cara daftar M Banking BRI termasuk sangat mudah dan cepat. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan rekening pada aplikasi BRI Mobile, yakni melalui ATM atau kantor cabang BRI terdekat.

a. Pendaftaran lewat ATM

Pertama-tama, siapkan kartu ATM dengan rekening yang ingin Anda daftarkan kemudian Sobat Edu bisa segera menuju ke ATM BRI terdekat untuk mendaftar Internet Banking atau Mobile Banking.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar Internet Banking:

masukkan kartu atm bank rakyat indonesia

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin.
  • Ketik PIN ATM untuk masuk ke menu selanjutnya.
  • Tekan menu Lainnya dan pilih Internet Banking.
  • Masukkan password yang sudah Ketentuan yang sudah berlaku dari Bank untuk mengakses akun Internet Banking, bisa Anda masukkan password dan yang pasti Anda ingat. Sobat Edu akan mengulangi password sekali lagi untuk keperluan konfirmasi.
  • Muncul User ID Internet Banking. Selesaikan transaksi untuk mengeluarkan kartu ATM dari mesin.
  • Struk yang berisi User ID dan password akun Internet Banking BRI akan ikut keluar. Sobat Edu bisa menyimpannya supaya bisa akses akun ketika suatu saat lupa User ID dan password.

Selengkapnya, sudah kami berikan artikel sebelumnya >> Internet Banking BRI

Sedangkan ini merupakan langkah-langkah untuk mendaftar Mobile Banking:

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin kemudian ketik PIN dengan benar.
  • Tekan tombol Registrasi dan pilih menu Mobile Banking.
  • Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan untuk mengaktifkan Mobile Banking pada aplikasi BRI Mobile.

masukkan kode password ke atm bri

  • Ketikkan PIN Mobile Banking yang sudah Sobat Edu tentukan sendiri.
  • Struk yang keluar akan mengonfirmasi registrasi yang sudah berhasil.
  • Sobat Edu bisa segera menuju bank untuk melanjutkan konfirmasi dan transaksi untuk mengaktifkan BRI Mobile. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM dan identitas pribadi yang diperlukan, seperti KTP, SIM, atau Paspor.

Perhatian: Bila sobat hendak ke ATM untuk mendaftarkan mobile bankingnya; 1. Pastikan posisi ATM lingkungannya tidak sepi-sepi amat. Bila ada sekuriti, ini akan lebih baik supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 2. Pastikan juga dalam ATM tidak banyak orang ngantri.

Setelah mendaftar melalui ATM, Sobat Edu harus tetap pergi ke bank untuk melakukan aktivasi serta memperoleh mToken sebagai pengaman tambahan yang optimal. Cara registrasi Mobile Banking BRI dengan mesin ATM sangat mudah, bukan?

b. Cara daftar m banking BRI, daftar lewat kantor cabang BRI

Sebelum pergi ke kantor cabang daerah terdekat, Sobat Edu perlu menyiapkan beberapa kelengkapan berikut, yakni:

  • Kartu ATM BRI BritAma, BritAma Junio, atau Simpedes yang masih aktif.
  • Buku tabungan.
  • Identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor.
  • Ponsel atau handphone untuk proses verifikasi. Pastikan ponsel Sobat Edu menggunakan SIM beberapa operator yang bekerja sama dengan BRI, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • E-mail valid dan aktif. Dalam penggunaan email, maka gunakan yang harus aktif selamanya, yaitu untuk menerima notifikasi dari Internet Banking BRI.

Setelah semua persyaratan sudah siap, Sobat Edu bisa segera pergi ke Bank BRI untuk mengajukan Internet Banking dengan bantuan customer service. Isi formulir pendaftaran dengan teliti supaya input data berjalan lancar, ya.

Pendaftaran selesai dan Sobat Edu telah mendapatkan mToken yang harus diaktivasi terlebih dahulu untuk memberikan keamanan ekstra.

c. Lakukan aktivasi BRI Mobile

Sobat Edu akan mengikuti cara mengaktifkan Mobile Banking BRI yang bisa dilakukan secara mandiri. Pastikan Sobat Edu mampu melakukan langkah-langkahnya dengan benar.

aktivasi mbanking bri login ib.bri.co.id

  • Buka situs https://ib.bri.co.id dan lakukan login dengan memasukkan user ID dan password yang sudah dibuat. Jangan lupa validasi menggunakan kode captcha.
  • Setelah masuk ke interface menu berikutnya, cari dan klik menu Daftar BRI Mobile.
  • Ikuti seluruh instruksi yang sudah tersedia, yaitu dengan mengisi data, konfirmasi data, serta menyelesaikan transaksi.
  • Log out. Pastikan untuk selalu ingat hal ini, jika membukanya dari situs melalui desktop PC atau komputer.
  • Cek pesan dari kiriman BRI melalui nomor ponsel. Pesannya berisi link, kemudian link tersebut bisa Anda pakai untuk mendownload aplikasi BRI Mobile.
  • Buka aplikasi BRI Mobile yang sudah didownload pada ponsel. Masukkan kembali User ID dan password yang bersangkutan.
  • Sobat Edu akan melihat tampilan interface dari berbagai macam menu, seperti Info BRI, Internet Banking, Mobile Banking, Call BRI, dan T-Bank.
  • Tap Internet BRI dan pilih aktivasi IB Mobile BRI. Pastikan ponsel Sobat Edu sudah terisi pulsa untuk mengirim pesan dari 3300.
  • SMS notifikasi dari 3300 akan masuk dan memberitahu kalau aplikasi BRI Mobile bisa digunakan untuk beragam aktivitas dan transaksi keuangan.

Sobat Edu bisa memastikan kembali penggunaan aplikasi dengan mencoba log out aplikasi kemudian log in kembali. Apabila berhasil, silakan lanjutkan transaksi dan layanan yang diinginkan.

Fitur yang Tersedia Mobile Banking BRI

Berikut informasi layanan yang menjadi Sobat Edu dapatkan demi kenyamanan, keamanan, dan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan.

  1. Informasi mutasi rekening.
  2. Transfer sesame BRI maupun bank lainnya.
  3. Pembayaran tagihan PLN, PDAM, multifinance, cicilan, kartu kredit, dan lain-lain.
  4. Pembelian pulsa, mobile cash, dan BRIZZI.
  5. Pelayanan ganti PIN dan registrasi.
  6. Daftar riwayat transaksi.
  7. Daftar pembayaran secara terjadwal.
  8. Informasi lokasi ATM BRI terdekat.
  9. Informasi merchant E-Pay.
  10. Informasi serta petunjuk registrasi Internet Banking dan Mobile Banking.

Cara daftar m banking BRI sebagai aktivasi mToken

daftar m banking bri dengan aktivasi mToken

Layanan mToken adalah sebuah pengaman tambahan untuk setiap transaksi keuangan yang akan / dalam melakukan transaksi oleh Sobat Edu. Yakni, mulai dari transfer, pembayaran, pembelian, hingga penggantian password dan alamat e-mail.

Seperti apa dalam melakukannya? Ikuti langkah-langkah aktivasi mToken berikut:

  • Lakukan login pada Internet Banking BRI untuk masuk ke menu Layanan Nasabah.
  • Pilih menu Aktivasi mToken dan tuliskan e-mail serta password yang sudah terdaftar.
  • Klik Kirim dan tunggu pesan SMS dari 3300 yang berisi kode aktivasi mToken BRI.
  • Masukkan kode tersebut dan tunggu SMS konfirmasi dari kiriman BRI kembali.
  • MToken BRI sudah aktif.

Dalam melakukan setiap transaksi, Sobat Edu menggunakan mToken dan pastinya ada biaya administrasi sebesar Rp.550,00. Biaya ini akan terpotong otomatis melalui pulsa pada ponsel. Selain itu, Sobat Edu juga akan menerima 5 digit kode yang hanya bisa digunakan untuk sekali transaksi.

Penggunaan masa berlaku layanan mToken bisa dengan sesuai jangka waktu tertera pada SMS yang diterima setiap melakukan registrasi dengan mToken. Jangan sampai salah memasukkan kode sebanyak 3 kali apabila Sobat Edu tidak ingin User ID mToken terblokir secara otomatis, ya.

Penutup

Mendaftarkan rekening Sobat Edu pada layanan Mobile Banking BRI tentu tidak memerlukan cara yang ribet. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan seksama supaya seluruh pembuatan dapat berjalan lancar.

Sobat Edu bisa merasakan banyak benefit dan kemudahan dalam bertransaksi Internet Banking dan Mobile Banking dengan aplikasi BRI Mobile.

error: Content is protected !!