Cara Membuat Surat Resign (Pengajuan Pengunduran Diri)

Cara membuat surat resign merupakan tulisan yang sangat bermanfaat untuk Anda yang belum tau membuatnya. Keputusan untuk mengundurkan diri adalah hak dari pribadi sendiri. Nah, jika Anda ingin mengajukan mengundurkan diri dari perusahaan, organisasi atau dari lainnya, maka diperlukan teori. Untuk itu, berikut teori bagaimana cara membuat pengajuan pengunduran diri tersebut.

Khusus untuk perusahaan, baca disini artikel >> Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Khusus untuk Organisasi, baca disini >> Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Jika mempunyai keinginan untuk mengundurkan diri, sebaiknya membuat surat resign untuk membuktikan bahwa Anda adalah seorang profesional.

Resign adalah sebuah tindakan pengunduran diri seseorang dari tempatnya bekerja. Setiap individu tentu mempunyai alasan tersendiri untuk mengambil sebuah keputusan untuk mengundurkan diri dari tempat kerja. Pastinya keputusan tersebut sudah dipikirkan matang-matang sebelum ditindak lanjuti. Sama halnya dengan karyawan. Ada beberapa karyawan yang memilih mengundurkan diri karena beberapa alasan baik untuk kepentingan pribadi atau alasan lainnya.

Pengajuan surat resign, pada umumnya dari hasil akhir sebuah keputusan dari perusahaan. Surat pengajuan resign yang telah diajukan, bisa disetujui ataupun tidak oleh perusahaan.

Dalam format dan cara membuat surat pengunduran diri biasanya berbeda. Namun pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu meminta izin untuk mengundurkan diri. Jenis surat pengunduran diri ada banyak macamnya, diantaranya surat yang ditujukan langsung kepada direktur, sekretaris perusahaan, maupun surat sederhana yang ditulis untuk HRD (Human Resource Development). Penulisan surat ini pada intinya agar Anda lebih profesional sehingga hubungan baik dengan pihak perusaan tetap terjaga.

Cara membuatan surat resign

cara membuat surat pengunduran diri

Ada berbagai macam cara membuat surat resign berdasarkan jenis, tujuan, keperluan dan alasan yang mendasari keputusan tersebut. Terkadang keputusan untuk mengundurkan diri tidak begitu disenangi oleh pihak perusahaan, sehingga cara menyampaikan haruslah benar dan sopan agar tidak terjadi perselisihan antar kedua belah pihak.

Sebenarnya keputusan tersebut bukanlah suatu hal yang negatif, karena memang ada beberapa alasan yang mendasari karyawan tersebut mengundurkan diri.

Berikut cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar :

1. Memenuhi komponen surat

Resign adalah sebuah keputusan untuk meninggalkan pekerjaan dalam sebuah tempat atau perusahaan. Agar pengunduran diri Anda baik dan terstruktur, maka harus dibuat surat resign dengan baik dan benar menggunakan beberapa komponen pokok yang wajib dicantumkan dalam surat. Komponen apa saja yang harus ada dalam surat resmi pengunduran diri? Berikut informasi selengkapnya :

  • Kepada siapa surat ditujukan. Hal ini sangat penting karena tujuan surat harus sesuai dengan orang yang bersangkutan. Misalnya kepada direktur, sekretaris perusahaan,kepala sekolah dan lain sebagainya.
  • Sebutkan awalan kepada Yth. atau yang terhormat dengan nama terang kemudian jawabatan seseorang yang ingin dituju.
  • Dalam menulis surat pengunduran diri, harus menggunakan bahasa formal dengan sopan, baik dan benar.
  • Alasan yang tepat. Tulis alasan mengapa Anda ingin resign di dalam surat yang sesuai dengan kondisi Anda. Kemudian sampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan dan karyawan atau staf yang lain. Penulisan surat resign akan lebih sopan jika ditulis tangan, atau bisa juga diketik. 

2. Format yang digunakan untuk membuat surat resign

Format surat pengunduran diri secara umum hampir sama, yaitu harus memenuhi beberapa format pokok seperti tanggal surat, lokasi pembuatan surat, nama lengkap orang yang dituju, alamat orang yang dituju, isi surat yang secara umum menggunakan bahasa yang sopan dan baik, tanda tangan Anda dan bila perlu menggunakan materai.

3. Etika dalam menulis surat resign

Setiap tindakan yang baik tentunya membutuhkan suatu etika atau perilaku yang baik pula, tidak terkecuali dalam menulis surat resign. Arti resign yang sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal yang umum terjadi seperti contoh ingin berhenti dari perusahaan karena hamil, berhenti karena tidak betah diperusahaan, berhenti karena lebih memilih bisnis dan macam-macam alasan lain. Untuk membuat surat resign diperlukan suatu etika yang baik, seperti :

  • Penyampaian maksut dan tujuan dalam surat harus singkat, padat dan jelas serta tidak bertele-tele.
  • Sampaikan ucapan terimakasih kepada atasan perusahaan, rekan kerja, karyawan, staf dan pihak-pihak yang bersangkutan.
  • Menuliskan alasan yang jelas dan masuk akal, sehingga penerima surat paham dengan apa yang Anda maksut dan tahu kondisi Anda berdasarkan alasan tersebut.
  • Jika tidak keberatan, bisa juga Anda lampirkan kenangan atau cindra mata kepada penerima surat sebagai ucapan terimakasih karena telah menerima Anda bekerja diperusahaan tersebut.

4. Tujuan pembuatan surat resign

Jika keinginan Anda untuk meninggalkan tempat kerja sudah matang, maka perhatikan cara membuat surat resign (pengajuan pengunduran diri) & resign adalah keputusan yang paling baik untuk diambil.

Sebenarnya pembuatan surat ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang baik dan profesional dalam pekerjaan. Selain itu dengan melakukan pengajuan surat resign, secara tidak langsung Anda memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari seseorang yang akan menggantikan posisi Anda yang sekarang.

Tujuan lainnya agar hubungan Anda dengan perusahaan tetap berjalan dengan baik meskipun nantinya Anda bukan lagi bagian dari perusahaan tersebut.

5. Contoh alasan umum ketika resign

Tindakan untuk melepaskan sebuah pekerjaan memang tidak segampang membalikkan telapak tangan. Mengingat bahwa saat ini mencari lowongan pekerjaan bukanlah hal yang mudah.

Baca artikel lengkap dari artikel >> Contoh Surat Pengunduran Diri << banyak contohnya

Ada beberapa alasan yang mendasari seseorang mengambil keputusan untuk berhenti bekerja. Beberapa alasan tersebut yang seirng digunakan yaitu karena kontrak kerja sudah habis dan tidak ingin memperpanjang kontrak sehingga harus melakukan pengunduran diri, berhenti karena hamil atau akan melahirkan bagi wanita, atau berhenti karena mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik.

Informasi cara membuat surat resign atau pengajuan pengunduran diri sudah Anda baca. Teori tanpa praktek adalah hal yang sia-sia, jika Anda sudah tekat ingin mengundurkan diri. Maka dari itu, tindakan lanjut dari keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan adalah dari Anda. Selamat mencoba.