Tips Cara Memilih Jurusan kuliah Yang Tepat & Sesuai

Masih bingung memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan? Ya, ngapain bingung bro sis, dari pada bingung menghabiskan waktunya, maka sebaiknya baca ini deh informasi tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dan inilah yang kami berikan.

Sebagai manusia kita seharusnya tau, bahwa yang namanya belajar tidak hanya pada saat kita berada di bangku sekolah saja,  ada pepatah yang mengemukakan Belajar lah sampai ke negri Cina, jadi tidak ada salah nya untuk selalu mengemban ilmu sepanjang hidup, contoh nya bagi kamu yang sudah malas belajar lebih baik kamu berfikir bahwa dengan menambah wawasan adalah hal yang sangat penting, oleh karena itu kuliah menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menimba ilmu.

 

Nah, kira-kira apa saja ya yang perlu diperhatikan dalam cara memilih jurusan kuliah? Ini nih tipsnya bro sis:

Masih bingung memilih jurusan kuliah

Hobi atau Kesukaan

Biasanya banyak anak yang sedang memikirkan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi mengambil jurusan kuliah mereka tergantung pada hobi yang dijalaninya, contoh:

  • Kamu suka berbicara didepan orang banyak, jurusan yang cocok buat kamu seperti Public Relation atau sering orang katakan jurusan atau lulusan PR dan ini sama saja Humas. Selain itu Broadcasting, psycology, sastra inggris, hukum, komunikasi bisnis, politik dll.
  • Kamu suka akan dunia flora, jurusan yang cocok buat kamu yaitu jurusan pertanian dan kehutanan. Atau
  • Kamu suka akan dunia fauna? Maka, jurusan kuliah yang tepat adalah kedokteran hewan dan juga peternakan.
  • Kamu yang suka dunia fashion, jurusan yang cocok untuk kamu seperti desain grafis, periklanan, fotografy, dll.
  • Kamu yang hobi memasak? Tentu kamu bisa mengambil jurusan yang berkaitan dengan pembuatan makanan (cooking).
  • Kamu yang hobi akan olah raga bisa mengambil jurusan yang berhubungan dengan olah raga seperti pendidikan olahraga dan jasmani.
  • Kamu yang suka akan menangani kesehatan bisa mengambil jurusan kedokteran, keperawatan, kebidanan, apoteker dll.
  • Kamu yang suka menghitung, pembukuan, matematika? Maka bisa mengambil jurusan sains (MIPA) atau ekonomi, Akuntansi dan juga IT. dan masih banyak lagi.

Jika kamu salah satu dari jurusan kuliah tersebut, maka bro sis bisa mengetahui berapa angka passing gradenya:

  1. Passing grade UGM SBMPTN 2016 terbaru
  2. Passing grade UGM SNMPTN
  3. Info Passing grade seluruh universitas swasta dan negeri

Biasanya nya dengan menyesyaikan hobi dengan jurusan kuliah kamu, kuliah akan terasa asik tidak terbebani dan harus merasa terpaksa pada saat kamu mempelajari mata kuliah yang akan diberikan sang dosen.

Budget

Selanjutnya, memilih jurusan kuliah yang perlu dipertimbangkan adalah budget. Nah, selain Hobi kamu juga bisa menyesuaikan dengan budget, jadi jangan mengambil kuliah yang sifat nya akan memeras keuangan keluarga kamu kan kasian orang tua kalau kamu harus meminta uang terus untuk praktikum pada saat kuliah, alangkah baik nya kami bisa mengambil kerja sambilan pada saat kuliah kamu berlangsung kan kamu bisa membanggakan orang tua kamu dengan bekerja sambilan.

Saat ini banyak sekali anak muda yang putus semangat nya setelah mereka tidak lolos disuatu perguruan tinggi, alhasil mereka menjadi pengangguran dan terkadang mereka nekat untuk mengubah pola hidup sehat menjadi buruk, contohnya memanfaat situasi  seperti mencuri, mengamen, menjadi anak jalanan atau pun bekerja ditempat prostituasi, semoga hal ini tidak terjadi kepada kamu, jangan lah pernah patah semangat jika tidak lolos dalam suatu kompetisi atau tes menuju ke perguruan tinggi, mungkin bisa dicoba lagi tahun depan lalu mengisi ke hidupan kamu dengan bekerja freelancer.

Kebutuhan ekonomi yang sering kali menekan kamu untuk berlomba atau bersaing untuk mendapatkan perguruan tinggi yang dipandang seperti perguruan tinggi Negri contoh nya UI, UGM, STAN, UNJ sebenarnya semua adalah dari faktor keberuntungan kamu dan keuletan kamu untuk sukses, terkadang perguruan tinggi Swasta pun lebih baik kok dibanding dengan perguruan tinggi Negeri, yang penting disini adalah Sikap kamu, Gaya kamu, Semangat kamu dalam menentukan arah kehidupan. Dengan bersyukur apa yang telah diraih biasanya akan dilipat gandakan oleh Tuhan yang maha Esa.

Dengan menjadi seorang anak yang baik, patuh terhadap aturan orang tua, dan mempunyai kemauan penuh untuk membantu orang tua biasanya cita -cita kamu akan dikabulkan. Untuk penuhilah aturan orang tua dan gapailah cita-cita Anda.

Ok bro sis, cukup sampai disini dulu ya, tips cara memilih jurusan kuliah yang kami suguhkan semoga bermanfaat.

Add a Comment