Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama

Cara mencari NISN berdasarkan nama. NISN atau singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah sistem pengelolaan nomor induk siswa di seluruh Indonesia yang dikelolaoleh kementerian Pendidikan Nasional. Pada dasarnya bahwa NISN akan diberikan pada peserta didik dari jenjang sekolah dasar. NISNmjuga diperlukan untuk pengambilan Rapor atau nilai hasil ujian.

NISN sendiri terdiri dari sepuluh nomor unik yang selalu diawali dengan angka yang merupakan tanggal lahir peserta didik tersebut. Semisal seperti ini, jika Seorang peserta didik mempunyai nomor yaitu 0061234567, bisa dipastikan bahwa peserta didik tersebut adalah kelahiran tahun 2006.

NISN berdasarkan nama

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas peserta didik didasarkan dengan data peserta didik yang telah di validasi oleh setiap sekolah atau dinas pendidikan yang berada di Kota / Kabupaten yang dilakukan secara online melalui situs dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

NISN mempunyai peranan penting sebagai pengenal dari peserta didik. Pada dasarnya bahwa pihak dari Sekolah memberikan nomor NISN kepada peserta didik melalui peserta didiknya atau perantara dari orang tua siswa / wali murid.

baca juga : Informasi Sertifikasi guru (Sergur) Online

Manfaat NISN:

Manfaat dari NISN sendiri banyak sekali bagi peserta didik yang bersangkutan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari adanya NISN :

  • Mengidentifikasikan setiap indivdu peserta didik di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten dan juga berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan Nomor Induk siswa secara inline bagi setiap unit kerja di Kemendiknas dan juga dinas pendidikan daerah yang bersifat standart terpadu dan juga akuntable dengan berbasis Teknologi Indormasi serta komunikasi.
  • Sebagai sistem penukung program Dapodik dalam mengembangkan program perencanaan pendidikan, statistik dan juga program pendidikan lainnya baik berada di pusat hingga berada kabupaten kota dan diteruskan ke Sekolah. Program yang paling popular di kalangan peserta didik dan juga masyarakat adalah dana BOS dan juga UN serta pangkalan data dan informasi pendidikan serta beasswa.

Inilah cara mencari NISN berdasarkan nama

Dalam beberapa kasus, banyak peserta didik yang lalai akan nomor NISN. Karena itu, masukuniversitas.com akan sedikit mengulas juga jika terjadi kelalaian atau kehilangan data NISN. Berikut ini adalah tatacara mudah untuk mengecek atau mencari NISN secara online :

  • Silahkan anda untuk masuk pada halaman website “nisn.data.kemendikbud.go.id/page/data”
  • Di halaman web tersebut terdapat dua opsi menu yaitu pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan nama. Silahkan pilih menu opsi pencarian berdasarkan NISN bila ingin melihat data diri peserta didik seperti nama dan lain – lain. Jika anda memilih opsi pencarian berdasarkan nama bila anda ingin mencari kode Nomor Induk siswa Nasional anda.
  • Pada pencarian berdasarkan nama, isi formulir dengan lengkap dan semua menu yang tertera di dalam website tersebut.
  • Setelah diisi menu pada halaman tersebut jika di klik cari, maka hasil tersebut akan muncul hasilnya berdasarkan nama.

Dianjurkan untuk anda untuk menyimpan NISN yang telah didapatkan. Ini dikarenakan website yang di akses tersebut sering down.

Baca juga pengecekan dari: Info PTK << berikut disini

Selain web dari kemendikbud tadi yang sudah disebutkan, ada juga opsi lain untuk mencari atau mengecek NISN dengan cara lain yaitu melalui aplikasi android. Aplikasi tersebut dapat didapat di layanan playstore.

Didalam aplikasi tersebut terdapat menu sepert cek NISN, cek dengan QRCode dan juga cek dengan nama. Khusus untuk QRCode, anda harus melakukan scan code pada kartu NISN anda untuk memperoleh data peserta didik.

Demikian tadi adalah beberapa cara untuk cek NISN berdasarkan nama atau dengan cara lain. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mencari data NISN.

Cara mencari NISN berdasarkan nama? Langsung cek informasinya di masukuniversitas.com.

Add a Comment