Cara Mendaftar SM3T, Cari Tahu Jawabannya Disini

Cara mendaftar sm3t, artikel pendidikan. Program SM3T merupakan salah satu program pemerintah dalam memajukan pendidikan khususnya di daerah yang tertinggal. Para sarjana pendidikan yang ingin mendedikasikan diri untuk turut memajukan pendidikan Indonesia, dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program SM3T. Mungkin sebagian dari Anda masih bingung bagaimana cara mendaftar SM3T. Nah, jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri ke program SM3T, berikut ini informasi terkait cara mendaftar SM3T yang benar. [Yuk, merayakan hari kemerdekaan Indonesia << disini].

Cara mendaftar SM3T

Bagi Anda yang ingin turut memajukan pendidikan di daerah-daerah tertinggal melalui program SM3T, berikut ini cara mendaftar SM3T yang dapat Anda ikuti:

1. Anda bisa mendaftar secara online dengan mengunjungi laman website di seleksi.dikti.go.id
2. Selanjutnya, setelah muncul tampilan websitenya, pilih PENDAFTARAN ONLINE.
3. Kemudian, pilih asal PERGURUAN TINGGI Anda.
4. Setelah itu, pilih PRODI Anda dan isi informasi formulir yang telah disediakan denga data pribadi yang dibutuhkan.

Itulah cara mendaftar SM3T yang dapat Anda coba dan ikuti, jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari program SM3T.

Alur Pendaftaran SM3T

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendaftar SM3T dengan cara-cara di atas, berikut ini kami berikan penjelasan lebih lanjut terkait alur pendaftaran SM3T. Pendaftaran SM3T tidak hanya meliputi pengisian data diri Anda saja, namun ada beberapa hal yang harus Anda selesaikan dalam pendaftaran program SM3T ini.

Untuk lebih jelasnya, simak alur cara mendaftar SM3T berikut ini.

1. Pendaftaran Online

Alur pertama dalam pendaftaran program SM3T yaitu mendaftar secara online. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa pendaftaran SM3T dapat dilakukan secara online. Jadi, pastikan Anda memiliki perangkat komputer atau laptop, dan koneksi internet yang mendukung. Daftarkan diri Anda dan isilah formulir yang telah disediakan. Saat Anda akan mendaftar, upload scan transkrip pernyataan kelulusan di perguruan tinggi yang telah dilegalisir, jika Anda belum mendapatkan ijazah. Atau Anda juga bisa menggunakan scan ijazah S1, jika ijazah telah keluar. Untuk mendaftar SM3T, pastikan Anda memiliki IPK minimal 3,00.

Pendaftaran program SM3T hanya boleh dilakukan dengan syarat 3 tahun lulusan terakhir, artinya apabila Anda mendaftar SM3T pada tahun 2017, Anda merupakan sarjana pendidikan lulusan 2015, 2016, atau 2017. Selain memiliki IPK minimal 3,00, Anda juga perlu menyiapkan surat keterangan berbadan sehat yang diterbitkan oleh dokter/klinik, yang menyatakan bahwa Anda tidak memiliki penyakit serius yang dapat membahayakan diri Anda ketika di terjunkan ke lapangan.

Selanjutnya, Anda juga perlu memiliki surat keterangan bebas narkotika dan zat adiktif lainnya, dengan dibuktikan SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Serta surat bekelakuan baik atau SKCM (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang bisa Anda peroleh melalui pihak Polres. Hal ini sebagai bukti bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal.

2. Pengumuman Administrasi

Nah, setelah Anda selesai mendaftar, maka saatnya Anda menunggu informasi pengumuman lulus atau tidak. Jika Anda dinyatakan lulus, selanjutnya Anda akan mengikuti tes online dengan waktu yang telah ditentukan.

3. Tes Online

Jadwal tes online akan diberitahu bersamaan dengan pengumuman kelulusan. Tes dilaksanakan dengan menggunakan komputer dengan tes berupa tes akademik dan tes sesuai prodi. Tes yang berlangsung dilaksanakan di LPTK yang telah diselenggarakan di Indonesia, dan dikendalikan oleh dikti.

4. Tes Wawancara

Setelah Anda lulus tes online dan dinyatakan lulus, maka selanjutnya Anda akan mengikuti tes wawancara. Dalam tes wawancara ini, Anda akan ditanya seputar pengabdian Anda dalam program SM3T. Jadi, jika Anda memang berminat dan memiliki jiwa pengabdian yang tinggi, maka siapkan jawaban yang tegas tanpa keraguan.

5. Pra Kondisi

Pra kondisi merupakan persiapan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya Anda diterjunkan langsung ke lapangan atau daerah sasaran SM3T untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar. Pra kondisi ini dilaksanakan selama 13 hari untuk mempersiapkan fisik, mental, pengetahuan, serta persiapan diri secara keseluruhan.

6. Pemberangkatan

Inilah menjadi proses awaln sebelum Anda benar-benar mengabdi di daerah-daerah tertinggal. Bagi Anda yang tidak sabar melakukan pengabdian ini, tentu moment pemberangkatan akan menjadi moment yang sangat membahagiakan.

Itulah alur cara mendaftar SM3T yang bisa Anda ikuti sebagai bentuk partisipasi dan dukungan Anda dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Program Studi yang Dibutuhkan dalam SM3T

Ada beberapa program studi (prodi) yang dibutuhkan dalam program SM3T ini. Jika Anda kuliah dan mengambil jurusan seperti di bawah ini, Anda bisa mendaftarkan diri Anda untuk mengikuti program SM3T ini. Nah, berikut ini daftar nama program studi yang dibutuhkan dalam SM3T.

1. Pendidikan Sejarah
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Pendidikan Fisika
4. Pendidikan Ekonomi
5. Pendidikan Matematika
6. Pendidikan Geografi
7. Pendidikan IPS
8. Pendidikan Kimia
9. Pendidikan IPA
10. Pendidikan Biologi
11. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
12. Pendidikan Teknik Mesin
13. Pendidikan Teknik Bangunan
14. Pendidikan Teknik Elekro atau Ketenagaan kelistrikan
15. Pendidikan Teknik Elektonika
16. Pendidikan Teknik Otomotif
17. Pendidikan Bahasa Indonesia
18. Pendidikan Bahasa Inggris
19. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
23. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
24. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
25. Pendidikan Luar Biasa
26. Pendidikan Seni Budaya
27. Pendidikan Seni Rupa
28. Bimbingan dan Konseling

Demikian informasi terkait cara mendaftar SM3T dan program studi yang dibutuhkan dalam SM3T. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :
ainamulyana.blogspot.com/2016/06/pendaftaran-registrasi-online-program.html?m=1
minurmi.wordpress.com/2015/05/14/alur-pendaftaran-sm3t/

Add a Comment