Cara Mendidik Anak Usia Dini

Cara mendidik anak usia dini – Anak merupakan sebuah anugerah yang dtitipkan tuhan kepada kita selaku orang tua. Anak bisa diibaratkan sebagai sebuah kertas polos putih bersih tanpa noda. Warna apa yang akan menghiasi kertas tersebut tergantung dari warna apa yang akan kita berikan. Begitu pula dengan anak, bagaimana sikap dan perilakunya kelak tergantung dari cara orang tua mendidiknya dari usia dini.

Baca juga informasi tulisan lainnya: tujuan dan fungsi pendidikan karakter
parent and child

Cara mendidik anak usia dini:

Mendidik anak ketika usia dini sangatlah pentig untuk untuk masa depannya dalam membangun pribadi yang berbudi pekerti luhur, cerdas, pintar serta memiliki akhlak yang soleh / solehah. Berikut ini merupakan beberapa cara mendidik anak usia dini yang bisa anda coba.

Utamakan pendidikan agama yang kuat

Agama merupakan pondasi dalam membentuk akhlak yang soleh, perilaku serta tabiat yang mencerminkan sosok pribadi yang baik. Memberikan pendidikan agama pada anak adalah langkah awal untuk membentuk anak menjadi anak yang soleh / solehah

Ajaklah anak berbicara dalam diskusi

Jika anda menginginkan anak anda menjadi anak yang pemberani dan memiliki sifat pemimpin, maka libatkanlah anak di dalam diskusi keluarga. Dengarkan dan hargailah setiap pendapatnya. Lakukan hal tersebut sejak dari kecil, agar ingatan tersebut tertancap di memorinya. Diskusikan berbagai hal dengannya mungkin bisa dimulai dari memilih baju, makanan, tujuan wisata untuk liburan, sampai sekolahnya sendiri. Hal tersebut penting untuk membentuk rasa percaya diri anak. Dengan kebiasaan ini maka anak juga akan terbiasa dengan penyelesaian masalah secara demokratis.

Luangkan waktu bersama anak

Meluangkan waktu secara khusus bersama dengan anak merupakan hal penting untuk membangun ikatan batin antara anda dan anak. Manfaatkan kesempatan berdua tersebut untuk memahami dan mendekatan diri dengan anak. Anda juga bisa memanfaatkan waktu tersebut mulai dari ketika membangunkan anak atau mengantarkannya tidur, menonton televisi bersama, bermain bersama, pergi bersama ke tempat-tempat menarik, dan masih banyak lagi.

Ajarkan anak bersikap disiplin<

Apabila sedari kecil anak dibiasakan untuk bersikap disiplin, maka kelak dia akna menajdi pribadi yang teratur setelah dewasa. Terapkanlah mulai dari hal terkecil, misalnya seperti gosok gigi, mencuci kaki hingga merapikan tempat tidur setelah bangun pagi. Hal tersebut sangat baik untuk membiasakan hidup anak menjadi lebih teratur ketika dewasa kelak. Terapkanlah disiplin secara konsisten. Apabila anak melalaikannya, tidak ada salahnya jika anda memberikan sangsi.

Komunikasi yang baik terhadap anak

Ketika anda memberikan perintah kepada anak, sampaikanlah dengan jelas dan lembut. Berikan perintah yang spesifik dengan kalimat-kalimat yang jelas untuk menghindarkan anak dari kebingungan.

Berikan contoh tauladan yang  baik

Anak merupakan peniru ulung, maka anda perlu berhati-hati dalam bertingkah laku. Anak dalam usia emas (0-5 tahun) memiliki daya ingat yang sangat kuat. Dia berperilaku melalui pengamatannya terhadap perilaku orang tuanya. Maak dari itu berperilakulah yang baik serta hidarkan kata-kata kotor, karena apa yang diucapkan dan dilakukan oleh orang tua merupakan contoh bagi anak dalam berperilaku dan berucap.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara mendidik anak usia dini. Semoga bermanfaat dan bisa anda coba terapkan kepada anak anda. Terima kasih.

Add a Comment