Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Versi Masukuniversitas.com

Cara Meningkatkan Motivasi BelajarCara meningkatkan motivasi belajar, cara meningkatkan semangat belajar, dan upaya membangkitkan semangat belajar adalah hal yang diinginkan dan dicari oleh banyak orang.

Apalagi hal ini, ketika libur panjang usai. Mungkin sebagian orang akan menjadi stress karena itu berarti kegiatan belajar mengajar akan kembali dimulai.

Suasana liburan yang nyaman dan santai memang cenderung membuat banyak siswa menjadi malas untuk kembali belajar. Motivasi belajar menurun dan terkadang hal inilah yang membuat libur diperpanjang dengan berbagai alasan. Namun ada baiknya kita sadar diri sebagai siswa dan pelajar yang membutuhkan pendidikan untuk meningkatkan taraf masa depan kita.

Apa saja cara meningkatkan motivasi belajar atau upaya membangkitkan semangat belajar?

Berikut ini akan diberikan beberapa cara meningkatkan motivasi belajar agar kembail bersemangat ke bangku sekolah atau kuliah. Selamat Mencoba!

  • Mengatur Jadwal Belajar

Kembali kerumah dan menekuri buku pastilah akan menjadi kegiatan paling membosankan, namun akan berbeda jika kita memiliki jadwal belajar. Menentukan waktu belajar dan bermain atau bersantai adalah salah satu cara mengembalikan motivasi belajar yang mulai surut. Dengan mengetahui pasti kapan kita harus belajar dan kapan kita dapat bristirahat akan menjadi hal yang menyenangkan. Jangan terlalu muluk muluk dan memaksakan diri.

Buatlah jadwal yang lebih realistis namun pasti akan terlaksana. Mulailah dengan membuat jadwal belajar yang agak longgar, misalkan 2 hingga 3 jam setiap sesi belajar. Hal ini akan mempermudah kita dalam menentukan jadwal belajar dan beristirahat.

  • Mulai!

Bagian tersulit dari mengembalikan motivasi belajar adalah memulainya. Mungkin akan sangat mudah ketika kita mereka reka jadwal belajar dan menempelkannya besar besar di kamar, namun menjalankannya menjadi bagian tersulit. Namun hal ini harus dimulai. Pastikan bahwa diri anda sadar betul mengapa anda harus belajar dan untuk apa anda belajar. Dengan mengetahui pasti hal hal dasar tersebut, maka pastilah motivasi belajar kita akan kembali muncul dan itulh saat yang tepat untuk memulai. Jangan pernah menunda nunda jadwal belajar, jadilah orang yang berdisiplin dan taat pada aturan yang anda buat sendiri sebelum anda akan mematuhi peraturan yang dibuat oleh orang lain atau Negara.

  • Jauhkan gangguan

Ketika anda sedang belajar, ada baiknya anda menjauhkan benda benda atau hal hal yang dapat mengganggu kegiatan belajar anda. Handphone, televisi dan komik biasannya menjadi deretan teratas barang barang atau hal hal yang akan mengganggu kegiatan belajar. Jangan coba coba menguji kekuatan motivasi belajar anda dengan tetap menyanding smartphone anda dalam keadaan On. Bunyi kling kling dari BBM atau media social lainnya pastilah akan menjadi pengganggu yang cukup ampuh dalam ujian motivasi anda, maka ada baiknya simpan dalam laci dengan posisi OFF atau silence saja.

  • Tetapkan tujuan

Buatlah jadwal belajar yang realistis dengan tujuan jelas. Misalkan jadwal hari ini khusus untuk memahami suatu materi, maka pastilah anda akan termotivasi untuk memfokuskan pikiran untuk benar benar mengerti tentang yang anda pelajari. Yakinkan diri anda bisa dan jangan meragukan kemampuan diri anda sendiri. Selamat Belajar!

Add a Comment