Cek NISN Siswa SD, SMP, & SMA Online – Disini Cara Mudahnya

Cara mudah cek NISN siswa SD, SMP dan SMA secara online. Nomor Induk Siswa Nasional atau yang disingkat NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional. Sistem tersebut dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang juga merupakan bagian dari Program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Layanan NISN telah menerapkan sistem komputerisasi terpusat dan online sehingga pengelolaannya berskala nasional serta sesuai dengan Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang telah terdaftar di Layanan NISN akan diberikan kode pengenalan identitas yang bersifat unik. Dimana kode pengenal identitas tersebut sesuai standar serta berlaku sepanjang masa, yang akan membedakan antara satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

presentasi-nisn-slide-share-1-638

Tujuan dan cara mudah cek NISN:

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dikatakan unik karena 3 digit nomor awal adalah tahun lahirnya siswa yang bersangkutan, misalnya jika siswa lahir pada tahun 2002 maka 3 digit awal NISN yaitu 002. Mekanisme pemberian kode NISN tersebut diproses secara otomatis oleh komputer yang ada di Pusat Layanan NISN. Pemberian kode NISN tersbeut berdasarkan masukkan (entry) sumber data siswa yang sebelumnya telah divalidasi oleh setiap sekolah atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi yang dilakukan Pusat Sistem NISN tersebut nantinya akan ditampilkan secara terbuka dalam batasan-batasan tertentu melalui situs NISN dengan alamat nisn .data.kemdikbud.go.id.

Tujuan cek NISN:

Berikut ini adalah beberapa tujuan cek NISN, antara lain :

  1. Membantu dalam mengidentifikasi peserta didik (siswa) di seluruh sekolah yang ada di Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat pelayanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-Unit Kerja yang ada di Kemdiknas, Dinas Pendidikan hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu serta akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan serta penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan serta program pendidikan lainnya baik tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, misalnya seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Pangakalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa PIP.

Cara melakukan NISN siswa SD, SMP, SMA

Mengingat betapa pentingnya melakukan cek NISN, berikut ini kami sajikan cara mudah cek NISN siswa SD, SMP, SMA online, antara lain :

  • Cara mencari NISN disa dilakukan dnegan mudah dan cepat, caranya adalah sebagai berikut.
  • Kunjungi alamat website : nisn.data .kemedikbud.go.id/pade/data
  • Masukkan NISN siswa pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu klik tombol Cari, maka akan pencarian NISN yang anda masukkan dengan keterangan berupa info siswa, antara lain :
    • NISN siswa
    • Nama siswa
    • Jenis kelamin
    • Tempat lahir
    • Tanggal lahir

Jika anda lupa/tidak tahu NISNnya maka anda bisa cek NISN dengan menggunakan cara alternatif yaitu cek NISN dengan menggunakan nama siswa, tanggal lahir dan tempat lahir. Berikut ini adalah cara alternatif yang bisa anda lakukan :

  • Kunjungi alamat : nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  • Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama.
  • Masukkan nama siswa.
  • Masukkan tempat lahir siswa.
  • Masukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir dengan format tangal/bulan/tahun, contohnya 18/05/2002.
  • Klik tombol Cari.
  • Setelah itu akan muncul berupa hasil pencarian NISN berdasarkan keterangan berupa NISN, Nama Siswa, Jenis Kelamin, Tempat, Tanggal Lahir. Jika data yang muncul belum valid maka anda bisa menghubungi operator sekolah untuk membetulkannya.

Temukan juga informasi: Cara Mencari NISN berdasarkan nama

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Mudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA Online. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam melakukan cek NISN siswa baik itu SD, SMP maupun SMA secara online. Terima kasih.

Add a Comment