Cara Transfer Pulsa 3 (Tri) ke Sesama dan Rekening

Berdonasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan transfer pulsa ke sesama provider. Jika Sobat Edu menggunakan 3 (Tri) dan ingin mengirim sebagian pulsa ke teman yang membutuhkan, Sobat Edu perlu mengetahui cara transfer pulsa 3 (Tri).

Provider Tri menawarkan program Kikipu atau kirim-kirim pulsa kepada para penggunanya. Dengan program ini pengguna dapat mengirim pulsa ke sesama pengguna. Cara kirim pulsa 3 ini dapat dilakukan melalui beberapa metode. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus Sobat Edu pahami.

Syarat Mengikuti Program Kikipu

Syarat Mengikuti Program Kikipu

Sebelum Sobat Edu mempraktikkan cara transfer pulsa sesama 3, Sobat Edu wajib mengetahui syarat dan ketentuannya.

1. Nominal Pulsa

Jumlah pulsa minimal yang dapat ditransfer adalah Rp. 1000 dan maksimal Rp. 200.000. Pengirim pulsa harus memiliki saldo pulsa minimal Rp. 6.500 atau sisa pulsa sebesar Rp. 5.000 setelah dipotong pulsa yang dikirimkan dan biaya pengiriman. 

Pengirim dapat mentransfer pulsa berulang kali dalam satu hari. Akan tetapi, total pulsa yang ditransfer tidak boleh lebih dari Rp. 10.000.000. Jadi, Sobat Edu dapat dengan leluasa mengirim pulsa ke teman atau kerabat.

2. Biaya

Pengiriman pulsa ke sesama pengguna ini akan dikenai biaya sebesar Rp. 500. Murah sekali bukan? Jadi, Sobat Edu dapat mentransfer pulsa berkali-kali tanpa memikirkan biayanya. 

3. Masa Aktif

Program kirim-kirim pulsa ini dapat menambah masa aktif kartu penerima pulsa sesuai dengan nominal pulsa yang mereka terima. Selain itu, program ini hanya dapat dilakukan jika kartu penerima berada pada masa aktif atau masa tenggang.

Cara Transfer Pulsa dengan UMB

cara transfer pulsa 3 melalui UMB

Salah satu cara kirim pulsa 3 dapat dilakukan melalui USSD Menu browser atau disingkat UMB. Sobat Edu sama sekali tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya karena cara ini mudah dilakukan. Cara itu juga sederhana dan cocok bagi Sobat Edu yang tidak suka menggunakan aplikasi tambahan.

Lalu, bagaimana cara transfer pulsa dengan UMB?

1. Persiapan

Sebelum memulai, Sobat Edu sebaiknya mengingat atau mencatat nomor Tri teman yang akan dikirimi pulsa. Selain itu, Sobat Edu juga perlu mengecek pulsa milik sendiri dan memutuskan berapa besaran pulsa yang akan dikirimkan. Pastikan, Sobat Edu memiliki sisa pulsa Rp. 5000.

2. Kirim Pulsa 

Setelah persiapan dilakukan, Sobat Edu harus:

  • Buka aplikasi Telepon lalu tekan kode *323#.
  • Pilih menu nomor 1. Transfer Pulsa lalu klik Kirim.
  • Ketik nomor Tri calon penerima pulsa dan klik Kirim.
  • Isikan jumlah pulsa yang akan dikirim lalu tekan tombol Kirim.

3. Tunggu Notifikasi

Jika sudah mengikuti semua langkah tersebut, Sobat Edu hanya perlu menunggu notifikasi dari pihak Tri. Notifikasi tersebut akan memberitahu Sobat Edu bahwa transaksi pengiriman pulsa telah berhasil. 

Jika Sobat Edu telah memperoleh notifikasi, Sobat Edu dapat mengecek pulsa untuk mengetahui apakah pulsa benar-benar telah berkurang. Selain itu, Sobat Edu mungkin juga perlu bertanya kepada pihak penerima apakah pulsa telah terkirim.

Cara Transfer Pulsa Lewat SMS

cara transfer pulsa 3 melalui SMS

Metode transfer pulsa 3 lain yang dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan adalah melalui SMS. Untuk melakukannya, Sobat Edu dapat mengikuti caranya di bawah ini.

  1. Ingat-ingat nomor Tri penerima pulsa.
  2. Buat pesan baru pada aplikasi SMS yang ada di smartphone Sobat Edu.
  3. Ketik TRF (spasi) jumlah pulsa (spasi) nomor calon penerima.
  4. Kirim ke 123.
  5. Tunggu konfirmasi keberhasilan transaksi tersebut.

Note: Mulai bulan pertengahan tahun 2020, cara transfer pulsa lewat SMS ini tidak berlaku lagi. 

Baca Juga: 5 Cara Mengecek Nomor Tri (3) Paling Mudah dan Cepat

Cara Transfer Pulsa 3 Lewat Bimatri

Cara kirim pulsa 3 yang pasti berhasil adalah melalui aplikasi Bimatri. Aplikasi ini sangat memudahkan para penggunanya karena dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Jadi, menginstal Bimatri pada smartphone akan memberi banyak manfaat kepada  Sobat Edu.

Pengiriman pulsa melalui Bimatri ini sangat mudah.

1. Persiapan

Jika Sobat Edu telah memiliki aplikasi Bimatri, maka Sobat Edu dapat langsung masuk ke langkah yang ke-2. Namun, jika belum memilikinya, Sobat Edu harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu.

  • Cari aplikasi Bimatri di App Store atau Play Store. Setelah itu, klik tombol instal.
  • Setelah terinstal, Sobat Edu harus mendaftar. Isikan nomor Tri, nama akun Twitter, atau Facebook yang dimiliki. 
  • Ikuti semua langkah yang diminta oleh aplikasi hingga selesai.
  • Setelah selesai, Sobat Edu dapat mengakses aplikasi ini.

2. Buka Aplikasi Bimatri

Untuk mengirim pulsa kepada teman atau saudara lewat aplikasi, Sobat Edu harus:

  • Klik menu “Isi Ulang” pada halaman utama.
  • Isikan nomor kartu Tri calon penerima pulsa pada area yang telah disediakan.
  • Isikan jumlah pulsa pada kolom yang ada.
  • Klik Transfer.
  • Ketuk tombol ‘Ya’ ketika muncul pesan pop-up lalu Ok.
  • Setelah itu, Sobat Edu akan memperoleh SMS yang berisi kode OTP. Masukkan kode OTP apabila kode tersebut tidak terisi secara otomatis.
  • Klik Transfer.

3. Cek Keberhasilan Transaksi

Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan, Sobat Edu hanya tinggal menunggu pesan pemberitahuan yang menyatakan bahwa transfer pulsa telah berhasil. Kemudian, cek apakah pulsa Sobat Edu sudah berkurang dan pulsa yang dikirim telah sampai ke penerima.

Cara Transfer Pulsa ke Rekening

Apakah sobat Edu memiliki banyak saldo pulsa 3 yang tidak terpakai? Selain bisa dikirimkan kepada mereka yang membutuhkan, pulsa ini juga dapat ditukar menjadi uang dan dikirim ke rekening bank Sobat Edu. Sehingga, Sobat Edu dapat membelanjakannya untuk hal lain selain kuota dan paket hiburan.

Mengubah pulsa menjadi uang lalu mengirimnya ke rekening memang terdengar cukup menggiurkan. Namun, Sobat Edu harus memilih situs penukaran pulsa yang benar-benar terpercaya. Selain itu, rate yang ditawarkan juga harus cukup tinggi, misalnya 0,95 (pulsa 100.000 ditukar menjadi 95.000).

Pastikan juga situs tersebut menerima pulsa 3 dan kompatibel dengan rekening bank yang Sobat Edu miliki. Cara transfer pulsa ke rekening ini berbeda-beda tergantung situs yang dipakai, misalnya Via Pulsa, Pulsa Game, XP Indonesia, dan Medjo Pulsa Transfer.

Pada dasarnya, langkah penukaran pulsa tersebut adalah:

  • Buka situs tukar pulsa yang Sobat Edu percaya.
  • Daftar dengan cara mengisi form yang tersedia dan aktifkan akun dengan SMS atau Email.
5 Isi
  • Setelah akun diaktivasi, Sobat Edu harus login ke situs tersebut.
  • Kemudian, klik menu Withdraw, Sulap Pulsa, atau semacamnya.
  • Isi semua data yang diminta, misalnya nominal pulsa yang akan ditukar, provider, serta rekening bank.
  • Kemudian, klik tombol Withdraw jika sobat Edu menggunakan XP Indonesia. Jika menggunakan Pulsa Game, maka Sobat Edu harus menghubungi admin dan menyerahkan kode yang diperoleh dari mengisi form tadi.
  • Tunggu konfirmasi pengiriman dan cek rekening bank Sobat Edu.

Dengan cara transfer pulsa 3 (Tri) ke sesama pengguna dan ke rekening bank milik sendiri, Sobat Edu dapat menjadikan pulsa yang berlebih menjadi lebih berguna dan memberi kebaikan kepada sesama. Sehingga, pulsa tersebut tidak menumpuk di akun Tri Sobat Edu.

error: Content is protected !!