4 Cara Transfer Pulsa Simpati via USSD, SMS, Telepon dan My Telkomsel

Suka kesal sendiri ketika teman kehabisan pulsa di saat-saat genting dan merengek kepada Anda untuk mentranfer dia pulsa? Jangan kesal, karena Telkomsel mempunyai layanan transfer pulsa! Cara transfer pulsa Simpati ke Simpati bisa dilakukan dengan 4 cara.

Anda yang menggunakan kartu Simpati, bisa sekali lho menggunakan layanan transfer pulsa ini untuk membantu teman. Baik teman atau keluarga yang sedang membutuhkan transfer pulsa, 4 cara di bawah ini bisa Anda terapkan dengan mudah kapan saja.

Syarat Menikmati Layanan Transfer Pulsa Simpati

Syarat-Menikmati-Layanan-Transfer-Pulsa-Simpati

Sebelum melakukan layanan transfer pulsa, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda harus memahaminya untuk bisa melakukan transfer pulsa. Jika tidak sesuai dengan  syarat dan ketentuan, maka jangan harap Anda bisa berhasil melakukan layanan ini, ya!

Baca Juga: Cara Bayar Indihome Lewat M-Banking BCA Tanpa Ribet

Penasaran dengan syarat  dan ketentuan yang berlaku untuk bisa transfer pulsa dari pengguna kartu Simpati ke pengguna yang lain? Berikut adalah penjelasannya :

  1. Jumlah minimal pulsa yang tersisa di ponsel  Anda setelah melakukan transfer pulsa adalah Rp 5.000. Jika sisa pulsanya tidak ada 5000 rupiah, maka proses transfer pulsa akan gagal. 
  2. Untuk melakukan layanan transfer pulsa, tulis jumlah pulsa yang ingin dikirim dengan melenyapkan 3 digit angka di belakang jumlah pulsa. Contoh, jika Anda ingi melakukan transfer pulsa Rp 20.000, maka cukup dengan mengetik angka 20 saja. 
  3. Pastikan dengan seksama bahwa nomor Anda sedang aktif ketika hendak mentransfer pulsa. Bukan hanya nomor Anda saja yang perlu dicek masa aktifnya, namun juga nomor penerima. Apabila nomor Anda atau yang ingin dikirim pulsa sedang dalam masa tenggang, maka proses transfer pulsa tidak akan berhasil.
  4. Anda hanya bisa melakukan transfer pulsa ke sesama kartu Simpati dan lainnya maksimal 100 kali dengan batas 1 juta rupiah dalam satu hari. Apabila sudah melebihi batas pengiriman, maka Anda tidak bisa melakukan proses transfer pulsa. 
  5. Meski pulsa bertambah pada nomor Simpati, sayangnya pulsa yang diterima dari layanan transfer pulsa tidak akan menambah masa aktif kartu. 
  6. Terdapat biaya transaksi transfer pulsa sebesar 1.500 rupiah setiap melakukan transaksi. 

Dengan layanan transfer pulsa Telkomsel ini, Anda bisa mengirim sejumlah pulsa kepada siapapun.  Namun, ingat-ingat dengan baik ya syarat  dan ketentuan di atas ketika ingin melakukan transaksi transfer pulsa. 

Coba cek masa aktif kartu Simpati Anda juga si penerima. Jika sama-sama dalam masa tenggang, maka Anda tidak bisa menikmati layanan transfer pulsa ini.

Cara Transfer Pulsa Simpati USSD

Cara pertama yang sering digunakan orang untuk bisa melakukan transfer pulsa adalah dengan menggunakan metode USSD. Bagaimana cara transfer pulsa ke sesama nomor Simpati dengan metode USSD ini?

  1. Cobalah untuk membuka opsi “Panggilan” pada ponsel Anda.
    Kemudian-ketikkan-angka-858-pada-ponsel
  2. Kemudian ketikkan angka *858# pada ponsel.
  3. Baru setelah itu tekan tombol “Call”.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa opsi
    Karena-Anda-ingin-mentransfer-pulsa-maka-langsung-ketikkan-angka-1
  5. Karena Anda ingin mentransfer pulsa, maka langsung ketikkan angka 1, “Transfer Pulsa” dan tekan tombol “Send”.
  6. Setelah itu, operator akan meminta Anda mengetikkan detail nomor tujuan.
    Kemudian ketik berapa jumlah pulsa yang hendak Anda transfer
  7. Layar akan mengkonfirmasi proses transfer Anda untuk mengirim sejumlah pulsa pada nomor tujuan yang ditulis. Jika memang sudah benar, maka tekan “YA” untuk mengkonfirmasi.
  8. Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima sebuah pesan notifikasi berhasil.

Cara Transfer Pulsa Simpati via SMS

Cara-Transfer-Pulsa-Simpati-via-SMS

Cara kedua yang umumnya digunakan adalah dengan SMS. Untuk mengirim SMS transfer pulsa, Anda harus tahu formatnya, ya! Berikut adalah cara mentransfer pulsa kepada pengguna Simpati dengan SMS :

  1. Cobalah untuk membuka menu SMS pada ponsel Anda.
  2. Setelah itu sentuh opsi “Tulis Pesan” untuk mengirim SMS.
  3. Kemudian ketik format ini untuk mengirim pulsa “TPULSA (spasi) jumlah pulsa Simpati”. Ingat, ya dengan  syarat dan ketentuan transfer  pulsa yang ada pada poin kedua di atas  Anda bisa mengirim t transfer pulsa dengan format “TPULSA 50” jika ingin mentransfer Rp 50.000 
  4. Jika sudah mengetikkan format yang sesuai, maka kirim SMS dengan menekan tombol “Send” ke nomor si penerima. 

Cara Transfer Pulsa Simpati Via Telepon

Cara ketiga untuk bisa menikmati layanan transfer pulsa adalah dengan opsi panggilan telepon. Sebenarnya, metode satu ini hampir sama dengan USSD. Namun ada format yang sedikit berbeda. Di bawah ini adalah cara transfer pulsa Simpati ke Simpati dengan opsi menu panggilan :

  1. Cobalah untuk membuka menu panggilan pada ponsel Anda.
    Kemudian-ketik-format-transfer-pulsa-dengan-menekan-angka
  2. Kemudian ketik format transfer pulsa dengan menekan angka“ *858* (spasi) nomor tujuan penerima* (jumlah pulsa)# “.Contoh *858*0822276484*10#
  3. Cek kembali apakah sudah benar nomornya. Jika sudah maka tekan “Call”. 
  4. Operator akan mengkonfirmasi proses transfer yang ingin Anda lakukan dengan menampilkan nominal pulsa yang ingin ditransfer beserta nomor tujuan si penerima. Apabila data sudah sesuai, tekan “Yes” untuk melakukan konfirmasi.
    Tunggu-beberapa-saat-hingga-ponsel-Anda-menerima-notifikasi-bahwa-proses
  5. Tunggu beberapa saat hingga ponsel Anda menerima notifikasi bahwa proses transaksi transfer pulsa Simpati Anda berhasil.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Aplikasi My Telkomsel

Terakhir, ada cara transfer pulsa Simpati ke Simpati dengan aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan untuk menikmati layanan transfer pulsa ini bernama  My Telkomsel. Aplikasi dari Telkomsel ini bukan hanya bisa digunakan untuk mentransfer pulsa saja, lho. 

Anda bisa mengisi paket internet dan pulsa di aplikasi ini. Ada banyak promo dan diskon pulsa dan internet yang ditawarkan oleh Telkomsel. 

Jadi, tidak akan ada ruginya mengunduh aplikasi My Telkomsel. Lalu bagaimana sih cara untuk transfer pulsa ke nomor Simpati melalui aplikasi My Telkomsel ini?

  1. Unduhlah aplikasi My Telkomsel di Play Store bagi pengguna smartphone android dan App Store bagi pengguna iphone.
  2. Jika sudah terunduh, maka segera daftarkan akun My Telkomsel dengan menggunakan kartu Simpati Anda.
  3. Aplikasi akan otomatis mengirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi.
  4. Jika sudah masuk kode OTPnya, segera ketikkan ke aplikasi dan tunggu hingga akun Anda terverifikasi.
  5. Ketika akun Anda sudah diverifikasi, maka cobalah untuk masuk ke aplikasi.
  6. Bukalah menu “Gift” di  beranda utama aplikasi My Telkomsel.
  7. Kemudian masukkan nomor tujuan yang ingin ditransfer pulsa.
    LALU-klik-Transfer-Pulsa-untuk-melanjutkan-proses-transaksi
  8. Lalu klik “Transfer Pulsa” untuk melanjutkan proses transaksi.
  9. Setelah itu pilih metode pembayarannya.
    Aplikasi-akan-mengirim-kode-OTP-untuk-melakukan-verifikasi-proses-transaksi-transfer-pulsa-Simpati-Anda
  10. Aplikasi akan mengirim kode OTP untuk melakukan verifikasi proses transaksi transfer pulsa Simpati Anda.
  11. Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP.
  12.  Tunggu beberapa hingga notifikasi transaksi transfer pulsa muncul di aplikasi.

Cara transfer pulsa Simpati ke Simpati  bukanlah hal yang sulit. Jika gagal menggunakan metode pertama, gunakan saja metode kedua sampai keempat hingga proses transfer pulsa Anda berhasil. Jika masih gagal, maka cek sisa pulsa yang Anda miliki atau masa aktif kartu Simpati Anda.

error: Content is protected !!