8 Cara Cek Nomor Rekening BNI Anti Ribet (Gak Pake Lama)

Apakah Sobat Edu pemilik rekening BNI dan masih suka lupa dengan nomor rekeningnya? Tentu akan sangat merepotkan ketika dihadapkan pada situasi mendadak. Tidak perlu bingung, Sobat Edu perlu mengetahui dan menerapkan cara cek nomor rekening BNI secara cepat.

Melupakan beberapa digit nomor rekening BNI merupakan hal yang lumrah, namun jangan sampai jadi kebiasaan. Beberapa transaksi perbankan yang penting akan membutuhkan nomor rekening sebagai perantaranya.

Cara Cek No Rekening BNI

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sobat Edu pilih ketika menangani kondisi dan situasi lupa dengan deretan angka yang menunjukkan nomor rekening BNI milik sendiri.

1. Cek nomor rekening melalui ATM BNI

Cara ini dapat dilakukan apabila Sobat Edu sedang berada di dekat mesin ATM atau secara kebetulan akan bertransaksi melalui ATM. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ATM dan pilih bahasa yang ingin digunakan.
  • Input 6 digit PIN yang digunakan pada kartu.
Muncul banyak pilihan pada menu awal, tekan Transaksi Lainnya
  • Muncul banyak pilihan pada menu awal, tekan Transaksi Lainnya.
  • Pilih menu Informasi Saldo.
Pilih menu Informasi Saldo
  • Informasi mengenai saldo dan nomor rekening BNI yang bersangkutan akan terlihat.
  • Ketikkan nomor rekening atau foto menggunakan ponsel supaya tersimpan.
  • Tekan tombol Cancel untuk mengeluarkan kartu ATM.

2. Cek nomor rekening via BNI Mobile Banking

Ingin cara yang cepat hanya dengan memanfaatkan ponsel? Sobat Edu bisa menggunakan BNI Mobile Banking untuk melihat kembali nomor rekening milik pribadi.

Buka aplikasi BNI Mobile kemudian masukkan UserID dan MPIN yang sudah diregistrasi
  • Buka aplikasi BNI Mobile kemudian masukkan UserID dan MPIN yang sudah diregistrasi.
  • Plih Informasi Akun atau Account Information.
Plih Informasi Akun atau Account Information
  • Pada layar ponsel akan muncul beberapa informasi lengkap seputar rekening, yaitu nama pemilik hingga nomor rekening yang dicari.
  • Simpan nomor rekening dengan cara screenshot atau copy paste pada aplikasi Notes.
  • Gunakan nomor rekening untuk memenuhi kebutuhan Sobat Edu yang tertunda.

3. Cek nomor rekening dengan Internet Banking BNI

  • Cari aplikasi dan buka tab Browser yang terdapat pada laptop, PC, atau ponsel yang sedang dibawa saat itu.
  • Kunjungi website ibank.bni.co.id untuk mengakses Internet Banking BNI.
Masukkan username dan password yang sudah diaktivasi sekaligus diregistrasi
  • Masukkan username dan password yang sudah diaktivasi sekaligus diregistrasi.
  • Muncul tampilan menu utama, Sobat Edu pilih Informasi Rekening.
Muncul tampilan menu utama, Sobat Edu pilih Informasi Rekening
  • Tertera informasi lengkap yang akan muncul pada layar laptop, PC, atau ponsel yang digunakan.
  • Lakukan screenshot atau screen capture untuk menyimpannya pada perangkat.

4. Lihat kembali nomor rekening pada buku tabungan

Lihat kembali nomor rekening pada buku tabungan

Sobat Edu bisa mengecek kembali nomor rekening melalui buku tabungan yang diberikan setelah melakukan pengajuan pembukaan rekening.

Pada halaman depan buku tabungan BNI, Sobat Edu akan menemukan informasi seputar nama nasabah, alamat, kantor cabang tempat pembukaan rekening, serta nomor rekening berjumlah 10 digit.

Bila perlu, Sobat Edu bisa membawa buku tabungan ini ke mana saja, supaya tidak kebingungan ketika dibutuhkan dalam kondisi yang mepet atau mendadak. Namun, perlu diingat juga jangan sampai buku tabungan ini diletakkan secara sembarangan.

Simpan kembali apabila keperluan Sobat Edu untuk mengecek rekening kembali sudah selesai agar buku tabungan tidak hilang.

Baca Juga: Cara Aktivasi Internet Banking BNI Lewat Website dan CS (Mudah)

5. Cek nomor rekening pada struk bukti transfer

Cek nomor rekening pada struk bukti transfer

Sobat Edu cukup melakukan transaksi transfer seperti biasa kemudian jangan terburu-buru untuk membuang struk bukti transaksi.

Pada struk yang sudah keluar dari mesin biasanya tertera nomor rekening Sobat Edu. Apabila sudah menyadarinya, segera simpan atau foto copy karena cetakan struk transaksi mudah memudar dan hilang.

Foto struk tersebut bila perlu supaya nomor rekening tetap tersimpan di dalam ponsel. Cara ini tentu efektif karena Sobat Edu bisa melakukan transaksi sekaligus mengecek nomor rekening kalau diperlukan.

6. Cek nomor rekening lewat rekening koran

Cek nomor rekening lewat rekening koran

Salah satu kegiatan yang jarang dilakukan oleh sebagian orang adalah mencetak rekening koran. Umumnya, nomor rekening Sobat Edu akan tercantum pada rekening koran.

Nomor rekening BRI biasanya terletak pada bagian kiri atas dari rekening koran. Sobat Edu tidak perlu kebingungan saat rekening koran sudah ada di tangan.

7. Tanyakan nomor rekening melalui Call Center

Tanyakan nomor rekening melalui Call Center

Mengecek nomor rekening dengan bantuan Call Center juga bisa dilakukan. Siapkan ponsel dan pulsa yang mencukupi sebelum Sobat Edu memutuskan untuk menghubungi Call Center BNI yang bertugas selama 24 jam dalam 7 hari.

Sobat Edu bisa mulai menuliskan nomor Call Center BNI yang mampu diakses dari seluruh Indonesia di 1500046 pada aplikasi Telepon di ponsel. Setelah terhubung, Sobat Edu akan berbicara dengan kru yang bertugas.

Apabila kru atau staf mengajukan beberapa pertanyaan, Sobat Edu bisa menjawabnya dengan benar supaya proses pengecekan juga cepat dilakukan.

Bagi Sobat Edu yang melakukan akses Call Center BNI melalui luar negeri, hubungi +62-21-30500046. Tarifnya akan disesuaikan dengan penyedia layanan dari masing-masing negara.

8. Pergi ke Bank BNI terdekat

Pergi ke Bank BNI terdekat

Tidak hanya lupa, ATM BRI maupun buku tabungan bisa jadi hilang atau rusak. Rencananya mau mengecek melalui Mobile Banking atau Internet Banking, namun ponsel ternyata juga tidak bisa digunakan.

Meminta bantuan kepada bank yang bersangkutan adalah upaya terakhir yang bisa dilakukan. Disamping itu, Sobat Edu juga bisa mengurus kartu debit atau buku tabungan yang rusak supaya segera diperbaiki.

Apabila hilang, Sobat Edu bisa mengajukan penggantian kartu atau buku tabungan yang sudah hilang. Pembuatan baru biasanya memerlukan beberapa biaya yang harus dibayar sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang diberikan.

Beberapa Hal yang Harus Diketahui

Beberapa Hal yang Harus Diketahui

Sebelum mengecek kembali nomor rekening pribadi BNI melalui Internet Banking atau Mobile Banking, pastikan telah melakukan aktivasi dan registrasi untuk menggunakan kedua layanan tersebut.

Untuk mengaktifkannya, Sobat Edu bisa meminta bantuan kepada pihak bank supaya layanan tersebut dapat dimanfaatkan dalam seluruh transaksi perbankan.

Jangan lupa untuk menyimpan nomor rekening yang sudah didapatkan melalui cara tersebut. Menyimpannya dalam bentuk foto atau tulisan akan mempermudah Sobat Edu mengingat kembali 10 digit nomor rekening yang sudah diberikan.

Cara Cek Nomor Rekening BNI: Aktif atau Tidak Aktif?

Cara Cek Nomor Rekening BNI Aktif atau Tidak Aktif

Tidak hanya mengecek kembali ketika sedang lupa, Sobat Edu juga bisa cek apakah nomor rekening BNI tersebut masih aktif atau sudah tidak dapat digunakan kembali.

Biasanya, hal ini bisa terjadi karena status rekening yang dorman atau tidak digunakan bertransaksi selama lebih dari 6 bulan.

Apabila Sobat Edu tidak bisa memastikannya, maka coba untuk membuat transaksi. Kalau transaksi tersebut gagal dan tidak dapat dilakukan, berarti rekening sudah tidak dapat digunakan kembali. Namun, tidak perlu khawatir karena rekening tetap bisa diaktifkan kembali.

Datang ke Bank BNI untuk menyampaikan keluhan atas rekening yang dorman atau pasif. Sobat Edu hanya perlu membawa buku tabungan, KTP asli yang masih berlaku, dan kartu debit BNI. Nantinya, akan diminta setoran sebesar Rp100.000,00 dalam rangka mengaktifkan rekening seperti semula.

Mengecek nomor rekening BNI pribadi dapat dilakukan melalui beberapa cara yang responsif, cepat, dan efektif. Nomor rekening yang tidak diketahui karena lupa atau kelengkapan nasabah yang hilang maupun rusak mudah diketahui kembali untuk keperluan transaksi seperti biasanya.

error: Content is protected !!