Cek Progres Pengiriman PMP Dikdasmen 2017 Terbaru

Cek progres pengiriman PMP dikdasmen, masukuniversitas.com. Dikdasmen belum lama ini telah mengeluarkan sebuah aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang bertujuan untuk pemantauan dan pemetaan terselenggaranya pendidikan di Indonesia agar sesuai Standart Nasional Pendidikan. Sistem PMP menjadi salah satu sarana dari adanya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) di satuan pendidikan baik tingkat dasar maupun menengah. Bagi sekolah yang telah terdaftar pastinya harus mengisi PMP secara rutin agar Dikdasmen dapat memberikan pantauan secara baik terhadap pelayanan pendidikan yang sesuai kebutuhan lapangan.

Jika diperlukan download aplikasi Dapokdisdasmen PMP << silakan disini artikelnya

Proses Pengiriman PMP Dikdasnes memang tidak rumit prosesnya, tapi anda juga perlu perhatikan progres pengiriman PMP yang sudah diakses sebelumnya. Sering kali terjadi kegagalan dalam proses pengiriman karena beberapa hal baik kesalahan pribadi ataupun sistem yang sedang bermasalah. Untuk mengetahui apakah data PMP telah terkirim dengan sempurna, anda bisa cek progres pengiriman PMP Dikdasmen di laman resmi.

Dan pada kesempatanan kali ini, kami akan share informasi terkait cara cek progres pengiriman PMP Dikdasmen. Langsung saja, berikut lengkap informasinya.

Langkah cek progres pengiriman PMP Dikdasmen

Aplikasi PMP telah dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menyesuaikan kaidah sistem penjaminan mutu pendidikan agar berjalan sesuai standart yang ada supaya bisa berkembang menjadi lebih bermutu dan mandiri. Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan PMP menyediakan kuesioner yang harus diisi oleh masing-masing sekolah. Kuesioner tersebut gunanya untuk memudahkan dalam proses pemetaan yang dilihat dari mutu pendidikan masing-masing sekolah dengan acuan Standart Nasional Pendidikan.

Cara pengisian PMP Dikdasmen

Berikut dibawah ini adalah cara pengisian PMP Dikdasmen, simak selengkapnya langkah-langkahnya.

Atau, cara download prefill Dapodik << disini yang terbaru download aplikasi

• Download aplikasi di komputer / laptop

Langkah pertama sebelum anda mengoperasikan PMP Dikdasmen, pastikan aplikasi PMP sudah didownload dan diinstal di komputer. Aplikasi dikdasmen secara teknis merupakan bagian dari aplikasi Dapodik, sehingga otomatis aplikasi dikdasmen akan mengambil data pokok yang ada di aplikasi Dapodik. Dalam aplikasi Dapodik biasanya terdiri dari berbagai informasi suatu sekolah, seperti profil sekolah, PD, PTK, dan sebagainya.

• Menampilkan aplikasi

Jika aplikasi Dikdasmen siap diakses, maka selanjutnya akan menampilkan kuesioner atau daftar pertanyaan yang didasarkan pada data yang ada di Dapodik.

• Melakukan proses lanjutan

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berada di pusat akan melakukan proses lanjutan untuk penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Selain itu LPMP juga melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan kepada berbagai pihak sekolah yang melaksanakan penjaminan mutu pendidikan lewat aplikasi PMP.

Cek progres pengiriman PMP Dikdasmen

Setelah anda melakukan segala akses di aplikasi Dikdasmen, selanjutnya perlu dilakukan pengecekan. Pengecekan ini sangat penting dilakukan karena untuk langkah awal bila terjadi kendala saat pengiriman. Berikut tahapan pengecekan PMP yang bisa anda lakukan.

• Pertama buka situs resmi kemdikbud di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Upayakan koneksi internet anda dalam keadaan stabil supaya bisa diakses secara lancar.

• Apabila telah membuka laman resmi kemdikbud di atas, selanjutnya akan tampil beberapa menu. Nah, jika anda ingin melakukan pengecekan maka pilih dan klik menu Progres Kirim atau Progres Data.

• Tunggu sampai laman menu Progres Kirim atau Progres Data tampil secara menyeluruh. Kemudian akan terlihat progress kiriman secara nasional atau berdasarkan wilayah sekolah. Anda bisa cek pengiriman PMP sekolah dengan klik pada kolom Nama Provinsi, Nama Kabupaten, dan Nama Sekolah yang tersedia di laman. Dengan menuliskan beberapa kolom di atas, data informasi sekolah yang anda cari akan tampil secara detail.

Langkah bila kendala pengisian PMP Dikdasmen

Ketika anda menemukan kendala atau masalah saat pengisian PMP Dikdasmen, tak perlu panik langsung saja minta bantuan untuk mendapatkan status troubleshooting (penyelesaian masalah). Anda bisa mengikuti cara untuk mengetahui permasalahannya dengan beberapa tahapan seperti di bawah ini.

• Klik FAQ

Langkah pertama ini, anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan mencari solusi lewat Bantuan. Klik saja tombol FAQ atau laman yang akan menampilkan pertanyaan yang sering dilakukan di website PMP Dikdasmen.

• Klik menu Feedback

Seterusnya langkah yang kedua ini, anda bisa menyelesaikan masalah dengan memakai bantuan menu Feedback yang ada di website. Buka saja laman http://[email protected]

• Utarakan permasalahan

Langkah ketiga adalah anda bisa menyelesaikan masalah dengan mengajukan pertanyaan seputar masalah yang anda hadapi melalui emal dan kirim ke [email protected]

• Datang langsung

Langkah terakhir, selain melalui online anda juga bisa menyelesaiakan permasalahan dengan mendatangi langsung ke kantor pusat. Anda bisa bertanya langung di kantor pusat pada bagian Helpdesk Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen yang beralamat di Kantor Sekretarian PMP Gedung E lantai 14 Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

Selain permasalahan pribadi dalam penginputan data, bisa juga anda akan mengalami permasalahan akibat situs sedang masa maintenance. Untuk itu harap konfirmasi kepada kantor pusat melalui beberapa cara di atas untuk mengetahui informasi yang lebih akurat. Diharapkan semua pihak dapat saling bekerjasama agar proses PMP Dikdasmen dapat berjalan sesuai tujuan.

Dikeluarkannya aplikasi PMP Dikdasnes yang diprogramkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Kemendikbud pusat pastinya mempunyai tujuan yang bisa menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik. Namun seperti halnya aplikasi lain yang baru saja berjalan, perlu adanya pengawasan agar tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan, salah satunya dengan proses cek progres pengiriman PMP Dikdasmen. Cek progres pengiriman PMP Dikdasmen termasuk bagian penting saat menjalankan aplikasi ini untuk mengetahui proses pengiriman yang baru saja diproses. Ini bisa dibilang menjadi langkah ketelitian data yang sangat berperan penting dalam pendidikan nasional Indonesia agar tetap terjaga mutu dan kualitasnya.

Sumber:
http://www.infoptk.com/2016/10/link-cek-progres-pmp.html
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/aplikasi-penjaminan-mutu-pendidikan-pmp
http://inspirasititi.blogspot.com/2016/10/cek-progres-pengiriman-data-pmp.html

Add a Comment