Contoh Pendidikan: Artikel, Cerpen, Pidato & Pantun

Dalam pendidikan Bahasa Indonesia, pasti masing-masing sekolah akan menerapkan contoh pendidikan syair untuk siswanya. Sehingga dalam menguasai kosa kata bahasa Indonesia pun menjadi lebih mudah.

Pembelajaran dapat dilakukan dengan pemberian materi terkait pengertian, langkah pembuatan, dan contoh. Setelah itu siswa dapat membaca karya mereka dan mendapatkan penilaian.

Perlu adanya latihan secara terus-menerus untuk dapat menghasilkan karya yang indah. Untuk itu, disini kami menjelaskan tentang hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dan contoh artikel, puisi, cerpen, pidato singkat, pantun dan syair.

Untuk melengkapi bagaimana langkah pembuatan contoh dari pendidikan, berikut dibawah ini gambarannya tulisannya.

Langkah pembuatan contoh pendidikan

langkah pembuatan contoh dari pendidikan

Berikut penjelasan tentang pengertian dan contoh artikel, puisi, cerpen, pidato singkat, pantun, & syair:

Baca disini: Pengertian pendidikan menurut para ahli

1. Contoh pendidikan artikel

Artikel merupakan suatu tulisan yang membahas tentang gagasan atau topik tertentu, terkait sebuah fakta yang diungkapkan. Contoh pendidikan ini akan dibutuhkan ketika seseorang sudah memasuki dunia kerja dan berkaitan dengan acara berita. Tanpa adanya artikel maka kumpulan berita yang terdapat di koran dan media internet tidak akan ada. Pada akhirnya masyarakat Indonesia pun akan kekurangan bahan bacaan. Padahal salah satu kegiatan favorit dari masyarakat Indonesia adalah surving internet untuk membaca beragam artikel menarik.

Baca juga artikel ini >> Pengertian psikologi pendidikan

Berikut langkah dalam pembuatan artikel, yaitu:

  • Menentukan tema yang spesik dan menarik
  • Menetapkan tujuan penulisan secara tersurat
  • Merumuskan ide pokok dan masalah terkait
  • Mengembangkan tema yang ada dan menyesuaikannya berdasarkan jenis artikel
  • Membuat kesimpualan dari keseluruhan pembahasana dalam artikel

2. Contoh pendidikan puisi

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang ditulis berdasarkan ungkapan hati dan mengandung irama, ritma dan rima. Dalam pembuatan puisi ada langkah-langkah tertentu, yaitu:

Baca juga, artikel ini >> pengertian pendidikan kewarganegaraan

• Menentukan tema serta judul

Bagi yang dibebaskan untuk memilih tema, maka ini akan lebih mudah untuk dilakukan. Pasalnya Anda dapat berimajinasi sesuai dengan keinginan diri sendiri. Namun pastikan tema yang telah dipilih itu memang menarik dan Anda memiliki imajinasi luas terkait tema tersebut. Jika sudah menentukan sebuah tema, maka tentukan judulnya. Judul pun tak boleh dibuat secara asal. Pasalnya dengan judul lah Anda dapat menarik seseorang untuk membaca dan mendengarkan puisi tersebut.

• Menemukan kata kunci

Jika Anda sudah mendapatkan tema yang sesuai maka sekarang Anda perlu menemukan kata kunci paling tepat. Dari kata kunci inilah nantinya Anda harus mengembangkan kalimat yang tepat. Sebagai contoh Anda telah menemukan tema berupa penghianatan, maka kata kunci yang dapat Anda piliih adalah luka yang abadi. Jika Anda telah menemukan tema serta kata kuncinya, maka segeralah kembangkan dengan sebaik mungkin. Dalam mengembangkan kata kunci hendaknya berhati-hati, jangan sampai ada kalimat kurang pas didengar dan melenceng dari kata kuncinya.

• Memanfaatkan gaya bahasa

Langkah berikutnya dalam pembuatan puisi yaitu, memanfaatkan gaya bahasa. Dalam berpuisi hendaknya jangan terlalu kaku. Pasalnya kebanyakan orang sekarang lebih suka mendengarkan dan membaca kalimat yang mudah dipahami. Untuk itu jangan gunakan bahasa yang begitu kaku karena pada akhirnya kurang diminati orang. Paling tidak, Anda kombinasikan saja antara bahasa formal dengan bahasa santai. Kemudian jangan lupakan juga untuk menggunakan majas di dalamnya, karena tanpa adanya majas, kalimat yang telah Anda susun tidak dapat dikatakan sebagai puisi. Ada beberapa pilihan majas yang dapat digunakan, seperti majas metafora, majas perbandingan dan sebagainya.

• Kembangkanlah puisi dengan seindah mungkin

Langkah selanjutnya, Anda harus mengembangkan ketiga langkah di atas hingga membentuk sebuah puisi yang indah. Kemudian Anda harus menyusun kata demi kata, larik demi larik dan bait demi bait. Kembangkan puisinya secara utuh dan bermakna. Kemudian Anda harus ingat bahwa puisi yang dibuat nantinya harus padat namun indah. Sehingga pemilihan kata harus dipikirkan dengan sebaik mungkin agar unsure keindahan dapat terkandung di dalamnya.

3. Contoh pendidikan cerpen

Cerita pendek atau cerpen merupakan suatu prosa naratif fiksi atau fiktif yang dibuat singkat langsung pada inti cerita dengan tambahan pengantar dan penutup yang tidak banyak. Banyak sekolah yang menerapkan contoh pendidikan ini untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berekspresi. Untuk menciptakan cerpen terbaik, maka ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Berikut untuk detail langkahnya :

• Menentukan tema cerpen

Untuk menentukan tema cerpennya, hendaknya Anda menyuguhkan hal yang paling disenangi banyak masyarakat.Jika tema telah dipikirkan secara matang, maka Anda hanya perlu mengembangkan cerita melalui tema yang telah dipilih.

• Membuat alur cerita

Untuk alur pembuatan cerpen itu terdapat tiga jenis, yakni alur mundur, alur maju dan juga alur maju mundur. Untuk masing-masing alur memiliki perbedaan arti.

• Penokohan

Anda harus mendeskripsikan tokoh yang terdapat dalam ceritanya. Hal ini berlaku untuk menggambarkan fisik dan sifat masing-masing tokoh.

• Memiliki setting waktu serta tempat

Agar proses penggambaran cerita lebih nyata, maka Anda harus memiliki setting waktu dan juga tempat di dalam cerita tersebut.

• Memperindah gaya bahasa

Supaya cerita pendek enak untuk dibaca, maka yang harus dilakukan adalah memperindah gaya bahasa dengan menggunakan majas-majas.

4. Contoh pendidikan pidato singkat

Pidato singkat merupakn suatu susunan kata yang ditujukkan untuk orang banyak terkait tema atau kepentingan tertentu. Pidato ini biasanya digunakan untuk ucapan terimakasih dan sambutan suatu acara atau kegiatan. Langkah pembuatan pidato yaitu:

  • Menentukan tema pidato dengan menguasai acara yang akan dilaksanakan
  • Membuat daftar tamu undangan yang hadir
  • Menentukan kerangka pidato (pembuka, Isi, dan Penutup)

5. Contoh pendidikan pantun

Pantun merupakan jenis puisi lama yang terdiri dari sampiran dan isi dalam empat baris. Jenis pantun juga beragam yaitu jenaka, pendidikan, anak, agama, teka-teki, dan percintaan. Ciri-ciri pantun yaitu memiliki empat baris dalam tiap bait, memiliki 8-12 suku kata, berirama a-b-a-b, dan memiliki sampiran dan isi. Berikut langkah pembuatan pantun:

  • Menentukan tema pantun
  • Membuat dua baris isi
  • Membuat dua baris sampiran

6. Contoh pendidikan syair

Syair merupakan jenis puisi yang dibuat dengan pilihan diksi tententu dan bahasa kiasan dengan majas metafora. Berbeda dengan pantun, syair berirama sama yaitu a-a-a-a. Tidak ada sampiran karena semua syair merupakan sebuah isi. Lnagkah pembuatan syair yaitu:

  • Menentukan tema syair yang akan dibuat
  • Menentukan kepada siapa syair itu dibuat dan amanat yang terkandung
  • Menentukan sajak dan menuliskan kata kunci
  • Mengembangkan ide
  • Menggunakan gaya bahasa yang tepat

Itulah langkah yang harus dipelajari dalam proses pembuatan contoh pendidikan: artikel, puisi, cerpen, pidato singkat, pantun, & syair. Dengan memahami langkah yang kami berikan tadi, maka hasil artikel, puisi, cerpen, pidato singkat, pantun, & syair akan sangat memukau.