Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Anda mencari contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah ada di masukuniversitas.com. Segala contoh tentang surat yang masih berkaitan tentang pendidikan ada di masukuniversitas.com. Jadi, bila mencari salah satu contoh surat misalnya contoh surat pembaca, tentu jangan kuatir lagi, karena dibawah sudah kami berikan.

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Happy membaca.

Surat kabar biasanya memuat tanggapan, keluhan, kritik, bahkan saran dari pembacanya yang kemudian dipublikasikan pada rubrik tertentu di halaman surat kabar. Tak hanya surat kabar, beberapa majalah, dan tabloid pun memberlakukan adanya surat pembaca pada rubrik tertentu. Adanya surat pembaca merupakan bukti transparansi media, dan demokrasi pada suatu negara.

Melalui surat pembaca, aspirasi, hingga keluhan masyarakat dapat disampaikan bahkan dipublikasikan sehingga semua orang akan mengetahuinya. Pihak yang menjadi tujuan surat pembaca diharapkan dapat menanggapi dan memberikan jawaban atas keluhan atau pertanyaan dari pembaca.

Sebagai referensi sebelum menulis surat pembaca, anda dapat melihat contoh surat pembaca yang telah dipublikasikan. Contoh surat pembaca bisa anda dapatkan dengan melihat langsung bagaimana para pembaca menulis surat pembaca yang telah diterbitkan pada surat kabar, maupun majalah. Contoh surat pembaca juga dapat anda temukan dengan mudah di internet. Sebelum menulis surat pembaca, ada baiknya anda mengetahui tentang apa itu surat pembaca, tujuan, dan cara menulis sebuah surat pembaca.

Sebelum kita melangkah untuk membaca dan mengetahui bagaimana contoh surat pembaca, mari kita ketahui dahulu berikut ini. Kita harus dahulu ini ya, mulai dari pengertian, karakteristik, fungsi dan manfaat, format penulisan, dan mengapa harus membuat surat pembaca.

Nah selengkapnya, bisa kita temukan satu per satu jawabannya.

Pengertian surat pembaca

Surat pembaca merupakan sebuah tulisan singkat dari pembaca media massa seperti surat kabar, majalah, atau tabloid yang berisi tentang tanggapan, keluhan, saran, kritik, ucapan terima kasih, himbauan, dan ajakan yang ditujukan kepada sebuah lembaga, instansi, kelompok, perorangan, bahkan jajaran pemerintah. Surat pembaca bersifat terbuka yang berarti isinya dapat dibaca oleh semua orang karena isinya dipublikasikan pada media massa.

Karakteristik surat pembaca

Surat pembaca mempunyai beberapa karakteristik yang menjadikannya berbeda dengan jenis surat lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik surat pembaca:

1. Berisi pesan

Surat pembaca secara umum berisi tentang pesan yang disampaikan masyarakat kepada sebuah instansi, kelompok, atau perorangan. Pesan yang disampaikan sangat beragam, kebanyakan berupa keluhan, ucapan terima kasih, tanggapan, hingga undangan. Terkadang, tanggapan mengenai surat pembaca sebelumnya juga dimuat pada bagian surat pembaca pada sebuah media massa.

2. Bersifat umum

Surat pembaca isinya bersifat umum karena surat ini akan dipublikasikan di media massa. Selain itu, alasan isi surat pembaca bersifat umum adalah karena konten yang disampaikan berhubungan dengan kepentingan orang banyak.

3. Isinya singkat, padat, dan jelas

Surat pembaca tidak akan efektif jika dibuat berbelit-belit. Surat pembaca isinya harus singkat, padat, dan jelas. Untuk mencapai isi yang singkat, padat , dan jelas, anda hendaknya langsung mengarah pada inti pembahasan yang akan anda sampaikan.

4. Gaya Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam surat pembaca lazimnya bahasa baku, sopan, dan komunikatif. Bahasa yang komunikatif dimaksudkan agar bahasa lebih mudah dipahami, meski begitu, penulisannya harus menggunakan bahasa yang baku dan sopan karena akan dibaca oleh semua orang dan pemegang kepentingan dalam instansi yang dituju.

Fungsi dan manfaat surat pembaca

Surat pembaca juga tentunya memiliki fungsi dan manfaatnya. Nah, mengetahuinya berikut dibawah jawaban beserta penjelasannya singkatnya.

1. Membantu pengirim surat pembaca mendapat jawaban

Surat pembaca dibuat sebagian orang karena ingin mendapatkan jawaban atau tanggapan dari pihak yang dituju. Oleh karena itu, surat pembaca menjembatani antara pihak yang mengirim dan pihak yang dituju untuk menanggapi suatu permasalahan yang diutarakan pengirim.

2. Menjadi sumber informasi untuk orang lain

Surat pembaca bersifat publik, karena tulisan yang dikirim pihak pengirim dipublikasikan pada surat kabar, majalah atau tabloid. Pembaca surat kabar tentunya sangat banyak, sehingga permasalahan yang dialami dapat diketahui orang lain. Hal itu akan menjadikan surat pembaca tersebut informasi berharga yang bisa dijadikan pertimbangan.

Mengapa harus menulis surat pembaca

Jika Anda salah satu yang mempertanyakan kenapa sih dalam menulis surat pembaca harus ada dibuat? Agar Anda menemukan jawabannya, berikut dibawah jawabannya.

1. Media melakukan perubahan dan pemecahan masalah

Surat pembaca kebanyakan berisikan motif keluhan, tanggapan, serta kritik. Dengan menulis surat pembaca, pengirim berharap keluhan, tanggapan, serta kritik yang mereka layangkan pada pihak yang dituju segera ditindaklanjuti.

2. Membuat hati lega

Menulis surat pembaca sama dengan anda telah mencurahkan isi hati anda yang berupa kekecewaan, ketidaksenangan, kegembiraan, dan lain semacamnya.

3. Mengembangkan kemampuan menulis

Kemampuan menulis akan berkembang jika anda melatihnya secara terus menerus. Dengan menulis surat pembaca, anda berarti telah melatih dan mengembangkan kemampuan menuangkan gagasan anda dalam bentuk tulisan. Selain itu, anda juga dapat belajar bagaimana menulis sesuai dengan EYD ketika tulisan anda diterbitkan di media massa. Tulisan yang telah diterbitkan biasanya telah disunting oleh pihak media agar menjadi tulisan dengan bahasa yang baku dan penulisan yang sesuai dengan EYD.

Format penulisan surat pembaca

Dalam setiap pembuatan surat tentu ada hal hal yang harus diperhatikan. Format penulisan surat pembaca ada langkah-langkahnya. Apa saja dan bagaimana penjelasannya? Berikut dibawah ini jawabannya.

Pertama, judul.

Judul memberikan gambaran umum yang menunjukkan keluhan atau pujian terhadap pihak yang dituju.

Kedua, tulis identitas pengirim.

Pengirim surat memberikan identitas yang diperlukan seperti nama, alamat, usia, nomor yang dapat dihubungi, dan pekerjaannya. Anda tidak perlu ragu dalam menuliskan identitas karena sebagian besar media massa akan merahasiakan identitas pengirim pada rubrik surat pembaca.
Ketiga, Isi surat. Isi surat pembaca berisi inti surat yang membahas mengenai maksud pihak pengirim dalam rangka pengiriman surat tersebut. Bagian ini juga boleh menyertakan harapan pengirim surat terhadap permasalahan yang diadukannya lewat surat pembaca.

1. Contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah

Agar anda lebih memahami mengenai surat pembaca, maka anda dapat memperhatikan contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah di bawah ini.

“Sampah berserak karena kurangnya tempat sampah”

Saya Robby (14), ingin menyampaikan uneg-uneg saya mengenai lingkungan sekolah yang terkesan kumuh karena lambannya pengolahan dan kurangnya tempat sampah di lingkungan sekolah. Penumpukan tempat sampah di sudut lapangan basket menimbulkan aroma tak sedap. Terkait itu, maka saya mohon bapak kepala sekolah menyediakan lebih banyak tempat sampah agar warga sekolah tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, saya harap bapak sekolah mengusahakan pengolahan sampah dengan cepat sehingga tercipta lingkungan sekolah yang indah dan tidak terkesan kumuh. Mohon segera ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih. _____ 084877xxxx

Baca juga, artikel penting lainnya:

  1. Contoh surat tidak masuk sekolah
  2. Contoh teks tantangan
  3. Contoh surat somasi
  4. Contoh teks diskusi
  5. Contoh surat sakit sekolah

2. Contoh surat pembaca tentang Reunian

contoh surat pembaca tentang reuni

Surat Pembaca: Reuni Alumni Padmanaba SMA Negeri 3 Yogayakarta

3. Contoh surat pembaca tentang kesehatan

contoh surat pembaca tentang kesehatan

Surat pembaca: Pengalaman kesehatan (Rematik Saya Sembuh)

Nah, itulah di atas, salah satu contoh surat pembaca tentang lingkungan hidup. Semoga bermanfaat.

Sumber:
gurupendidikan.com/pengertian-ciri-dan-cara-menulis-surat-pembaca-beserta-contohnya-lengkap/
kelasindonesia.com/2015/05/pengertian-ciri-dan-cara-menulis-surat-pembaca.html
belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=11&idmateri=514&mnu=Materi2&kl=8
contohsuratdinas.com/2015/07/contoh-surat-pembaca-terbaru-lengkap.html

Add a Comment