Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Anda berencana untuk mengundurkan diri dari jabatan sekarang? Namun masih bingung bagaimana cara membuat surat pengunduran diri dengan baik? Untuk menjawab kebingungannya, mari kita simak bagaimana contoh surat pengunduran diri dari jabatan berikut diartikel ini.

Jika anda memiliki jabatan dalam suatu perusahaan, tentunya anda akan dituntut dengan berbagai tugas dan tanggung jawab. Bahkan jika anda memiliki kinerja yang bagus, tentunya anda banyak mendapatkan kepercayaan dari perusahaan. Namun, bisa jadi ada hal yang tidak diharapkan baik di lingkungan kerja maupun tidak.

Terkadang, ada beberapa hal yang membuat tidak nyaman dalam dunia kerja yang membuat anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Selain ketidaknyamanannya, pengunduran diri juga disebab oleh masalah personal atau keluarga yang mengharuskan anda keluar dari jabatan sebelumnya. Hal ini bukanlah hal yang buruk, karena keputusan tersebut pasti sudah dipikirkan dengan baik dan matang.

Baca artikel ini lebih lengkap >> Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jika anda bermaksud mengundurkan diri, maka cara yang tepat yaitu dengan membuat surat pengunduran diri. Hal ini penting, supaya maksud dan tujuan anda dapat tersampaikan dengan baik, sehingga. Untuk membantu Anda, kali ini akan diulas contoh surat pengunduran diri dari jabatan.

Dengan contoh dibawah ini, akan memberikan anda gambaran bagaimana membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Artikel sebelumnya sudah kumpulan >> Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

contoh surat resign dari jabatan

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang menyatakan bahwa Anda bermaksud untuk berhenti bekerja dan keluar dari jabatan di instansi. Surat ini tidak hanya sekedar formalitas saja, tetapi juga mencerminkan anda sebagai pegawai yang baik dan sopan. Oleh sebab itu, anda membutuhkan surat pengunduran diri yang baik dan benar, supaya maksud dan tujuan anda juga tersampaikan tanpa ada kesalah pahaman.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang sesuai untuk Anda.

1. Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Struktural

contoh surat resign dari jabatan struktural

Jika anda memiliki jabatan struktural atau jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi suatu instansi atau perusahaan, maka anda membutuhkan surat yang singkat, resmi dan sopan. Contoh jabatan struktural yaitu bendahara, sekertaris, kepala bidang, kepala seksi dan sebagainya. Contoh surat pengunduran diri dari jabatan di bawah ini akan sesuai untuk Anda.

Tegal, 14 Agustus 2019

Kepada
Yth. Kepala Sekolah
SD Pertiwi
Di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Budiyanto
Tempat, tanggal lahir : Tegal, 10 September 1970
Jabatan : Sekertaris

Dengan surat ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Sekertaris, terhitung sejak tanggal 20 Agustus 2018. Hal ini saya ajukan karena saya dipindahkan tugas di SD Nusa Bangsa.

Demikian. Saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan.

Yang Menyatakan

Budiyanto

2. Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Fungsional

contoh surat resign dari jabatan fungsional

Jika Anda secara fungsional seperti teknisi, peneliti, apoteker, atau perawat, maka anda membutuhkan surat pengunduran diri yang sopan dan baik.

Berikut contoh surat pengunduran diri yang sesuai untuk jabatan fungsional.

Tangerang, 10 Agustus 2019

Kepada
Yth. Kepala HRD
PT. Nusa Farm
Di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Azizah
Tempat, tanggal lahir : Bogor, 1 Juli1998
Jabatan : Analis

Dengan surat ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Analis, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2018. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan. Tidak lupa saya juga memohon maaf jika banyak hal yang kurang berkenan.

Demikian surat ini saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Azizah

3. Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Organisasi

Contoh surat pengunduran diri sederhana berikutnya cukup simpel namun cukup lengkap. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan. Jika anda tergabung dalam suatu organisasi dan ingin mengajukan pengunduran diri, maka anda membutuhkan surat yang baik dan sopan. Berikut contoh surat pengunduran diri dari jabatan organisasi.

Yth. Ketua OSIS SMA Bangsa
di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Nur Alya bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri dari OSIS SMA Bangsa sebagai Staff Bendara mulai tanggal 7 Februari 2019. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan. Selain itu, saya juga memohon maaf jika ada kekeliruan selama bekerja.

Demikian surat ini saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Depok, 28 Januari 2019

Hormat saya,

Nur Alya

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan contoh di atas dapat mempermudah Anda dalam mengurus proses pengunduran diri. Buatlah surat dengan baik, benar, dan sopan. Jika perlu sampaikan tujuan dan alasan anda secara jelas.