3 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Anda berencana untuk resign dari organisasi yang anda tekuni sekarang? Namun anda masih bingung bagaimana cara menyampaikan dengan baik? Coba simak contoh surat pengunduran diri dari organisasi berikut ini.

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya Anda terkait dengan suatu organisasi yang ada di lingkungan anda. Baik organisasi di sekolah, masyarakat, bahkan kegiatan kepanitian. Dalam organisasi, pastinya anda dipercayai untuk berperan di dalamnya bahkan ditunjuk untuk mempertanggung jawabkan sebagai kepala divisi atau bidang. Namun adakalanya anda merasa tidak nyaman atau memiliki alasan lain yang membuat anda tidak ingin berperan lagi dalam organisasi.

Jika ada keterbatasan, tentunya peran anda dalam organisasi tidak optimal dan mendorong Anda untuk mengundurkan diri dari organisasi. Namun, terkadang sering bingung bagaimana cara menyampaikan cara pengunduran diri yang baik dan benar. Jika pengunduran diri tidak disampaikan dengan baik, tentu akan mempersulit anda.

Baca lebih lengkap >> contoh surat pengunduran diri

Agar proses pengunduran berlangsung dengan baik tanpa merusak kekeluargaan yang telah terjalin antara anda dengan organisasi, sebaiknya buatlah surat pengunduran diri dengan alasan yang jelas dan logis.

Nah, kali ini ulasan contoh surat pengunduran diri dari organisasi untuk Anda buat dengan baik. Dengan mengikuti contoh dibawah ini, maka Anda takkan kebingungan lagi dalam menyusun surat pengunduran diri sederhana.

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi

surat resign dari organisasi

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang menyatakan bahwa Anda bermaksud untuk berhenti bekerja atau ikut berperan langsung dalam suatu organisasi. Agar maksud Anda tersampaikan dengan baik dan dimudahkan, tentunya surat harus dibuat dengan benar dan beretika.

Berikut adalah contoh-contohnya.

1. Surat pengunduran diri dari organisasi sekolah

surat resign dari organisasi sekolah

Jika anda ingin mengundurkan diri dari organisasi sekolah, maka sebaiknya Anda membuat surat dengan alasan yang jelas dan sopan. Contoh surat pengunduran diri dari organisasi di bawah ini bisa diterapkan untuk Anda.

Jakarta, 5 Juli 2019

Kepada
Yth. Ketua PMR dan Pembina PMR
SMA N 1 Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Sekar Ayu
Tempat, tanggal lahir : Depok, 20 Agustus 2003
Jabatan : Bendahara

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Bendahara, terhitung sejak tanggal 29 Agustus 2019. Surat ini saya ajukan karena saya merasa keberatan dengan jabatan tersebut dan ingin fokus belajar persiapan UAN.

Demikan, mohon untuk dimaklumi.

Mengetahui,
Wali Murid

Bambang Sugiyono

2. Surat pengunduran diri dari organisasi masyarakat

surat resign dari organisasi masyarakat

Jika Anda ingin membuat surat pengunduran diri dari organisasi masyarakat, maka cobalah membuat surat sesuai dengan contoh surat pengunduran diri dari organisasi di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Semarang, 02 Januari 2018

Kepada Yth,
Kepala Karang Taruna
Banyumanik, Semarang

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Budiman
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 20 Mei 1990
Jabatan : Kepala Bidang Organisasi

Bersama surat ini, Saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sejak tanggal 7 Januaru 2018. Hal tersebut dikarenakan saya mendapatkan tanggung jawab besar di tempat lain. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh jajaran jika ada hal-hal yang kurang berkenan.

Hormat saya,

Budiman

3. Surat pengunduran diri kepanitian

Suatu Kepanitian kegiatan juga termasuk organisasi. Berikut contoh surat pengunduran diri dari organisasi suatu kepanitian yang biasa anda terapkan.

Semarang, 1 Agustus 2019

Yth. Kepala Panitia Kegiatan Perayaan 17 Agustus
di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Fajar Hendrawan bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri dari kepanitian kemerdekaan 17 Agustus sebagai sekertaris. Hal ini disebabkan saya melakukan dinas pekerjaan ke luar kota. Saya memohon maaf karena belum bisa berpartisipasi kegiatan kemerdekaan di Semarang. Saya berharap bisa berpartisipasi di lain kesempatan.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fajar Hendrawan

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang bisa Anda terapkan, sesuai dengan jenis organisasi anda.

Buatlah dengan maksimal dan sampaikanlah tujuan serta alasan Anda dengan jelas. Sertakan ucapan terima kasih dan permohonan maaf anda kepada pihak organisasi. Semoga dengan contoh surat di atas, dapat mempermudah anda dalam proses pengunduran diri serta kekeluargaan antara anda dengan organisasi tetap terjalin dengan baik.