3 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Anda berencana untuk resign dari perusahaan, namun bingung bagaimana cara menyampaikan dengan baik, sopan, dan beretika? Simak bagaimana contoh surat pengunduran diri dari perusahaan berikut ini.

Jika Anda bekerja untuk suatu perusahaan, maka tentunya akan dituntut untuk bekerja secara profesional, beretika, dan bertanggung jawab. Dan harapannya, anda dapat bergabung dengan perusahaan untuk jangka waktu yang lama. Namun terkadang, ada banyak hal yang membuat anda tidak dapat lagi melanjutkan pekerjaan anda di perusahaan tersebut.

Terdapat banyak faktor yang bisa mengganggu anda bekerja dan mendorong memilih untuk mengundurkan diri. Faktor tersebut berupa faktor internal, yang berasal dari masalah pribadi maupun keluarga. Faktor yang ke dua yaitu faktor eksternal, yang berasal dari lingkungan perusahaan yang membuat anda tidak nyaman untuk bekerja dengan maksimal.

Apapun alasannya, sebaiknya anda telah memikirkan dengan matang keputusan anda untuk mengundurkan diri. Selain itu, pengunduran diri sebaiknya disampaikan dengan cara yang baik, sopan, dan beretika. Hal tersebut akan menjadi indikator bahwa anda termasuk pekerja yang memiliki etika.

Supaya proses pengunduran berlangsung dengan baik, anda membutuhkan pengetahuan cara membuat surat pengunduran diri. Berikut ini contoh surat pengunduran diri sederhana dari perusahaan.

Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan

contoh surat resign dari perusahaan

Surat pengunduran diri merupakan jenis surat yang sangat dibutuhkan ketika Anda memutuskan untuk berhenti bekerja. Surat ini akan dibaca oleh pihak atasan yang berwenang dan akan menentukan apakah Anda diperkenankan untuk berhenti atau tidak. Agar maksud Anda tersampaikan dengan baik dan harapannya dikabulkan, tentunya surat harus dibuat dengan baik. Simak contoh surat pengunduran diri dari perusahaan berikut ini.

1. Surat pengunduran diri karena faktor internal

surat resign dari perusahaan faktor internal

Jika anda mengundurkan dari karena faktor internal, maka harus disampaikan dengan alasan yang jelas dan logis supaya atasan dapat memahaminya. Misalnya yaitu sakit, atau kepentingan keluarga. Contoh surat pengunduran diri karena sakit di bawah ini bisa diterapkan untuk Anda.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Sugiyono
Tempat, tanggal lahir : Cilacap, 10 Agustus 1970
Jabatan : Staff Administrasi

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Staff Administrasi, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2019. Surat ini saya ajukan karena kondisi kesehatan yang kurang baik, sehingga harus mendapatkan perawatan dan istirahat yang cukup.

Demikian, mohon untuk dimaklumi dan saya ucapkan terima kasih.

Cimahi, 30 Agustus 2019
Yang Menyatakan

Sugiyono

2. Surat pengunduran karena faktor eksternal

surat resign dari perusahaan faktor external

Jika Anda merasa lingkungan kerja sudah tidak nyaman, gaji yang tidak sesuai, atau tanggung jawab yang dipikul terlalu berat, maka sampaikan dengan cara yang singkat, jelas, dan dapat dipertanggung jawabkan. Karena, alasan internal biasanya mudah menyinggung pihak perusahaan. Untuk itu, berikut contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 28 Agustus 2019

Kepada Yth,
Kepala PT. Sempurna Indonesia
Jl. Antamani No. 16, Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Budi Santoso
Tempat, tanggal lahir : Cilacap, 10 Agustus 1970
Jabatan : Kepala Gudang

Bersama surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Kepala Gudang sejak tanggal 30 Juni 2019. Surat ini saya sampaikan karena saya sudah tidak sanggup lagi untuk memikul tanggung jawab tersebut.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf karena belum mampu bekerja secara maksimal.

Hormat saya,

Budi Santoso

3. Surat pengunduran diri karena faktor lain

Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan berikutnya yaitu karena faktor lain yang mungkin anda alami. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan.

Yogyakarta, 30 Agustus 2019

Kepada Yth,
Kepala PT. IndoJaya
Jl. Ringroad No. 17, Yogyakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Cahyaningrum
Tempat, tanggal lahir : Cilacap, 01 Maret 1988
Jabatan : Administrasi

Bersama surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Staff Administrasi sejak tanggal 1 Mei 2019. Surat ini saya sampaikan karena saya memgbangkan diri dalam usaha bisnis yang sebelumnya pernah saya mulai. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf dan mohon untuk dimaklumi.

Hormat saya,

Cahyaningrum

Dapatkan contoh-contoh lengkap >> contoh surat resign/pengunduran diri << disini ada 15 contoh lebih

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang bisa Anda terapkan. Buatlah dengan alasan sang jelas, logis, dan dapat dipertanggung jawabkan. Jangan lupa pula untuk ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan.