Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Anda memiliki masalah, bosan atau ingin berkembang mendapatkan ilmu pengetahuan baru, sehingga membuat anda harus mengundurkan diri? Ok baik, jika hal itu ada pada diri Anda maka harus diingat bahwa menyampaikannya juga harus dengan cara yang resmi dan sopan. Nah untuk itu, simak bagaimana contoh surat pengunduran diri dari sekolah berikut.

Memutuskan untuk tidak lanjut dengan pekerjaan anda dan keluar atau mengundurkan diri merupakan bukan suatu hal yang mudah. Anda perlu memikirkannya berulang kali. Terlebih jika pekerjaan itu sudah nyaman untuk anda. Bahkan anda mungkin sampai meminta saran dan masukan dari orang terdekat.

Banyak faktor yang bisa membuat anda memutuskan untuk mengundurkan diri, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Sebab keluar dari pekerjaan belum tentu karena hal yang tidak baik dari lingkungan kerja. Bisa jadi karena ada faktor lain yang mengharuskan Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan anda. Faktor ini biasanya datang dari masalah pribadi atau keluarga yang tidak bisa di nomor duakan.

Jika Demikian, yang perlu anda lakukan adalah menyampaikan maksud pengunduran diri secara resmi dengan cara yang baik dan sopan. Agar proses pengunduran berlangsung dengan lancar, perhatikan pula beberapa contoh surat resign dari sekolah pada tulisan ini. Dengan mengikuti contoh dibawah ini, maka Anda takkan kebingungan lagi dalam menyusun surat pengunduran diri sederhana. Simak ulasan selengkapnya.

Artikel lainnya >> Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri << silakan baca disini 15 lebih contoh lengkap

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah

contoh surat resign dari sekolah

Pengunduran diri atau resign yang baik, selain di sampaikan dengan lisan juga disampaikan dengan surat resmi yang menyatakan bahwa Anda bermaksud untuk berhenti bekerja dari suatu sekolah.

Surat ini akan dibaca oleh pihak berwenang dan akan menentukan apakah diperkenankan untuk berhenti atau tidak. Agar maksud Anda tersampaikan dengan baik, tentunya surat harus dibuat dengan jelas dan resmi. Berikut adalah contoh surat resign dari sekolah.

1. Surat pengunduran diri karena mendapatkan pekerjaan lain

surat resign dapat pekerjaan lain

Terkadang, pekerjaan sekarang bukan pekerjaan yang sesuai dengan passion. Sehingga anda mencoba mencari pekerjaan lain yang sesuai. Jika anda telah mendapatkannya, sebaiknya anda membuat surat dengan alasan yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah di bawah ini bisa diterapkan untuk Anda.

Klaten, 18 Mei 2019

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SD N Pertiwi

Di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Febriyana
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 10 Februari 1996
Jabatan : Guru Kelas 2

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Kelas 2, terhitung sejak tanggal 29 Juli 2019. Surat ini saya ajukan karena saya mendapatkan pekerjaan lain yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan saya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Saya berharap, SD N Pertiwi terus maju dan berkembang.

Demikian, mohon untuk dimaklumi.

Yang Menyatakan

Febriyana

2. Surat pengunduran diri karena berwirausaha

surat resign karena berwirausaha

Jika Anda berhenti dari sekolah karena ingin membuat usaha sendiri, cobalah simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini.

Baca juga artikel lain >> Contoh Surat Resign Format Doc

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Tegal, 4 Februari 2017

Kepada Yth,
Kepala Sekolah SMK Taruna Bangsa

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Saya Agus Rahmat mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Elektro sejak tanggal 7 Juli 2018. Hal tersebut karena saya ingin membuka wirausaha yang telah lama saya impikan. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama 2 tahun ini. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh jajaran jika ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga SMK Taruna Bangsa menjadi sekolah yang terus maju dan berkembang.

Hormat saya,

Agus Rahmat

3. Surat pengunduran diri karena keluarga

surat resign karena keluarga

Jika anda mengundurkan diri karena keluarga, berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa diterapkan.

Cilacap, 10 April 2018

Yth. Kepala Sekolah SMA Bintang Pelajar

Di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Anggaraeni bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri dari Bintang Pelajar sebagai karyawan mulai tanggal 2 Mei 2018. Hal ini disebabkan karena saya harus tinggal bersama keluarga di Samarinda. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, khususnya untuk bekerja di SMA Bintang Pelajar. Selain itu, saya juga memohon maaf jika ada kekeliruan selama bekerja. Saya berharap, SMA Pelita Pelajar terus berkembang.

Demikian surat ini saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anggraeni

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan contoh di atas dapat mempermudah Anda dalam proses pengunduran diri. Buatlah dengan maksimal dan sampaikanlah tujuan Anda dengan jelas. Sampaikan pula dengan bahasa yang sopan, baik, dan beretika serta sertakan ucapan terima kasih dan permohonan maaf.