3 Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan

Anda berencana resign dari tempat kerja namun bingung bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan alasan yang baik? Coba simak bagaimana contoh surat pengunduran diri dengan alasan berikut ini.

Selama anda bekerja untuk suatu perusahaan, sering muncul rasa ketidak nyamanan dalam bekerja. Bahkan mungkin terlintas untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Sebelum ada memutuskannya, sebaiknya anda memikirkannya dengan baik dan matang supaya anda tidak menyesal di kemudian hari. Dan hal yang penting yaitu anda memiliki alasan yang jelas dan logis atas keputusan anda dalam mengundurkan diri.

Banyak hal yang dapat menjadi alasan Anda untuk mengundurkan diri, baik alasan pribadi, keluarga, maupun ketidaksesuaian hal-hal yang ada dalam perusahaan. Namun tentunya anda harus menyampaikan alasan anda dengan baik melalui surat pengunduran diri yang resmi. Alasan tersebut harus sopan, logis, jelas, dan tidak menyinggung atau menjelek-jelekkan pihak atasan atau perusahaan.

Agar proses pengunduran diri dapat disampaikan dengan alasan yang baik, perhatikan contoh surat berikut. Kali ini akan diulas contoh surat pengunduran diri dengan alasan.

Untuk mengetahui contoh-contoh lain dari surat resign, silakan baca disini >> Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan

contoh surat resign dengan alasan

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang menyatakan bahwa Anda bermaksud untuk berhenti bekerja dari instansi. Agar maksud Anda tersampaikan dengan baik dan dikabulkan, tentunya surat harus dibuat dengan baik. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri sederhana.

1. Surat Pengunduran Diri Karena Melanjutkan Pendidikan

Banyak karyawan yang ingin mengejarnya dan merelakan pekerjaan untuk sementar waktu, supaya dapat fokus pada satu hal. Jika anda termasuk di dalamnya, simak contoh surat pengunduran diri dengan alasan pendidikan berikut ini.

Perwokerto, 16 Mei 2019

Yth. Kepala HRD
PT. Agro Makmur
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Bambang Iskandar
Tempat, tanggal lahir : Cilacap, 9 Januari 1995
Jabatan : Staff Administrasi

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Staff Administrasi, terhitung sejak tanggal 10 Mei 2017. Surat ini saya ajukan karena saya ingin melanjutkan pendidikan pasca sarja di Universitas Diponegoro Semarang. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama bekerja. Tidak lupa saya juga mengucapakan mohon maaf jika banyak kekeliruan selama bekerja. Semoga hubungan baik antara saya dan perusahaan selalu terjalin.

Demikian, mohon untuk dimaklum.

Yang Menyatakan

Bambang Iskandar

2. Surat Pengunduran Diri Karena Lingkungan Kerja yang Kurang Baik

Jika Anda ingin mengundurkan diri karena ketidaknyaman lingkungan kerja, sebaiknya anda sampaikan dengan sopan tanpa merendahkan pihak perusahaan. Cobalah simak contohnya dibawah ini.

Cikarang, 1 Februari 2019

Yth. Kepala HRD
PT. Food Jaya
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Lila Febriyana
Tempat, tanggal lahi : Bansung, 9 Februari 1995
Jabatan : Analis

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Analis di PT. Food Jaya sejak tanggal 10 Februari 2016. Surat ini saya ajukan karena beban kerja yang berlebihan dan tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan semestinya, sehingga saya kurang bisa mengembangkan diri selama bekerja. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama bekerja. Tidak lupa saya juga mengucapakan mohon maaf jika banyak kekeliruan selama bekerja. Semoga PT. Food Jaya terus berkembang.

Demikian, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih

Yang Menyatakan

Lila Febriyana

3. Surat Pengunduran Diri Karena Perubahan Karir

Contoh surat pengunduran diri dengan alasan karir berikut ini sangat cocok terutama untuk anda yang bekerja namun antara jurusan dan jobdest yang tidak sesuai. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan.

Semarang, 11 Juni 2016

Yth. Kepala HRD
PT. Makmur Farm
Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Heryanto
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 9 Mei 1991
Jabatan : Agronomi

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Agronomi sejak tanggal 20 Juni 2016. Surat ini saya ajukan karena tanggung jawab pekerjaan yang kurang sesuai dengan minat dan kemampuan saya. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama bekerja. Tidak lupa saya juga mengucapakan mohon maaf jika banyak kekeliruan selama bekerja. Semoga hubungan baik antara saya dan perusahaan selalu terjalin.

Demikian, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih

Yang Menyatakan

Heryanto

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dengan alasan yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan contoh di atas dapat mempermudah Anda dalam mengurus proses pengunduran diri. Yang paling penting yaitu anda menyampaikan lasan anda secara jelas dan logis supaya dapat diterima oleh pihak perusahaan.