3 Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Yang Baik & Benar

Anda berprofesi sebagai guru namun berada dalam kondisi yang mengharuskan Anda untuk mengundurkan diri? Coba simak contoh surat pengunduran diri guru berikut sebagai referensi pembuatan surat.

Guru merupakan salah satu profesi yang sangat baik. Bahkan, guru kerap disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Namun, profesi sebagai guru terkadang tidak bisa dijalani hingga lama. Anda beberapa guru yang berhenti setelah beberapa waktu mengajar. Tiap orang memiliki alasan masing-masing. [Silakan baca disini: contoh surat pengunduran diri dengan alasan].

Saat ini anda sedang menjadi guru di sebuah sekolah dan ingin berhenti? Tentunya proses pengunduran diri harus dilakukan secara resmi dan baik. Salah satu caranya adalah mengajukan surat pengunduran diri kepada kepala sekolah. Surat yang disampaikan tentunya harus jelas. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menyampaikan maksud Anda, cobalah simak contoh pengunduran diri guru di bawah ini.

Contoh surat pengunduran diri guru

contoh surat resign guru

Guru merupakan salah satu profesi mulia yang sangat berjasa bagi bangsa. Oleh karena itu, profesi ini sebaiknya tidak ditinggalkan. Namun, jika Anda seorang guru dan dalam kondisi keluar dari tempat kerja, tentu bukan masalah. Yang penting, Anda harus menyampaikannya dengan baik.

Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri guru yang bisa Anda tiru. Tentunya sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya.

Baca juga artikel penting ini ada 3 >> Contoh Pengunduran Diri Dari Sekolah

1. Surat pengunduran diri Guru Sekolah formal

contoh surat resign guru sekolah formal

Contoh surat pengunduran diri guru satu ini cukup simpel namun cukup lengkap. Anda bisa menerapkan untuk disampaikan pada pihak atasan yang berwenang. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan.

Yth. Kepala Sekolah SDN 1 Bubulak
Bapak Agus Winarto, M. Si,
di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Nur Faizah bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Guru Matematika di SDN 1 Bubulak mulai tanggal 7 Mei 2019. Hal ini disebabkan saya harus kembali ke kampung halaman. Saya mengucapkan terima kasih yang atas kesempatan yang diberikan oleh pihak sekolah, khususnya untuk mengajar siswa di SDN 1 Bubulak. Selain itu, saya juga memohon maaf jika ada kekeliruan selama bekerja. Saya berharap, SDN 1 Bubulak terus berkembang dan menjadi tempat pembelajaran yang baik.

Demikian surat ini saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nur Faizah

2. Surat Pengunduran Diri Guru Sekolah Non Formal

contoh surat resign guru sekolah non formal

Jika kepala tempat Anda bekerja tidak menyukai hal yang diutarakan secara langsung, maka sebaiknya Anda membuat surat pengunduran diri yang ringkas. Sampaikan data diri Anda dengan singkat lalu alasan Anda mengundurkan diri. Contoh surat pengunduran diri guru di bawah ini bisa diterapkan untuk Anda.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Eka Rahmawati
Tempat, tanggal lahir : Bantul, 1 Mei 1980
Jabatan : Guru Menjahit

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai guru menjahit di BLK Jogja terhitung sejak tanggal 3 Agustus 2019. Surat ini saya ajukan karena saya diminta untuk mengikuti keluarga pindah keluar kota. Demikian, mohon untuk dimaklumi.

Jogja, 1 Agustus 2019

Yang Menyatakan

Eka Rahmawati

3. Surat Pengunduran Diri Guru Les

Guru les merupakan salah satu solusi bagi siswa yang ingin memperdalam pelajaran di luar jam sekolah. Keberadaan guru sekolah sangat membantu proses pemahaman. Jika Anda memiliki profesi sebagai guru les dan ingin mengundurkan diri, coba terapkan contoh surat pengunduran diri guru di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Bogor, 15 Juni 2019

Kepada Yth.
Kepala Cabang Bintang Pelajar Bogor
Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya, Isna Fitriana mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari guru di bimbingan belajar Bintang Pelajar sejak tanggal 10 Juni 2019. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan belajar serta berkontribusi di dunia pendidikan yang telah diberikan pihak Bintang Pelajar. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf jika banyak hal yang kurang berkenan dari selama mengabdi. Semoga Bintang Pelajar terus maju dan selalu memberikan pelayanan terbaik.

Hormat saya,

Isna Fitriana

Bacaan tambahan lainnya LENGKAP >> Contoh Surat Pengunduran Diri

Itulah beberapa contoh yang bisa diterapkan jika Anda ingin mengajukan permohonan pengunduran diri. Semoga contoh surat pengunduran diri guru diatas dapat membantu Anda dalam menyusun. Tuliskan dengan baik dan lugas agar maksud Anda mudah dipahami. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.