3 Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Anda berencana untuk mengundurkan diri dari tempat kerja namun bingung bagaimana cara menyampaikan yang baik pada atasan? Coba simak dulu artikel ini, yaitu contoh surat pengunduran diri sederhana. Selengkapnya mari Kita sampai kebawah ya :).

Sebelum melanjutkan baca tulisan ini, sudah tau cara membuat surat pengunduran diri? Jika belum, silakan dibaca dulu ya.

Jika tidak bekerja secara personal, tentunya Anda terikat dalam sebuah peraturan lembaga. Dalam keseharian bekerja, Anda tentu harus mengikuti peraturan yang berlaku. Terkadang, ada beberapa hal yang membuat tidak nyaman. Hal tersebut bisa mengurangi performa kita dalam bekerja. Namun, bisa pula ketidaknyamanan muncul dari diri sendiri. Hal yang biasa muncul dari sendiri adalah keterbatasan dalam hal fisik maupun non fisik.

Jika ada keterbatasan, tentunya kinerja tidak optimal. Pilihan yang ada adalah mengatasi hal yang menyangkut ketidaknyamanan. Jika tidak bisa diatasi, pilihan terbaik adalah mengundurkan diri. Namun, terkadang banyak keraguan bagaimana cara menyampaikan cara pengunduran diri yang baik dan mudah. Jika pengunduran diri tidak disampaikan dengan baik, tentu akan mempersulit proses perizinan.

Agar proses pengunduran berlangsung dengan lancar, perhatikan beberapa tips berikut. Kali ini akan diulas di contoh surat pengunduran diri sederhana. Dengan mengikuti contoh dibawah ini, maka Anda takkan kebingungan lagi dalam menyusun surat pengunduran diri sederhana. Simak ulasan di bawah ini dengan seksama ya.

Contoh surat pengunduran diri sederhana

contoh surat resign sederhana

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang menyatakan bahwa Anda bermaksud untuk berhenti bekerja dan keluar dari instansi. Surat ini akan dibaca oleh pihak atasan yang berwenang dan akan menentukan jawaban apakah Anda diperkenankan untuk berhenti atau tidak. Agar maksud Anda tersampaikan dengan baik dan dikabulkan, tentunya surat harus dibuat dengan baik. Berikut adalah contohnya.

1. Surat pengunduran diri sederhana

Jika atasan Anda tidak menyukai hal yang berbelit-belit, maka sebaiknya Anda membuat surat yang sangat ringkas. Sampaikan data diri Anda dengan singkat lalu alasan Anda mengundurkan diri. Contoh surat pengunduran diri sederhana di bawah ini bisa diterapkan untuk Anda.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Bambang Sugiyono
Tempat, tanggal lahir : Cilacap, 10 Agustus 1970
Jabatan : Bendahara

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Bendahara, terhitung sejak tanggal 29 Agustus 2019. Surat ini saya ajukan karena saya sudah tidak sanggup lagi memikul kewajiban sebagai perangkat tersebut. Demikian, mohon untuk dimaklumi.

Cilacap, 29 Agustus 2019

Yang Menyatakan

Bambang Sugiyono

2. Surat pengunduran diri Simpel

Jika Anda merasa surat sebelumnya, terlalu simpel maka cobalah untuk mengadopsi contoh surat pengunduran diri sederhana di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 28 Agustus 2019

Kepada Yth,

Kepala Cabang JNE Bandung
Jl. Antamani No. 16, Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat ini Agung mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai bagian dari JNE sejak tanggal 7 Juli 2018. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh JNE Cabang Bandung sebagai kurir sela 1 tahun. Tidak lupa pula saya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh jajaran jika ada hal-hal yang kurang berkenan dari sata selama bekerja di perusahaan. Semoga JNE menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang.

Hormat saya,

Agung.

3. Surat pengunduran diri lengkap

Contoh surat pengunduran diri sederhana berikutnya cukup simpel namun cukup lengkap. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan.

Yth. Kepala UPT K3L UIN Jakarta
Prof. drs. Hendro, M. Si, Ph. D
di Kampus UIN Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Rike Anggaraeni bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri dari UPT K3L UIN Jakarta sebagai karyawan mulai tanggal 7 Agustus 2019. Hal ini disebabkan saya mendapatkan pekerjaan baru. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan, khususnya untuk bekerja di UIN Jakarta. Selain itu, saya juga memohon maaf jika ada kekeliruan selama bekerja. Saya berharap, UPT K3L UIN Jakarta terus berkembang.

Demikian surat ini saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rike Anggraeni

Ingin mengetahui contoh-contoh lainnya? Anda bisa baca tulisan ini >> Contoh Surat Pengunduran Diri << ada banyak contoh didalamnya

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri sederhana yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan contoh di atas dapat mempermudah Anda dalam mengurus proses pengunduran diri. Buatlah dengan maksimal dan sampaikanlah tujuan Anda dengan jelas. Jika perlu, sampaikanlah alasan mengapa Anda memutuskan untuk mengundurkan diri serta ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh instansi.