Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Bekerja Yang Baik dan Sopan

Contoh surat pengunduran diri (resign), menjadi bagian dari salah satu tulisan terpenting didalam website masukuniversitas.com. Nah, bila teman-teman yang sudah bekerja di kantoran atau freelance, dan ingin mengembangkan ilmunya di perusahaan lain atau kuliah lagi maka mengundurkan diri menjadi salah satu jalan yang bisa sesuai. Tentu bila Anda sudah masuk bekerja dengan baik dan sopan, maka keluar pun sama halnya. [Baca juga ini: Contoh daftar riwayat hidup].

Agar keluar dengan baik, benar dan sopan, maka membuat surat pengunduran diri (resign) bisa menjadi solusi. Akan tetapi, bila teman-teman juga belum tau cara membuatnya maka contoh surat resign yang kali ini kami berikan bisa menjadi referensinya.

Bekerja memang bagian dari salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Berdasarkan posisinya, bekerja terbagi menjadi dua yakni sebagai bos, dan sebagai karyawan. Jika anda berperan sebagai bos, anda bertanggung jawab atas seluruh aktivitas yang ada pada usaha anda. sedang jika menjadi karyawan, berarti anda bertanggung jawab atas pekerjaan di mana anda ditempatkan dan bertanggung jawab kepada atasan anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign

Baca juga: Contoh teks diskusi

Namun, sebagai karyawan jika anda sudah merasa kurang sesuai dengan tata aturan tertentu pada perusahaan tempat anda bekerja, atau ada alasan lain yang membuat anda ingin berhenti, maka anda dapat menggunakan hak untuk mengundurkan diri (resign).

Dan bila anda ingin menulis surat resign namun belum memahami bagaimana menulisnya, anda dapat memperhatikan contoh surat resign yang sudah banyak disebarluaskan di internet, sehingga tidak akan membuat anda kesulitan jika ingin menjadikan contoh surat resign tersebut sebagai referensi membuat surat resign anda sendiri.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang surat pengunduran diri, anda dapat mencoba memahami ulasan tentang pengertian, struktur, serta cara membuat dan alasan surat pengunduran diri dibuat karyawan kepada pemimpin perusahaan.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan sebuah tulisan resmi yang dibuat seseorang yang bekerja untuk suatu perusahaan dan ditujukan untuk pimpinan perusahaan tersebut guna menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

Baca juga: contoh teks tantangan

Surat pengunduran diri sebaiknya berisi tentang alasan anda untuk mengundurkan diri. Alasan tersebut harus ditulis secara jelas, dan ringkas.

Penyebab Umum Karyawan Mengundurkan diri

Surat pengunduran diri dibuat bukan tanpa sebab, berikut adalah beberapa alasan umum yang digunakan pegawai ketika menyatakan resign dari sebuah perusahaan.

1. Rendahnya Gaji

Seperti yang dicantumkan di awal, alasan seseorang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, gaji merupakan aspek paling penting bagi seorang karyawan. Setidaknya, gaji yang didapatkan karyawan harus menutup biaya kebutuhannya, jika tidak maka bisa jadi karyawan tersebut akan menyatakan resign.

2. Tidak Mendapatkan Promosi (Kenaikan Jabatan)

Jenjang karir adalah salah satu alasan pendukung mengapa orang harus bekerja. Level yang lebih tinggi menawarkan gaji yang lebih tinggi pula. Kenaikan jabatan sangat didambakan oleh karyawan, terlebih setelah merasa telah meraih capaian tertentu untuk perusahaan, atau telah lama bekerja pada perusahaan tersebut.

Baca juga: Contoh surat somasi untuk teguran

3. Merasa kurang Cocok dengan Lingkungan Bekerja

Kecocokan akan lingkungan baru akan dirasakan lazimnya setelah 2 hingga 3 bulan masa bekerja. Jika setelah pada masa itu seseorang masih merasa kurang nyaman karena lingkungan bekerja sekitarnya, kinerja dan hasil kerjanya akan menurun, dan bahkan ia akan melayangkan surat pengunduran diri kepada pimpinan perusahaan.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Seperti halnya surat lainnya, surat pengunduran diri juga mempunyai struktur tersendiri. Berikut adalah struktur dari surat pengunduran diri.

Baca juga artikel ini : Contoh surat izin tidak masuk sekolah

1. Bagian Tujuan dan Identitas

Pada segmen tujuan, anda membubuhkan kepada siapa surat pernyataan mengundurkan diri anda ini dialamatkan. Lazimnya, surat pengunduran diri ditujukan kepada pimpinan perusahaan.

Pada bagian Identitas, anda tuliskan nama serta jabatan anda selaku yang mengundurkan diri. Anda hanya perlu menuliskan nama anda secara lengkap, penulisan jabatan yang sedang anda tempati bersifat opsional.

2. Isi Surat

Pendahuluan. Pendahuluan merupakan bagian awal dari maksud pengunduran diri anda. pada bagian ini hendaknya dituliskan pengajuan pengunduran diri anda dan kapan rencana anda meninggalkan tempat kerja anda.

Baca juga: Contoh surat pembaca

Isi. Pada bagian isi, anda sebagai pihak yang ingin mengundurkan diri menuliskan ucapan dan rasa terima kasih anda kepada perusahaan karena telah memberikan kesempatan anda bekerja. Bagian isi juga memuat permintaan maaf karena tidak dapat lagi menjadi bagian yang penting dalam perusahaan. Bagian ini juga memuat pertimbangan dan alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan.

Penutup. Bagian penutup memuat harapan anda terhadap perusahaan tersebut di waktu yang akan datang. Misalnya anda menyampaikan agar perusahaan tersebut semakin maju dan berprogress lebih baik lagi. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat penutup yang sopan.

3. Tembusan (Opsional)

Bagian tembusan merupakan beberapa bagian atau orang yang anda tujukan untuk mengetahui surat pengunduran diri yang anda buat. Bagian ini tidak harus ada dalam setiap surat resign karena bersifat opsional.

Cara Membuat Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Dalam rangka membuat surat pengunduran diri, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut antara lain:

Baca juga yang ini: Contoh surat sakit sekolah

  1. Bahasa yang digunakan untuk menulis surat pengunduran diri adalah bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Kalimat yang dipilih harus kalimat yang baik dan benar sesuai EYD.
  2. Menyatakan rasa terima kasih kepada perusahaan yang selama ini menerimanya bekerja, dan rekan-rekan dalam satu tempat kerja.
  3. Alasan pengunduran boleh dituliskan, namun tidak perlu dituliskan secara mendetail.
  4. Menulis surat pengunduran diri dan menyerahkan kepada yang berwenang pada perusahaan sebelum benar-benar berhenti dari perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mendapatkan waktu yang cukup untuk mendapatkan pengganti pengisi posisi yang anda tinggalkan.
  5. Surat pengunduran diri sebaiknya ditulis atau diketik di atas kertas putih bersih secara rapi. Hal ini akan menunjukkan kesan kesopanan dan rasa hormat kepada perusahaan anda.

Nah, untuk Anda membuat surat pengunduran  diri / resign, silakan masing-masing lihat referensi contoh surat pengunduran diri / resign dibawah ini.

Contoh Surat Resign I

Agar pemahaman mengenai surat pengunduran diri secara mendalam, anda dapat menyimak contoh surat resign di bawah ini.

 

Malang, 14 Februari 2017

Kepada
Yth Pimpinan
CV ALQIEROB CONSULTANT
Malang

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Mohamad Dwi Arisandi
Alamat : Jl. W.R Supratman No. 22, Malang
Jabatan : Drafter AutoCad

Bersama Surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin pada tanggal 1 Maret 2017.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena ALQIEROB CONSULTANT telah memberikan kesempatan saya untuk bekerja di perusahaan yang maju dan profesional ini. Saya ucapkan terima kasih juga atas segala bimbingan yang Bapak pimpinan berikan kepada saya secara langsung. Saya mohon maaf karena kini tidak dapat lagi menjadi bagian dari perusahaan ini.

Saya harap kedepannya, perusahaan yang bapak pimpin semakin berkemajuan dan menjadi lebih baik. Demikian surat pengunduran ini saya buat atas kemauan saya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Tembusan: Supervisor Bagian Drafting & Desain Perencanaan
Kabag. IT Support

 

Hormat saya,

 

Mohamad Dwi Arisandi

 

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign II

Jakarta, 11 Januari 2017
Kepada Yth.
Bagian Human Capital Management (HCM)
PT Exis Pertama Bangun
di Jakarta

 

Dengan hormat,
Adanya surat ini, saya bermaksud untuk menyampaikan bahwa saya berniat mengajukan pengunduran diri sebagai Staff Marketing di PT Exis Pertama Bangun yang terhitung tanggal 11 Januari 2017.

Saya menuturkan banyak terimakasih atas kesempatan besar yang telah diberikan ke saya untuk belajar, bekerja ataupun bergabung bersama perusahaan Exis Pertama Bangun yang menjadi salah satu perusahaan besar di Jakarta dibidang kontruksi bangunan selama 1,5 tahun.

Saya juga takkan lupa mohon maaf kepada seluruh staff karyawan beserta jajaran manajemen perusahaan, bila selama ini saya bergabung terdapat hal-hal yang tidak berkenan dan juga tidak baik dalam perlakukan selama belajar dan bekerja.

Saya pun menjadi salah satu orang yang takkan lupa mendoakan perusahaan untuk tetap jaya, maju dan makmur dalam hal bisnis, menajemen dan juga karyawan.

Demikian surat ini saya buat. Ucapan banyak terimakasih untuk semuanya. Salam sukses dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Hormat Saya,

 

Sipatiur Dalan Saragi

 

Itu 2 contoh surat resign / pengunduran diri yang sudah memiliki HRD (Human Resource Development). Nah, bagaimana membuat surat resign bila yang belum memiliki HRD? Jangan kuatir. Dibawah ini juga sudah kami berikan contoh pengunduran diri dengan kata atau kalimat yang baik dan sopan.

Baca juga, informasi berguna lainnya: contoh pidato singkat pendidikan

Contoh surat pengunduran diri / resign kerja III

 

Medan, 17 November 2017

 

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan
Sigodang Gaya
di
Tempat

 

Dengan Hormat,

Melalui adanya surat ini, saya Habonaran Situtudo bermaksud untuk mengundurkan diri dari Sigodang Gaya sebagai karyawan penjaga keamanan, terhitung sejak tanggal 17 November 2017.

Saya memberikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada perusahaan Sigodang Gaya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini. Dengan setulus hati, saya juga mohon maaf kepada semua teman-teman karyawan dan juga pimpinan bila terdapat kesalahan yang telah saya perbuat selamat bekerja.

Besar harapan saya, perusahaan Sigodang gaya bisa dan selalu terus berkembang untuk terus menjadi perusahan yang terbaik.

 

Hormat Saya,

 

 

(Habonaran Situtudo)

 

Itulah 3 contoh surat pengunduran diri / resign yang sudah kami berikan. Tentu surat ini bisa Anda sampaikan melalui email ataupun memberikan langsung ke bagian Human Resource Capital Management perusahaan ataupun pimpinan Anda bekerja. Tapi, ingat harus dengan yang sopan yah. Berikan surat pengunduran diri / resign yang baik, sopan dan juga benar. Bila Anda jauh hari sudah memantapkan diri untuk resign, maka carilah referensi contoh surat pengunduran diri / resign yang tepat, seperti misalnya yang ada di masukuniversitas.com.

 

Sumber:
ahmadarib.com/cara-menulis-contoh-surat-pengunduran-diri-yang-baik.html
ilmubahasainggris.com/resignation-letter-surat-pengunduran-diri-pengertian-struktur-dan-contohnya/
kerjanya.net/faq/4270-contoh-surat-pengunduran-diri.html

Add a Comment