Contoh Surat Resign Resmi, Berikut Disini Ada 3 Contoh

Jika anda ada niatan untuk membuat surat resign namun tidak tahu cara membuatnya, tenang saja kami bagikan disini contoh surat resign resmi yang bisa menjadi referensi untuk anda. Sebelumnya, baca sampai selesai ada baiknya silakan coba baca cara membuat surat resign baik dan benar.

Ada banyak hal yang bisa terjadi di dalam dunia kerja yang bisa membuat anda tidak betah berlama lama di perusahaan tersebut. Mungkin dari rekan kerja, lingkungan yang tidak nyaman, atau mungkin ada masalah dengan atasan anda yang membuat anda mengambil keputusan berat yaitu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Biasanya surat resign atau pengunduran diri ini dibuat secara resmi lalu dicetak dalam satu lembar kertas dan diserahkan kepada atasan atau bos anda menjadi tanda bahwa anda akan meninggalkan pekerjaan tersebut.

Namun, saat ini jika dari anda masih bingung bagaimana cara membuat surat resign tersebut, maka diartikel ini kami membagikan beberapa contoh surat resign resmi untuk anda. Nah, untuk mengetahui contoh-contoh lain silakan coba baca artikel yang satu ini >> Contoh Surat Pengunduran Diri.

Contoh Surat Resign Resmi, Formal dan Sopan

contoh surat pengunduran diri resmi

Anda bisa mengajukan surat resign ini melalui email tanpa harus berpamitan kepada seluruh karyawan atau atasan anda dikarenakan alasan tertentu saja. Namun demikian tindakan tersebut tidaklah sopan dan juga kurang profesional. Sebaiknya anda juga harus mengundurkan diri secara sopan karena anda juga masuk ke perusahaan tersebut secara baik-baik.

Langsung saja kita simak contoh surat resign resmi yang bisa menjadi referensi anda dalam penulisan surat resign :

1. Surat resign secara resmi pertama

Bandung, 20 April 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Suka Senang Bersama
Jl. Ir. Soekarna No 17
Bandung

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Teuku Wisnu bermaksud mengajukan permohonan pengundurkan diri dari PT. Suka Senang Bersama sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 22 April 2019.

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang sudah diberikan kepada saya selama saya bekerja pada PT. Suka Senang Bersama. Saya juga meminta maaf sebesar besarnya kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Suka Senang Bersama jika selama saya bekerja ada kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Suka Senang Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Teuku Wisnu

2. Surat resign secara resmi kedua

Kutai Kertanegara, 17 Juli 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Hadir Sejahtera
Jl. Gunung Sumbing 14
Kutai Kertanegara

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Sulistiyoningsih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Hadir Sejahtera sebagai Sekretaris, terhitung dari tanggal 20 Juli 2019. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Hadir Sejahtera. Untuk alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin melanjutkan studi saya ke luar negeri di S3.

Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Hadir Sejahtera apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Hadir Sejahtera semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang sudah diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Sulistyoningsih

3. Surat resign secara resmi Ketiga

Yogyakarta, 13 Mei 2019

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT. Suka Maju Sejahtera
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Suka Maju Sejahtera berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga kerja yang melingkupinya, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Suwarno Tejo
Departemen : PT. Suka Maju Sejahtera
Jabatan : Teknisi
No. Karyawan : 000234

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Suka Maju Sejahtera dengan alasan merawat orang tua saya yang kondisi kesehatannya yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat ini saya buat dengan sejujurnya. Atas perhatian dan dukungan dari perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Suwarno Tejo

Demikian ulasan dari kami mengenai contoh surat resign resmi. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda semua dalam pengerjaan surat resign dengan benar dan dapat membantu anda menyelesaikan masalah anda.