Contoh Teks Eksplanasi [15++ Contoh] | Masukuniversitas

Contoh teks eksplanasi yang lengkap dibutuhkan oleh siswa untuk pembelajaran. Namun untuk membuat sebuah contoh tidaklah mudah. Anda perlu menentukan tema yang akan diangkat menjadi tulisan. Teks eksplanasi sendiri memiliki makna penjelasan. Berbagai penjelasan dapat disampaikan dalam teks tersebut, seperti fakta yang terjadi, kejadian alam atau tema-tema sosial politik. Semua dapat dituliskan dengan catatan, seluruhnya merupakan penjelasan sebab-akibat.

Dalam penulisan teks eksplanasi, anda perlu memperhatikan struktur didalamnya. Penulisan dimulai dengan pernyataan umum atau pengenalan, sebab akibat atau deratan penjelas dan interpretasi (penutup). Seluruhnya disampaikan secara urut, sehingga pembaca dapat memahaminya dalam waktu singkat. Pada bagian sebab akibat adalah bagian yang berisikan penjelasan secara lengkap. Anda penasaran dengan contoh teks eksplanasi yang lengkap?

Contoh Teks Eksplanasi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh teks eksplanasi yang lengkap dan dapat dijadikan referensi dalam penulisan. Anda dapat mengulasnya dan membuat teks eksplanasi yang baik, berikut ulasannya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Pencegahan Penularan Virus Corona

Coronavirus atau covid 19 merupakan virus yang menginfeksi jaringan pada sistem pernafasan. Pada beberapa kasus, virus ini menyebabkan gangguan pernafasan ringan seperti flu. Namun dilain kaus menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti MERS, SARS dan Pneumonia. Oleh karena itu, penting megetahui cara pencegahan penularan virus corona.

Virus corona adalah virus yang menyebar dengan cepat dan ditetapkan statusnya sebagai pandemi global. Karena telah menyebar hingga ke seluruh dunia.

Secara umum terdapat 3 gejala virus covid 19, yaitu

  • Sesak nafas
  • Batuk
  • Dan demam hingga di atas 38 derajat celcius

Dalam penelitian terkait, gejala virus covid 19 muncul dalam 2 hingga 14 hari, setelah terpapar virus.

Untuk mencegah penularan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan,

  • Mencuci tangan dengan sabun, selama minimal 20 detik.
  • Hindari kontak dengan hewan-hewan liar
  • Jaga kebersihan lingkungan secara berkala
  • Tutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk. Jika menggunakan tisu, segera buang ke tempat sampah. Sedangkan jika tidak, gunakan siku bagian dalam.
  • Menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah
  • Hindari bepergian ke tempat-tempat ramai.

Anda harus melakukannya dengan rutin, agar resiko terpapar virus covid 19 terminimalisir.

Sebagai usaha mencegah penyebaran virus covid 19 ini, mari ikuti semua aturan yang telah dibuat oleh pemerintah. Terapkan anjuran di rumah saja saat tidak ada kepentingan mendesak dan praktikan langkah social distancing saat bepergian ke tempat umum.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Demonstrasi

Negara yang menganut sistem demokrasi, memberikan kebebasan bagi masyarakatnya untuk menyuarakan pendapat di hadapan umum. Karena kebebasan dalam negara demokrasi adalah hak yang dilindungi dan dimiliki setiap individu. Masyarakat dapat menyampaikan pendapatnya dengan unjuk rasa atau demonstrasi. Karena cara inilah yang dinilai efektif untuk menyampaikan pendapat masyarakat dan mendapat tanggapan dari pemerintah.

Demonstrasi dilakukan oleh individu ataupun kelompok masyarakat, untuk memaparkan pendapat kepada pihak tertentu. Semakin besar masyarakat yang menyuarakan pendapat, maka pihak yang dituju akan semakin cepat mendapatkan tanggapan. Pada dasarnya demostrasi merupakan sebuah kegiatan untuk menyampaikan pendapat bersama pihak tertentu. Namun tak jarang, demonstrasi justru menimbulkan konflik yang serius.

Hal tersebut tentu menganggu keamanan dan kenyamanan sebuah negara. Bahkan dapat menyebabkan pendapatan ekonomi negara berkurang. Unjuk rasa seperti ini pernah terjadi di Indonesia. Di mana mahasiwa turun ke jalan dan menyuarakan pendapat, demi tuntutan menurunkan Presiden Soeharto dari jabatannya. Kegiatan yang diharapkan berjalan dengan damai, namun berjalan memanas dan ricuh, hingga menyebabkan kekerasan.

Namun hasilnya tidak bohong, karena akhirnya Presiden Soeharto mundur dari jabatannya. Dan masih banyak masyarakat yang mengalami trauma atas kejadian tersebut.

Demonstrasi merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan pendapat di hadapan umum. Namun, seringkali kegiatan ini diakhiri dengan kekacauan dan kekerasan. Bila hal ini terjadi, maka demonstrasi tidak lagi berdialek dengan baik. Melainkan menimbulkan keadaan yang sulit dan sulit untuk menemukan jalan keluar yang tepat dan memenuhi tuntutan.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir Jakarta

Banjir merupakan fenomena alam yang terjadi berupa naiknya air di suatu kawasan, sehingga menutupi kawasan tersebut. Namun banjir dapat pula dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi yaitu bagian air permukaan bumi yang akan menuju ke laut.

Melalui siklus hidrologi, kita dapat melihat banyaknya air di permukaan bumi. Salah satu pengaruhnya adalah curah hujan yang tinggi dan penyerapan air ke dalam tanah. Secara alamiah banjir disebabkan oleh hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu ke daerah tangkapan. Namun secara non ilmiah, banjir terjadi karena adanya peran manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah adalah turunnya hujan ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuhan. Setelahnya, masuk ke permukaan tanah dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Setelahnya terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan.

Banjir yang secara alamiah, dapat menjadi bencana bagi manusia bila mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia itu sendiri. Sedangkan proses terjadinya banjir non alamiah, dikarenakan ulah manusia. Contoh, membuang sampah sembarangan dan menyebabkan aliran air tidak mengalir secara lancar. Air terapung dan menguap tinggi, sehingga mengenai daratan dan sebabkan banjir.

Dari bahasan di atas, banjir dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir, karena mendiami tempat yang secara alamiah merupakan daratan banjir. Karenanya, jika manusia terkena banjir, bukan manusia yang mendatangi banjir melainkan manusia yang mendatangi banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Tanah Longsor

Longsor adalah bencana alam berupa gerakan tanah yang jatuh dari daerah dataran tinggi menuju daratan yang lebih rendah. Bencana tanah longsor akan sangat berbahaya bila terjadi di pemukiman warga longsor dapat menyebabkan berbagai kerugian. Terlebih jika terdapat lahan pertanian dan perikanan serta jalur transportasi yang dapat tertimbun tanah.

Tanah longsor adalah bencana alam yang diakibatkan oleh peristiwa geologi. Di mana, masa material seperti bebatuan yang ada dalam tanah mengalami pergeseran. Ada tiga faktor yang dapat menyebabkan tanah longsor, yaitu gaya gravitasi, faktor pemicu dan faktor pendorong. Gaya gravitasi menyebabkan tanah longsor, di mana daya tarik bumi menarik tanah jatuh.

Faktor pemicu terbagi menjadi dua macam, yaitu faktor alam dan manusia. Faktor alam hal yang umum terjadi, karena adanya kondisi alam. Sedangkan faktor manusia, tanah longsor disebabkan oleh kesalahan manusia, seperti penebangan pohon.

Faktor pendorong adalah penyebab terjadinya tanah longsor yang disebabkan oleh unsur material tanah yang bergerak atau lengser dari tempat awal. Faktor pendorong, memiliki beberapa pemicu, seperti hujan, gempa bumi, erupsi gunung berapi, penggundulan hutan, ledakan tambangan, beban di dataran tinggi dan pembangunan.

Tanah longsor dapat menyebabkan kerugian jika terjadi di pemukiman warga. Tidak hanya harta, melainkan korban jiwa. Karenanya diperlukan upaya untuk menanggulangi bencana alam longsor. Dalam hal ini, manusia memegang peranan penting untuk menjaga tanah longsor, yaitu dengan tidak melakukan faktor pendorong yang disebabkan oleh perbuatan manusia. Sayangnya, manusia hanya bertindak setelah terlambat dan mengulang kembali kesalahan yang sama.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Lunturnya Budaya Indonesia

Kebudayaan Indonesia menjadi luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat, minimnya komunikasi terkait budaya dan kurangnya pembelajaran budaya untuk generasi berikutnya.

Kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal, kini terbilang mengalami penurunan. Masyarakat lebih memilih budaya asing yang dinilai lebih praktis dan sesuai perkembangan zaman. Budaya asing lebih dianggap keren dan praktis, walaupun budaya Indonesia lebih dari budaya asing tersebut.

Kebanyakan budaya asing yang dianggap keren, tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Kurangnya kesadaran ini, menyebabkan kebudayaan Indonesia tidak lagi terurus. Bahkan perlahan akan menghilang atau diklaim oleh negara lain.

Penyebab hal ini adalah minimnya komunikasi budaya antar generasi. Kemampuan untuk berkomunikasi sangat penting, agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang budaya yang dianut. Minimnya komunikasi pun dapat menimbulkan pertentangan antar suku yang berakibat pada turunnya ketahanan budaya bangsa.

Pengenalan masyarakat tentang budaya lain pun penting. Agar dapat saling menghormati antara satu dengan yang lain. Kurangnya pembelajaran budaya adalah salah satu penyebabnya. Walaupun banyak dipelajari di sekolah, tidak jarang yang menganggapnya tidak penting. Padahal melalui pembelajaran budaya, kita dapat membangun budaya bangsa dan beradaptasi dengan budaya lain di tengah era globalisasi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Kemiskinan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Kemiskinan
Warga beraktivitas di permukiman bantaran sungai Ciliwung, Manggarai, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap proyeksi pemerintah terhadap angka kemiskinan naik dari 9,15 persen menjadi 9,59 persen pada tahun ini akibat pandemi virus corona atau COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah salah satu fenomena sosial yang nyata terjadi di masyarakat. Sebut saja banyak sekali gelandangan dan pengemis hingga perkampungan kumuh di setiap sudut kota. Menurut BPS, kemiskinan dapat diukur dengan beberapa hal, salah satunya rendahnya penghasilan dan konsumsi rumah tangga.

Bila ditinjau secara lebih dalam, persoalan kemiskinan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti individu, keahlian, kurangnya pendidikan dan beragam hal lainnya. Pertama, individu di mana individu enggan untuk bekerja karena telah mendapat uang dengan cepat dengan mengemis. Kedua, struktur budaya yang tidak mendukung untuk dapat berubah. Sebut saja di lingkungan pemukiman kumuh, tidak ada orang yang mendorong untuk melakukan perubahan.

Dalam menanganinya perlu diadakan pemberdayaan aspek individu dan budaya untuk setiap kelompok. Pemerintah perlu mengatakan pelatihan dan pendidikan, sehingga masyarakat kelas bawah dapat mengalami perubahan. Serta diiringi dengan membuka lapangan pekerjaan di daerah-daerah setempat.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan

Hujan

Hujan merupakan peristiwa alam yang tidak lagi asing bagi kita. Karena hujan seringkali terjadi pada musimnya. Hujan dikenal sebagai peristiwa jatuhnya tetasan air dari langit. Ketika musim hujan, hujan turun dalam waktu lama. Bahkan hujan dapat terjadi dalam setiap hari.

Musim hujan akan datang setelah bumi memasuki suhu yang tinggi atau musim kemarau. Karenanya kerap kali sebelum hujan, suasana akan terasa gerah. Ketika suhu bumi tengah panas, air akan menguap lebih banyak dari air danau, air sungai dan air laut. Saat air penuh terkumpul di angkasa, maka awan akan membesar dan mendung. Suhu udara akan menjadi sangat dingin, karena uap air didalam awan berubah menjadi air yang membeku.

Semakin lama air yang menguap dan tersimpan di awan, maka semakin besar beban yang ada pada awan. Sehingga akhirnya awan turun ke posisi lebih rendah dan dekat dengan bumi. Di sinilah proses hujan terjadi, di mana air mencair dan turun ke bumi. Hujan yang terlihat ke bumi adalah butiran air kecil. Namun pada dasarnya butiran air yang jatuh adalah ukuran yang besar. Butiran ini saling bergesekan dengan udara dan air turun ke bumi dengan bentuk rintikan hujan.

Hujan merupakan peristiwa alam yang membawa berkah. Namun saat hujan sangat besar, hujan dapat menjadi musibah, seperti banjir. Bahkan dalam waktu panjang, banjir bandang dapat merobohkan bangunan dan menyebabkan korban jiwa. Guna mencegah hal ini terjadi, anda dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Serta melakukan penanaman di sekitar lingkungan, agar air tidak langsung terbuang ke dataran rendah.

Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Sampah

Sampah merupakan suatu benda yang tidak lagi dimanfaatkan oleh manusia. Keberadaannya akan menganggu kesehatan masyarakat, bila dibiarkan terlalu lama. Sampah terbagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapa terurai oleh bakteri pengurai, seperti makanan bekas, daun kering ataupun sayuran.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai, seperti plastik, besi dan lainnya. Pada umumnya, sampah anorganik tidak dapat digunakan kembali oleh manusia sebelum diolah. Sebut saja sampah plastik, sampah harus diolah kembali sebelum digunakan kembali sebagai botol plastik atau barang-barang lainnya.

Sampah adalah salah satu fenomena yang kerap ditemukan di sekitar lingkungan masyarakat. Mulanya, sampah berserakan di sekitar lingkungan dan kemudian menyebabkan berbagai dampak, seperti banjir, tanah longsor dan sumber penyakit. Sampah yang dibiarkan menumpuk menyebabkan pemandangan yang tidak nyaman.

Udara akan tercemar dan sebabkan berbagai macam penyakit, seperti DBD, diare dan muntaber. Tidak hanya udara, namun lingkungan sekitar dapat terpapar penyakit. Terlebih saat banjir terjadi, akan semakin luas wilayah yang beresiko terpapar penyakit tersebut.

Sampah pun dapat menimbulkan bencana alam besar, seperti longsor dan banjir. Sampah yang menumpuk terlalu lama, membuat aliran sungai terhambat. Lambat laut, air sungai meluap dan menganggu aktivitas sekitar sungai. Hal ini disebabkan kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan ke bantaran sungai hingga membangun pemukiman di sekitarnya.

Untuk itu, kebiasaan membuang sampah harus dihentikan. Mulailah dengan membuat tempat sampah di sekitar lingkungan rumah. Kemudian menularkan kebudayaan yang sama untuk orang di lingkungan sekitar. Bersama-sama menjaga lingkungan diyakini dapat meminimalisir dampak terjadinya banjir, karena sampah yang menumpuk.

Baca juga : Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Ciri-ciri & Kaidah)

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Fenomena Larangan Membawa Handphone ke Sekolah

Di zaman modern seperti ini, handphone merupakan alat komunikasi teknologi yang telah menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat. Di Indonesia, anak-anak dan remaja bahkan membawanya ke sekolah dan menganggapnya hal biasa. Padahal di sekolah terdapat larangan untuk membawa handphone.

Dalam pembicaraan ini, ada beberapa kalangan yang menyetujui handphone dibawa ke sekolah. Karena kurikulum saat ini menutut siswa untuk lebih aktif dalam mencari referensi mengenai pelajaran. Sehingga media pembelajaran semakin luas dan memudahkan siswa dalam melakukan pencarian. Tanpa membawa handphone, pembelajaran dapat terhambat.

Selain itu, beberapa orang tua menyetujui handphone dibawa untuk digunakan sebagai alat komunikasi. Kalau-kalau terdapat kendala dalam perjalanan atau adanya keadaan darurat. Hal tersebut rupanya menimbulkan pertanyaan, seperti apakah sekolah dapat menjaga setiap keadaan tersebut untuk seluruh siswa. Karena wali kelas maupun pihak sekolah tentu memiliki kesibukan tersendiri.

Pandangan sekolah adalah aspek keamanan. Di mana, sekolah berusaha menjaga keamanan siswa dalam perjalanan menuju sekolah. Karena dapat saja, handphone menjadi penyebab tingginya kriminalitas. Anak-anak pun dapat saling iri dengan handphone yang dibawa. Artinya, pembawaan handphone dapat menyebabkan kecemburuan sosial yang membahayakan bagi siswa-siswi.

Solusi yang dapat digunakan untuk masalah ini adalah sekolah perlu memperhatikan kembali kebijakan larangan menggunakan handphone di sekolah. Sekolah akan menemukan keseimbangan antara dampak negatif dan positif dari pelarangan tersebut. Karena pendidikan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Contoh Teks Eksplanasi Korupsi

Korupsi

Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah dan pemerintahan rentan terhadap praktik korupsi didalamnya. Tidak tertutup dalam pemerintahan, korupsi pun dapat terjadi dalam perusahaan-perusahaan tertentu.

Berat tidaknya sebuah korupsi berbeda-beda, bentuk yang paling ringan adalah penggunaan pengaruh dan dukung untuk memberi dan menerima pertolongan. Sedangkan yang terberat adalah koruupsi dengan jumlah puluhan hingga ratusan milyar. Titik ujung dari korupsi adalah kleptokrasi, yang berarti pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur.

Korupsi yang muncul di bidang birokrasi dan politik dapat berbentuk sepele atau berat, terorganisir atau tidak. Walau korupsi dapat memudahkan kegiatan kriminal, seperti pencucian uang atau prostitusi, namun korupsi tidak terbatas pada hal-hal tersebut. Karenanya perlu dipelajari secara dalam untuk membedakan korupsi dengan kejahatan.

Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi memenuhi unsur-unsur, seperti perbuatan melawan hukum, penyalagunaan kewanangan, kesempatan, memperkaya diri sendiri dan merugikan keuangan negara. Jenis tindak pidana korupsi diantaranya, penyuapan, penggelapan jabatan, ikut serda dalam pengadaaan dan menerima gratifikasi.

Contoh Teks Eksplanasi Bullying

Bullying

Penindasan adalah penggunaan ancaman, kekerasan atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial hingga fisik. Hal ini dapat berupa pelecehan secara lisan, kekerasan fisik, atas dasar ras, seksualitas, gender, agama dan kemampuan.

Tindakan penindasan terdiri dari empat jenis, fisik, verbal, cyber dan emosional. Budaya ini dapat berkembang di mana saja selagi terjadi interaksi antara manusia, di mulai dari sekolah, tempat kerja, rumah, hingga lingkungan.

Faktor penyebab terjadinya bullying didasari dari rasa benci, iri, kurang perhatian, korban kekerasan hingga meniru tindakan kekerasan dari film atau game. Namun ada pula yang menggunakannya sebagai alat untuk menyembunyikan rasa malu dan mendorong rasa percaya diri muncul. Karenanya, pelaku mencari kelemahan dari korban bullyingnya.

Ciri khusus dari korban bully adalah anak yang pendiam, mudah menangis, pendiam, cemas dan anak yang biasanya dilakukan overprotective oleh orang tuanya. Maraknya fenomena bullying yang terjadi sekarang dapat dikurangi. Salah satunya dengan mengawasi anak secara berkala, saat menonton televisi atau tayangan yang berbau kekerasan atau kriminalitas.

Sementara pihak sekolah dapat memberikan ekskul yang bermanfaat untuk mengisi luang. Anak-anak dapat meluangkan waktunya untuk mengikuti ekskul sesuai minat dan bakatnya. Jadi tidak ada kesempatan untuk melakukan penindasan pada anak-anak lainnya.

Fenomena bullying dapat menimbulkan berbagai dampak. Dampak positif akan nampak jika korban tidak menyerah dan pasrah. Korban akan belajar untuk lebih kuat dan termotivasi untuk tidak lagi diremehkan. Sementara, dampak negatifnya adalah korban bullying merasa tidak nyaman di mana pun berada, bahkan dapat menimbulkan depresi bagi korban.

Alasan bullying di sekolah saat ini semakin meluas adalah sebagian besar korban enggan untuk menceritakan pengalamannya kepada pihak yang berpengaruh. Korban merahasiakannya, karena ketakutan pada pelaku melakukan bullying-nya secara berulang. Sehingga, korban semakin menyerap kelakuan yang sama dan menerapkannya di masa yang akan datang.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Sistem Zonasi, Baik atau Buruk

Dalam dua tahun terakhir, sistem zonasi telah dimanfaatkan oleh kementrian pendidikan. Sistem ini diterapkan untuk seluruh jenjang pendidikan, dimulai dari SD hingga SMA. Di mana, sistem zonasi mengatur peserta didik setiap sekolah dengan dasar lokasi rumah yang dekat dengan sekolah. Kehadiran sistem ini, rupanya menimbulkan pandangan beragam di masyarakat. Di mana, ada yang menyetujui dan sebagian pihak menolak menggunakannya.

Bagi sebagian masyarakat, sistem ini dinilai baik. Karena sistem dapat meratakan sistem pendidikan di Indonesia, sehingga tidak lagi muncul sekolah favorit dan non favorit. Tanpa adanya sistem zonasi, banyak sekolah yang memiliki kualitas dengan fasilitas baik. Namun sekolah lain, tidak memiliki hal yang sama dan menimbulkan kesenjangan.

Namun bagi sebagian orang tua, tingkat kecerdasan anak adalah hal penting. Tingkat kecerdasan dapat meningkatkan minat dan semangat anak dalam belajar. Di mana, anak memiliki tujuan untuk belajar guna mendapatkan sekolah yang diinginkannya. Karenanya sistem zonasi tidak tepat untuk digunakan, karena anak tidak dapat memilih sekolah yang diinginkan.

Pada dasarnya, sistem zonasi adalah sistem yang baik. Namun perlu dilakukan evaluasi secara berkala seperti meratakan fasilitas yang terdapat di setiap sekolah. Jadi, tidak lagi ada kesenjangan antar tiap sekolah. Pemerintah pun memberikan prosentase sendiri bagi siswa yang dekat sekolah, siswa berprestasi, siswa dengan perlakuan dan perhatian khusus lainnya. Semoga ke depannya, sistem zonasi dalam lebih baik dan menguntungkan bagi siswa.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan dan Kabut Asap

Kebakaran hutan dapat terjadi secara alami, namun kebanyakan kebakaran disebabkan oleh manusia. Pembakaran hutan merupakan metode lama yang digunakan untuk membuka lahan pertanian baru dan pemanfaatan lainnya. Hal ini banyak dilakukan di berbagai negara, termasuk negara maju.

Hal ini menjadi perhatian, bukan karena ancaman tambahan terhadap keanekaragaman hayati dan sistem alam, namun dapat menyebabkan karbon dioksida. Parahnya, karbon dioksida sangat berbahaya bila dihirup oleh manusia dan hewan secara berulang. Kebakaran hutan dapat terjadi secara alami dan memegang peranan penting dalam siklus ekosistem hutan.

Alam yang luas bersifat dinamis dalam menanggapi respons terhadap variasi iklim dan gangguan alam lain, seperti kebakaran hutan yang disebabkan oleh sambaran petir. Banyak spesies tumbuhan yang berevolusi dari kebakaran hutan. Umumnya, kebakaran hutan dimulai pada pembakaran cabang-cabang kecil dan membersihkan kayu mati. Sehingga regenerasi tumbuhan lain dapat menjadi lebih ideal. Hal ini pun membuka ruang lebih besar bagi mahluk hidup.

Setelah api membakar pepohonan, suksesi dimulai. Spesies pionir akan tumbuh, seperti gulma dan rumput. Kemudian diikuti oleh tanaman yang lebih tinggi dan lebih lambat tumbuhnya. Pohon pertama yang muncul adalah pinus kecil dan terus berkembang dengan tanaman lainnya, hingga waktu ratusan tahun.

Realitas ini membawa pengertian lebih besar untuk dapat memahami hutan. Hutan harus dikelola dengan pasti, agar dapat seimbang dan berkelanjutan dari ekosistem hutam. Praktik ini menggunakan kombinasi tindakan penahanan dalam upaya menyeimbangkan kebakaran berkala. Tujuannya, untuk kesehatan ekosistem dan bahaya kebakaran yang tidak terkendali bagi manusia.

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Pengangguran

Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang banyak menjadi masalah di masyarakat. Secara umum, pengangguran diartikan sebagai orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak memiliki penghasilan.

Pengangguran dapat terjadi karena tidak adanya kemauan untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Kesehariannya hanya dihabiskan dengan berdiam diri dalam rumah. Tidak jarang, individu ini hanya bergantung pada belas kasihan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Ada beberapa faktor yang mendasari penyebab terjadinya pengangguran. Salah satunya, pengangguran dapat terjadi karena tidak memiliki ijazah yang diperlukan. Alasan lainnya, karena tidak memiliki keterampilan dan tidak memiliki keahlian yang tinggi hingga tidak mampu bersaing dengan pekerja lainnya.

Akibat terjadinya pengangguran adalah timbulnya persoalan ekonomi dan sosial bagi individu tersebut. Pengangguran tidak memiliki penghasilan, sehingga tidak memiliki dana untuk memenuhi barang kebutuhan hidup. Semakin besar jumlah pengangguran, dapat menimbulkan kekacauan sosial. Jumlah gelandangan akan meningkat dan menimbulkan potensi kriminalitas.

Oleh karena itu, pengangguran adalah masalah yang harus segera dicarikan solusi. Sebut saja dengan memulai memperbaiki kondisi lapangan kerja. Semakin baik kondisi lapangan kerja, kekerasan dapat dikurangi. Kemudian perlunya meningkatkan komposisi lulusan sarjana yang disesuaikan dengan pasar tenaga kerja. serta memberikan keterampilan memadai untuk menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Contoh Teks Eksplanasi Ilmiah

Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan dan zat-zat berbahaya dengan tujuan selain pengobatan, penelitian, memberikan semangat dan halusinasi. Apabila digunakan tanpa aturan dapat menimbulkan ketergantungan. Obat-obatan yang dibiasanya disalahgunakan dapat berupa, zat adiktif, narkotika dan psikotropika.

Penyalahgunaan narkoba terjadi karena salah pergaulan dan rasa ingin tahu yang kuat. Ada pula alasan lain berupa mudahnya mendapatkan obat-obatan tersebut. Faktor lainnya adalah adanya perasaan penasaran untuk mencoba dan keinginan untuk bersenang-senang. Ada faktor lain yang mendorong hal ini, seperti faktor lingkungan.

Lingkungan sekitar, seperti keluarga yang bermasalah dapat membuat anak melampiaskan diri pada narkoba. Faktor berikutnya adalah ketersediaan narkoba yang mudah didapat dan harganya murah. Penggunaan obat-obatan secara terus menerus, dapat menyebabkan kecanduan. Bila hal ini terjadi, maka pengguna akan melakukan berbagai cara guna mendapatkannya.

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan dampak negatif. Sebut saja adanya perubahan sikap, sering membolos, pencurian, kegilaan dan yang terparah adalah kematian. Sementara hal positif dari penggunaannya, sangat minim dibandingkan dampak negatif. Oleh karenanya, dibutuhkan langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak dini bagi anak-anak dan remaja.

Cara mencegah penyalagunaan narkoba dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan agama sejak dini. Anak yang memahami pendidikan agama, dapat memahami mana yang baik dan buruk. Orang tua pun memiliki peran penting dalam mengawasi anak, baik di sekolah dan di rumah. Orang tua perlu memberikan perhatian, agar tidak mencari kesenangan dengan cara yang salah. Oleh karena itu, perlu dilakukan kerja sama antara masyarakat dan pemerintah.

Manakah contoh yang menarik perhatian anda? seluruh contoh di atas adalah contoh teks eksplanasi yang lengkap dan dapat dijadikan referensi. Seluruhnya dibuat sesuai dengan struktur, sehingga proses pembacaannya dapat dilakukan dengan mudah.

error: Content is protected !!