3 Contoh Teks Eksposisi Tentang Identifikasi

Contoh teks eksposisi tentang identifikasi – Masukuniversitas.com. Teks eksposisi merupakan suatu paparan atau uraian yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari suatu karangan. Sedangkan identifikasi merupakan suatu usaha untuk menyebutkan unsur-unsur atau ciri-ciri dari suatu objek. Sehingga dapat dikatakan bahwa teks eksposisi tentang identifikasi merupakan suatu uraian yang menjelaskan tentang unsur-unsur atau ciri-ciri dari suatu objek.

Ciri-ciri dari suatu objek yang disebutkan tersebut diharapkan dapat membuat pembaca lebih mengenali objek yang dijelaskan. Agar anda dapat memahami dengan lebih jelas mengenai teks eksposisi identifikasi ini, maka di dalam artikel ini akan dipaparkan 3 contoh teks eksposisi tentang identifikasi.

3 contoh teks eksposisi tentang Identifikasi

teks eksposisi tentang identifikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa teks eksposisi tentang identifikasi menjelaskan mengenai karakteristik dari objek yang dijelaskan, baik dari segi eksternal objek maupun dari internalnya. Berikut ini 3 contoh teks eksposisi tentang identifikasi yang dapat anda jadikan referensi.

1. Teks Eksposisi Identifikasi Tentang Jahe

teks eksposisi identifikasi jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan serbaguna, dimana jahe ini mempunyai banyak manfaat baik sebagai bahan penyedap rasa maupun bagi kesehatan. Jahe ini bisa memberikan rasa pedas ketika dijadikan sebagai penyedap rasa pada makanan, jahe juga sering digunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan. Jahe ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati masuk angin, hal ini karena jahe sendiri memiliki suatu kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang.

2. Teks Eksposisi Identifikasi Tentang Oksigen

teks eksposisi identifikasi oksigen

Oksigen selain bermanfaat bagi manusia juga memiliki kekurangan. Dimana oksigen ini dapat merusak sel pada tubuh. Hal ini dikarenakan oksigen sendiri dapat memicu munculnya radikal bebas yang ada di dalam tubuh, dimana radikal bebas ini dapat mengorupsi informasi berupa data DNA. Apabila kerusakan akibat dari radikal bebas ini sudah cukup parah, maka sel-sel secara genetis akan menghancurkan diri sendiri.

Hal ini semacam mekanisme dari penyelamatan diri, tujuannya untuk mencegah perusakan sel berubah menjadi karakter. Sehingga para peneliti mempunyai gagasan agar gen khusus dilenyapkan, sehingga protein-protein pemicu proses bunuh diri sel ini tidak keluar dan agar sel-sel tersebut dapat bertahan hidup lebih lama lagi.

3. Teks Eksposisi Tentang Identifikasi yang Menjelaskan Seseorang

identifikasi menjelaskan seseorang

Rio merupakan anak dari seorang PNS di kantor Bupati. Nama lengkapnya adalah Rio Saputra Siregar. Rio ini memiliki banyak uang, namun dia tidak sombong dengan hal tersebut. Kulitnya berwarna sawo matang dengan badan yang cukup tinggi, sehingga orang cukup mudah untuk mengenalinya. Orang tua Rio berasal dari kota Medan, Sumatera Utara. Namun Rio sendiri lahir dan dibesarkan di Tembilahan, Riau.

Rio adalah anak yang cukup lucu. Dia suka sekali bercanda dan bercerita bersama teman-temannya. Dia juga gemar melakukan kegiatan yang menantang adrenalin, sehingga dia tidak takut pada ketinggian dan gemar memanjat tebing. Rio juga sering menggunakan tangan kirinya untuk beraktivitas, baik untuk menulis dan melakukan aktivitas lainnya menggunakan tangan kiri.

Ketiga contoh teks eksposisi tentang identifikasi tersebut membahas topik yang berbeda. Namun sama-sama menjelaskan tentang unsur-unsur atau ciri-ciri dari objek yang dijelaskan. Pada contoh pertama mengidentifikasi jahe dari manfaatnya.

Contoh kedua mengidentifikasi oksigen melalui kekurangannya. Sedangkan contoh ketiga mengidentifikasi tokoh Rio Saputra Siregar melalui hobi dan bahasan lainnya. Masih banyak sekali topik yang bisa dibahas dalam teks eksposisi tentang identifikasi ini, baik dari hal yang sederhana sampai hal yang bersifat ilmiah. Semoga bermanfaat.