Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet Beserta Strukturnya

Contoh teks eksposisi tentang internet – Teks eksposisi merupakan sebuah paragraf yang membuat informasi di dalamnya, dimana informasi tersebut ditujukan untuk memberikan pengertian mengenai suatu hal serta ditulis dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Baca selengkapnya mengenai teks eksposisi diartikel sebelumnya. Setiap contoh dari banyaknya teks eksposisi berbeda-bedakan informasi yang berikan. Misalnya kali contoh teks eksposisi tentang internet.

Gaya informasi dari teks eksposisi bersifat mengajak, namun tidak bersifat memihak yang dilengkapi dengan data-data yang akurat. Struktur teks eksposisi sendiri terdiri atas tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Untuk lebih jelasnya di dalam artikel ini akan mengulas contoh teks eksposisi tentang internet beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet Beserta Strukturnya

teks eksposisi internet

Di dalam teks eksposisi sendiri bisa membahas apapun, mulai dari pendidikan, hukum, ekonomi, sosial, dan lainnya. Bahasan tersebut dapat dipilih sesuai dengan ketertarikan dan minat penulis. Salah satunya yang bisa dibahas adalah tentang internet, baik dari jaringannya atau mengenai cara kerjanya. Berikut ini contoh teks eksposisi tentang internet beserta strukturnya.

1. Tesis

Struktur pertama dari teks eksposisi adalah tesis, yang mana bagian ini berisi tentang sudut pandang penulis terhadap suatu permasalahan.

Berikut ini contohnya mengenai internet berdasarkan thesis:

Internet merupakan suatu sistem komunikasi yang jaringannya saling terhubung secara keseluruhan, baik digunakan sebagai media komunikasi di bidang pendidikan, ekonomi, hukum, maupun sosial dan bidang-bidang lainnya.

2. Argumen

struktur argumentasi teks eksposisi

Setelah dinyatakan tesis dari penulis, maka tesis tersebut dapat diperkuat menggunakan argumen. Sehingga argumen sendiri digunakan untuk menerima atau menolak suatu pernyataan.

Berikut ini contoh argumen teks eksposisi mengenai internet:

Internet dari segi pendidikan sangat bermanfaat memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, terutama informasi-informasi yang digunakan dalam mengembangkan ilmu. Namun tidak sedikit pula pelajar-pelajar yang menyalahgunakan kemudahan akses ini, dimana ada saja ditemukan karya-karya dari hasil menjiplak karya orang lain.

Internet dari segi ekonomi sangat bermanfaat bagi mereka yang menjalankan bisnis, baik bisnis kecil-kecilan sampai bisnis yang cakupannya cukup luas. Terutama bagi pebisnis yang menjalankan bisnisnya di rumah, internet bisa sangat bermanfaat untuk dijadikan sarana atau media untuk berkomunikasi dengan pelanggannya atau kliennya. Namun tentu anda tetap harus hati-hati, mengingat saat ini marak sekali penipuan yang dilakukan secara online.

Internet dari segi sosial juga sangat membantu untuk menjalankan kehidupan sosial anda, dimana internet ini bisa membantu anda untuk tetap berkomunikasi dengan teman, sanak saudara, dan keluarga. Jarak yang jauh tidak akan menjadi masalah, karena anda tetap bisa berkomunikasi dengan bantuan internet ini. Saat ini banyak sekali pula aplikasi yang biasa digunakan untuk berkomunikasi seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter, line, dan masih banyak lagi.

3. Penegasan Ulang

struktur teks eksposisi penegasan ulang

Struktur teks eksposisi yang ketiga yaitu penegasan ulang, dimana di bagian ini berisi tentang kesimpulan dari keseluruhan teks eksposisi yang dibahas.

Berikut ini contoh penegasan ulang dari teks eksposisi mengenai internet:

Internet memang sangat bermanfaat dalam membantu komunikasi di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan lainnya. Namun internet tetap memiliki kerugian ketika digunakan, sehingga penggunanyalah yang harus lebih bijak dalam menggunakan internet tersebut.

Ulasan mengenai struktur dan contoh teks eksposisi tentang internet tersebut hanya sekedar menggambarkan bagaimana isi dari teks eksposisi, masih banyak bahasan lain yang dibahas dalam teks eksposisi. Anda bisa memilih bidang apapun yang membuat anda tertarik untuk membahasnya, serta yang terpenting adalah teks eksposisi harus mencakup ketiga struktur mulai dari tesis, argumen, dan penegasan ulang. Semoga bermanfaat. Jika perlu, Anda juga bisa mengetahui contoh teks eksposisi tentang lingkungan di artikel tersebut.