Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Sudahkah Anda mengetahui contoh teks eksposisi tentang kesehatan yang benar? Eksposisi adalah bentuk tulisan yang mengandung data yang valid, non fiksi, ilmiah, akurat, serta disajikan secara singkat, padat dan, jelas sehingga tulisan ini mampu menjelaskan suatu pemikiran dan membawa ada sebagai pembaca kepandangan yang lebih luas lagi. Eksposisi adalah bentuk penguraian suatu objek sehingga wacana tersebut dapat memperluas pandangan dan wawasan pengetahuan anda.

Apa Saja Unsur Penyusun Teks Eksposisi?

Sebelum kita berlanjut pada contoh teks eksposisi tentang kesehatan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu susunan yang terkandung di dalam teks esposisi. Dalam teks eksposisi terdapat tiga unsur penyusun yaitu pendahaluian, isi, argumen dan penegasan ulang. Berikut pengertian dari masing-masing unsur penyusun teks eksposisi:

Baca juga artikel lain: contoh teks eksposisi tentang hewan

Pendahuluan

Di dalam pendahuluan biasnya berisi tentang ide dari teks ekposisi, di sini dimuat bagaimana pandangan sang penulis tehadap topik yang sedang ia bahas. Pada pendahuluan juga dijelakan maksud dan isi dari topik yang akan dipaparkan.

Isi

Di dalam isi biasanya termuat segala informasi yang telah penulis dapatkan dari literatur maupun penelitian-penelitian. Isi adalah bagian pokok dari sebuah teks eksposisi, pada bagian isi dimuat argumen serta fakta ilmiah yang berfungsi untuk menudukung argumen penulis.

Atau, Anda bisa contoh dari artikel ini: Contoh Teks Eksposisi Tentang Identifikasi

Argumen

Dalam argumen berisi bukti-bukti relevan yang mendukung thesis atau ide dari sebuah teks eksposisi. Pada umumnya argumentasi akan mengandung fakta-fakta yang relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan dalam teks eksposisi. Seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka-angka yang bersifat konkrit.

Penegasan ulang

Penegasan ulang adalah untuk memuat kesimpulan yang meliputi pembukaan, sehingga argumentasi yang disampaikan si penulis yang yang disampaikan dengan singkat dan mudah dipahami.

Atau, Anda sedang mencari contoh teks eksposisi tentang internet << Ada disini, silakan dibaca

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

teks eksposisi untuk kesehatan

Seperti yang sudah kita paparkan tentang pengertian dan unsur yang terkandung dalam teks eksposisi berikut mari kita simak contoh teks eksposisi tentang kesehatan yang baik dan benar:

Contoh artikel lain, bisa dibaca disini >> Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Alpukat, buah dengan ciri khas berwarna hijau kuning dan biji buah yang besar didalamnya memiliki nutrisi dan beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Buah ini memiliki rasa yang cenderung hambar dengan sedikit sensasi rasa manis dan mengenyangkan bila dimakan, karena buah alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Buah alpukat seringkali dikonsumsi dengan cara dibland dengan tambahan susu, atau juga hanya dimakan langsung.

Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa alpukat tidak baik untuk seseorang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi. Namun buah ini tetap memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan yang dimiliki oleh buah ini diantranya adalah asam oleat tak jenuh, vitamin E, pitosterol, folat, dan kalium. Selain kandungan tersbebut juga ada kandungan lemak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, vitamin C, antioksidan dan kolagennya.

Anda juga bisa baca ini: Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi

Banyaknya vitamin yang terkandung dalam alpukat tersebut membuat buah ini kaya akan manfaat. Manfaat buah alpukat diantaranya adalah dapat menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit karena mengandung kolagen, dan manfaat yang cukup menarik walau alpukat mengandung lemak. Selain itu juga, alpukat dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan, dan bila anda mengkonsumsi alpukat anda akan merasakan rasa kenyang yang cukup lama.

Baca juga yang berkaitan contoh dari teks ini: Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Karakter

Beberapa khasiat dan manfaat buah alpukat bisa dijadikan sebagai referensi dan tips kesehatan yang mudah untuk dilakukan. Dengan berbagai manfaat yang terkandung dalam alpukat, maka tidak perlu ragu lagi bila akan mengkonsumsi buah ini. Mari jaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi buah alpukat.

Demikian artikel tentang contoh teks eksposisi tentang kesehatan ini. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.