Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Teks eksposisi merupakan tulisan yang berisikan suatu informasi maupun fakta dengan pengembangan dalam sebuah paragraf. Teks ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan tertentu, sehingga pembaca dapat memperoleh pengetahuan baru dalam tulisan yang disampaikan penulis. Untuk lebih jelas tentang contoh teks eksposisi tentang lingkungan dan beberapa bagian yang ada didalamnya, anda dapat melihat penjelasannya melalui contoh. Sehingga tidak terjadi kesalahan saat akan menuliskannya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Berikut ini merupakan contoh teks eskposisi tentang lingkungan yang dapat dijadikan acuan untuk membuat teks eksposisi milik anda. Berikut informasi lengkapnya.

Ingin mengetahui contoh seperti contoh teks eksposisi tentang identifikasi << silakan baca disini

teks eksposisi tentang lingkungan

Hilangnya Hutan Lindung Sebabkan Munculnya Pemanasan Global

Hilangnya Hutan Lindung Sebabkan Munculnya Pemanasan Global

Sebelumnya, untuk mengetahui berbagai contoh teks eksposisi << disini contoh yang lengkap dan banyak

Tesis

tesis teks eksposisi pemanasan global

Pemanasan global saat ini sudah terjadi di berbagai belahan dunia. Hal ini terjadi karena kondisi suhu bumi kian hari semakin panas. Pemanasan global menyebabkan berbagai dampak pada bumi, salah satunya lapisan ozon yang semakin menipis dan menyebabkan sinar ultraviolet masuk ke bumi tanpa adanya penghalang. Dampak lainnya adalah pemanasan global menyebabkan permukaan air laut naik karena mencairnya es di kutub.

Baca juga: contoh teks eksposisi tentang kesehatan

Pemanasan global terjadi karena adanya karbondioksida yang terdapat di atas bumi secara berlebihan. Keadaan menyebabkan lapisan ozon bumi semakin menipis. Karbondioksida yang tersedia di bumi tidak sebanding dengan jumlah pohon yang tersedia. Hal ini dikarenakan, hutan-hutan yang tersedia telah dijadikan sebagai lahan industri, pertanian, hingga dijadikan sebagai hutan produksi. Walaupun sebenarnya pohon-pohon inilah yang dapat menyerap karbondioksida di bumi semakin berlebihan.

Atau, artikel ini bisa juga Anda baca: contoh teks eksposisi tentang hewan

Argumentasi

argumentasi teks eksposisi pemanasan global

Beberapa tahun belakangan, kenaikan suhu diberbagai belahan dunia terbilang sangat parah. Pemanasan global terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida di atmosfer bumi. Gas karbondiaksida muncul karena beragam alasan, diantaranya asap pabrik ataupun kendaraan bermotor. Hal ini dapat dibuktikan bahwa di beberapa kawasan terdapat pabrik yang aktif beroperasi, akibatnya kadar karbondioksida terus meningkat.

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan karakter << bisa Anda baca disini ya

Salah satu negara yang menyumbangkan karbondioksida terbesar adalah Indonesia. Karena jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya, belum lagi jumlah pabrik yang turut bertambah di negara-negara industri. Negara industri memiliki jumlah pabrik yang lebih besar dan kemungkinan besar karbondioksida terus bertambah karena adanya aktivitas tersebut. Sudah selayaknya negara industri mengatasi jumlah karbondioksida yang dikeluarkan karena aktivitas pabrik yang dilakukan.

Keadaan semakin diperburuk dengan hutan dunia yang memiliki fungsi mengurangi gas karbondioksida tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Karena, pepohonan yang tersedia ditebang dan tidak kembali digantikan dengan pepohonan baru. Di samping itu, beberapa kasus diberbagai negara mengalihkan fungsi hutan menjadi hutan konservasi. Kegiatan-kegiatan ini, tentu saja membuat kondisi bumi semakin buruk.

Penegasan Ulang

penegasan ulang teks eksposisi

Pemanasan global yang terjadi di bumi beberapa tahun belakanga, semakin buruk keadaannya. Hal ini disebabkan karena setiap harinya semakin bertambah jumlah pabrik yang beroperasi dan menyebabkan karbondioksida di atmosfer semakin bertambah. Keadaan ini diperparah oleh asap kendaraan bermotor dan tidak berkerjanya hutan yang tersedia di bumi ditebang secara sembarangan oleh manusia.

Atau bahkan, ingin baca contoh teks eksposisi tentang ilustrasi << jangan kuatir ada diartikel ini

Penebangan hutan yang dilakukan secara sembarangan, menyebabkan pohon tidak dapat mengurangi pemanasan global dengan meminimalisir emisi gas yang ada di atmosfer bumi. Alih-alih memberikan solusi dengan membuat hutan konservasi, keberhasilan hutan ini justru memperburuk keadaan bumi dan pemanasan global semakin memburuk.

Kesimpulan

kesimpulan teks eksposisi pemanasan global lingkungan

Dalam setiap pembuatan teks eksposisi anda harus memperhatikan beberapa bagian yang harus ada didalamnya. Untuk dalam mengetahui contoh teks eksposisi tentang lingkungan, cobalah mencari tahunya melalui internet atau mencari pendapat orang lain terkait teks eksposisi yang telah dibuat. Nah, untuk mengetahui bagaimana contoh teks eksposisi tentang internet berikut diartikel sebelumnya.