Contoh Teks Persuasi: Pengertian, & Jenis

Contoh teks persuasi, pengertian dan jenisnya. Bagi Anda yang sudah terbiasa bergelut dengan dunia kepenulisan atau jika Anda adalah seorang pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan jenis teks tersebut. Sebagai salah satu jenis teks yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut seharusnya masyarakat pun sudah tidak asing lagi, bukan? Namun, jikalau Anda belum memahami jenis teks tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menyimak penjelasan mengenai jenis kalimat persuasi beserta contoh kalimat persuasi tersebut.

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tidak asing dengan beberapa kalimat yang sering didengar melalui televisi, surat kabar atau leaflet. Namun, sayangnya mereka tidak menyadari bahwa kalimat-kalimat tersebut merupakan suatu bagian dari teks persuasi. Untuk memahaminya lebih dalam, tidak ada salahnya untuk menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sudahkah Anda Mengenal, Apa Itu Teks Persuasi?

contoh untuk teks persuasi

Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi merupakan jenis teks yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Entah sadar atau tidak sebenarnya hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari tentu terdapat unsur kalimat persuasi. Lantas, apa sebenarnya teks persuasi tersebut?

Teks persuasi merupakan suatu teks yang berisi himbauan atau ajakan kepada para pembaca untuk melaksanakan suatu hal sesuai dengan kehendak si penulis. Beberapa bidang biasanya sangat membutuhkan jenis teks tersebut, contohnya saja dalam dunia pendidikan, kesehatan, politik dan bidang-bidang lainnya yang menghendaki pembaca untuk melakukan hal-hal yang diinstruksikan si penulis.

Dalam menyusun suatu teks persuasi tersebut diperlukan suatu tata bahasa dan struktur kata yang runtut dan sistematis. Tidak hanya itu saja, unsur kalimat yang berisi ajakan juga harus ditata sedemikian rupa agar terkesan tidak menggurui dan tidak terlalu kentara bahwa itu adalah jenis teks persuasi. Umumnya teks tersebut selalu dilengkapi dengan gambar-gambar atau simbol yang menunjukkan suatu ajakan atau himbauan. Hal tersebut menyebabkan sebagian orang tidak menyadari bahwa sebenarnya ketika membaca suatu teks persuasi dirinya sudah digiring opininya agar mematuhi apa yang diharapkan oleh si penulis. Untuk lebih mengenali apa itu teks persuasi, berikut akan dibahas mengenai contoh teks persuasi lengkap.

Jenis dan Contoh Teks Persuasi

jenis-jenis untuk teks persuasi

Dalam tata kepenulisan Bahasa Indonesia terdapat suatu jenis kalimat atau teks yang berisi suatu ajakan atau himbauan. Jenis teks tersebut mempunyai tujuan agar pembaca dapat melaksanakan sesuatu hal sesuai dengan yang dikehendaki oleh si penulis. Perlu Anda ketahui bahwa dalam Bahasa Indonesia terdapat suatu kaidah tata kepenulisan yang harus dipatuhi. Salah satunya berkaitan dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) serta unsur SPOK (Subjek – Predikat – Objek – Keterangan). Namun, untuk penyusunan kalimat ini, Anda tidak sepenuhnya dituntut untuk menyesuaikan kaidah tersebut. Hal yang harus Anda perhatikan adalah dalam menyusun kalimat harus efektif dan efisien.

Anda tentu sudah tidak asing tekait dengan penjelasan efektif dan efisien. Ketika Anda menuliskan kalimat persuasifnya secara efektif dan efisien maka sudah tentu pembaca akan dengan mudah mengetahui maksud dari si penulis. Agar lebih jelas terkait contoh teks persuasi, berikut 6 contohnya.

1. Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Teks persuasi pendidikan biasanya selalu identik pada suatu moment atau event kependidikan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh teks persuasi pendidikan singkat.

“Budayakan Membaca Sedari Dini”
Membaca tentu sudah tidak bisa terelakkan dari keseharian masyarakat. Beragam media yang membantu proses tersebut sangat banyak dijumpai saat ini, mulai dari surat kabar, media elektronik, papan reklame maupun bentuk lainnya. Media-media tersebut memberikan informasi tidak hanya dari tanah air saja, namun juga dari beragam penjuru dunia. Untuk itu, bisa dikatakan bahwa membaca menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya agar memperoleh segala macam informasi dari penjuru dunia.

Namun, mirisnya saat ini budaya membaca sudah tidak segencar dulu. Meski teknologi kian canggih dan maju, nyatanya budaya membaca tetap kurang, justru cenderung disalahartikan. Alih-alih membaca, justru masyarakat saat ini lebih senang untuk bermain game online atau sekedar bermain sosial media di gawai yang miliki.

Melihat adanya fenomena tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengajak kembali para generasi muda untuk menanamkan budaya membaca sedari dini. Ketika kegiatan membaca sudah menjadi kebiasaan atau membudidaya, maka hal tersebut akan mengakar kuat dan menjadi suatu kebiasaan yang positif. Tidak ada kata terlambat, mulailah untuk membiasakan diri dengan mambaca setiap harinya walau hanya satu lembar.

2. Contoh Teks Persuasi Politik

ini contoh dari teks persuasi

Teks persuasi politik biasanya erat kaitannya dengan ajakan untuk memilih wakil rakyat atau dalam suatu moment politik lainnya. Teks tersebut sering dijadikan sebagai wadah untuk kampanye agar masyarakat mau memilihnya. Selengkapnya terkait contoh teks persuasi politik dapat dilihat pada paragaraf berikut ini.

Hanya tinggal menghitung hari saja kemana Anda akan membawa nasib Desa Gugutan ini. Ayo gunakan hal suara Anda besok tanggal 12 Juli 2017. Jangan golput, karena satu suara menentukan nasib 5 tahun kedepan. Gunakanlah dengan bijak hak suara Anda agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Jangan lupa, datang ke TPS 01 di Balai Desa Lama.

Luangkanlah waktu sejenak untuk mewujudkan Desa Gugutan yang makmur dan berdikari. Jangan sampai aktivitas dan rutinitas sehari-hari mengganggu pesta demokrasi tersebut.

3. Contoh Teks Persuasi Iklan

Teks persuasi iklan biasanya dijumpai pada beberapa media massa untuk mengajak atau menghimbau seseorang atas suatu produk. Terdapat bermacam-macam jenis teks persuasi iklan, mulai dari yang pendek atau panjang. Tidak ada yang berbeda, masing-masing jenis tersebut sama-sama mempunyai tujuan untuk menggiring masyarakat untuk menggunakan atau menghindari suatu produk. Hanya saja penggunaannya menyesuaikan keadaan. Berikut contoh teks persuasi iklan yang bisa Anda jadikan referensi.

Sirup merupakan minuman pelengkap dalam beberapa moment. Rasanya yang manis serta warna yang disuguhkan pun tak kalah menarik turut menjadi faktor penentu banyaknya masyarakat yang mengonsumsinya. Terdapat berbagai macam jenis sirup dengan berbagai merk dipasarkan. Hal tersebut membuat minat konsumsi masyaraiat akan sirup pun turut meningkat.

Sirup Fresh merupakan sirup buatan salah satu perusahaan di Indonesia tepatnya di daerah Jawa Barat. Sirup berwarna merah tersebut terbuat dari bahan dasar madu murni. Mempunyai kandungan madu yang cukup tinggi ditambah aroma frambosh semakin meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Kemasan sirup tersebut juga terbilang unik, dengan adanya tutup flip flop membuat sirup tidak mudah tumpah ketika menuangkan isinya. Untuk mendapatkan produk tersebut, kini Anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Jawa Barat. Cukup pergi ke supermarket terdekat kini Anda sudah bisa menikmati kesegaran dari sirup Fresh tersebut.

Selain contoh teks persuasi iklan di atas, terdapat contoh lainnya seperti terlihat di bawah ini.

Oatmeal merupakan makanan pengganti sarapan yang enak dan relatif mudah cara penyajiannya. Memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, protein, karbohidrat, kalium, mangan, zat besi, dan fosfor membuat makanan tersebut cocok digunakan untuk program diet. Tak hanya itu saja, ternyata oatmeal tersebut cocok dipadupadankan dengan aneka buah atau lauk pauk lainnya.

Beragam resep oatmeal banyak beredar di situs-situs penyedia jasa masakan. Hal tersebut mempermudah Anda untuk mencicipi oatmeal dengan aneka inovasi terbaru. Dijamin Anda tidak akan merasa bosan mengonsumsi oatmeal tersebut.

Kini hadir oatmeal “Narita”, oatmeal dengan kandunagn lengkap seperti oatmeal pada biasanya. Hanya saja keunggulan dari oatmeal tersebut Anda tidak perlu lagi memasaknya dengan aneka tambahan sayuran, bauh atau lauk pauk lainnya. Cukup tambahkan air panas saja, Anda sudah bisa mengonsumsi oatmeal tersebut. Tersedia dalam beberapa macam pilihan rasa, sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas dan rutinitas harian yang sangat padat. Efektif untuk dibawa kemana pun melalui kemasan mangkuk yang sangat minimalis. Tak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapatkan semangkuk oatmeal tersebut, kini Anda sudah bisa mendapatkannya di beberapa supermarket atau minimarket terdekat di rumah Anda.

4. Contoh Teks Persuasi Lingkungan

Teks persuasi lingkungan biasanya berkaitan erat dengan upaya untuk mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan sekitar. Entah dalam hal pencegahan penebangan pohon secara liar, dampak rusaknya terumbu karang, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, berikut akan disajikan contoh teks persuasi lingkungan.

Sampah menjadi hal lumrah yang ada di lingkungan masyarakat. Tidak hanya dalam lingkungan produksi atau perusahaan saja. Sampah juga diproduksi oleh rumah tangga. Biasanya sampah rumah tangga terbagi menjadi dua, yakni sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik lumrahnya terbentuk atas aktivitas rumah tangga berupa sisa sampah dapur. Sampah jenis ini mempunyai bau yang tidak sedap. Untuk itu upaya penanganan sampah tersebut pun juga berbeda dibandingkan dengan sampah anorganik. Sampah tersebut biasanya dimanfaatkan untuk pupuk kompos setelah melewati tahapan fermentasi. Lain hanlnya dengan sampah anorganik yang tidak bisa dijadikan sebagai pupuk organik.

Sampah anorganik sisa rumah tangga biasanya berbentuk botol-botol sisa kecap, parfum, sirup, plastik dan lain sebagainya. Sampah tersebut mempunyai ciri yakni tidak mudah terurai, sehingga penanganannya pun berbeda dibandingkan dengan sampah organik. Fenomena saat ini, jenis sampah tersebut hanya dibuang begitu saja tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu. Padahal jenis sampah tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah jika diberi sedikit kreativitas dan inovasi. Untuk itu segeralah ubah pola pikir Anda saat ini untuk mengubah barang-barang yang tidak terpakai (sampah anorganik) menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis.

5. Contoh Teks Persuasi Propaganda

Teks persuasi selanjutnya adalah persuasi propaganda. Teks tersebut merupakan jenis teks persuasi yang berisi imbauan yang keras berisi ajakan kepada pembaca agar menuruti apa yang diharapkan oleh si penulis. Tujuan akhir dari teks tersebut yakni si pembaca melaksanakan apa yang diharapkan oleh si penulis. Biasanya jenis teks tersebut digunakan pada kampanye. Contoh teks persuasi propaganda dapat Anda lihat pada pembahasan berikut ini.

Mie instant menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Terlepas dari harganya yang relatif murah, mie instant juga relatif mudah dan cepat cara penyajiannya. Hal tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang memilih untuk mengonsumsi makanan tersebut. Banyaknya variasi rasa yang ditawarkan juga cukup menjadi alasan banyaknya masyarakat yang memilih untuk mengonsumsinya.

Biasanya masyarakat Indonesia mengonsumsi mie instant dicampur dengan nasi. Padahal sudah kita ketahui bersama bahwa kedua jenis makanan tersebut tergolong mempunyai karbohidrat yang tinggi. Akibatnya, obesitas pun menjadi ancaman penyakit yang serius. Untuk itu, perbaiki kembali pola makan serta pilihan makanan yang akan Anda konsumsi ya guys. Jangan sampai obesitas menyerang, karena jika sudah terserang obsesitas maka lebih mudah untuk terjangkit penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

6. Contoh Teks Persuasi Kesehatan

Berbicara mengenai kesehatan tentu Anda sudah pernah membaca beberapa kalimat atau paragfraf yang berisi anjuran atau himbauan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Entah dalam bentuk kalimat, gambar atau lainnya tidak mengurangi maksud yang ingin disampaikan oleh si penulis. Anda bisa menemukan teks tersebut di sosial media, surat kabar, rumah sakit, leaflet dan lain sebagainya. Agar Anda bisa lebih memahami teks persuasi kesehatan tersebut, berikut terdapat beberapa contoh teks persuasi tentang kesehatan.

Teh hijau merupakan minuman yang identik dengan negara sakura, Jepang. Minuman tersebut kini bisa Anda nikmati di beberapa tempat yang menyediakan menu teh hijau. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang ya untuk mengonsumsi teh hijau tersebut. Kini banyak supermarket yang sudah menyediakan aneka teh hijau dengan berbagai macam jenis merk yang tertera pada label. Bagi Anda yang belum mengetahui kandungan dari teh hijau sedikit akan dijelaskan bahwa teh hijau mempunyai kandungan zat yang cukup baik untuk relaksasi. Aroma teh yang berbeda dibandingkan dengan jenis teh lainnya mampu memberikan efek tenang. Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, teh tersebut juga relatif efektif untuk menyukseskan program tersebut. Jadi, mulailah gaya hidup sehat Anda dengan mengonsumsi teh hijau tersebut ya ladies.

Bagi Anda yang masih membutuhkan referensi contoh teks persuasif tentang kesehatan, berikut akan dibahas kembali contoh lainnya.

Sarapan acapkali dilewatkan oleh beberapa orang. Bukan karena enggan, namun terkadang tuntutan pekerjaan yang terlalu banyak membuat seseorang lupa untuk sekedar memakan buah untuk sarapan. Padahal seperti yang sudah disampaikan oleh beberapa dokter kita tahu bahwa sarapan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Manfaat sarapan selain sebagai asupan nutrisi pertama kali di pagi hari, juga mempunyai manfaat lain yakni untuk menghindari kegemukan. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa ketika kita melewatkan sarapan pagi, maka tubuh akan mudah mengalami kenaikan berat badan.

Sarapan mempunyai tujuan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, namun tak sedikit yang melewatkan hal tersebut. Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi para penderita sakit maag. Ketika perut kosong untuk beberapa saat sebelum jam makan siang, sementara tuntutan pekerjaan sangat banyak tentu dapat membuat tingkat stress meningkat. Jika hal demikian sudah terjadi, maka sakit yang diderita pun bisa semakin parah.

Ayo biasakan sarapan sehat setiap pagi hari diawali dengan segelas susu dan outmeals, buah-buahan atau sereal. Hindari makanan berat seperti nasi, karena dapat membuat perut terasa penuh dan cepat mengantuk. Disamping itu, hindari pula makanan pedas agar kinerja dan procuktivitas kerja Anda meningkat tanpa terganggu oleh gejala sakit perut.

Beberapa contoh teks persuasi singkat tersebut masih sangat mungkin untuk Anda kembangkan lagi dalam beberapa bidang. Misalnya saja Anda bisa mengembangkan teks persuasi tersebut dalam konteks bidang agama, alam dan lain sebagainya. Hal yang perlu Anda perhatikan yakni tata cara penulisannya. Hindari kata yang tidak baku dan terkesan menggurui, karena pembaca akan merasa terganggu dan enggan untuk mengikuti apa yang diharapkan oleh si penulis.

Itu dia penjelasan singkat terkait teks persuasi beserta contohnya dalam beberapa bidang. Semoga contoh tersebut bisa Anda jadikan referensi untuk membuat teks persuasi lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.