Contoh Teks Ulasan, Berikut Ini 4 Contohnya

Sebagai seorang akademisi tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan teks ulasan. Teks ulasan atau yang sering disebut dengan teks review merupakan jenis teks yang berisi ulasan singkat mengenai sesuatu hal. Biasanya ulasan tersebut bersumber dari film, drama, maupun buku baik fiksi maupun nonfiksi. Banyak sekali contoh teks ulasan yang bisa Anda simak dalam penjelasan selanjutnya.

Meski sudah dijelaskan sebelumnya, sudahkah Anda mengenal dengan benar apa itu teks ulasan? Mungkin Anda berpikir bahwa teks ulasan sama dengan resensi. Namun, sebenarnya antara review atau ulasan dengan resensi terdapat sedikit perbedaan. Secara singkat teks ulasan merupakan penjelasan ulang atau penjelasan singkat dan mendetail tentang sebuah teks, film, drama, atau karya seni lainnya yang diberi tambahan opini penulis di dalamnya.

Sedangkan resensi hanya memuat penjelasan singkat atas sebuah karya seni, novel, atau buku lainnya disertai dengan sinopsis, opini dan kelebihan serta kekurangan dari karya-karya tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas mengenai contoh teks ulasan yang bisa Anda jadikan referensi.

Apa Itu Teks Ulasan? Samakah dengan Resensi?

apakah teks ulasan sama dengan resensi

Tentu saat ini Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ulasan. Dalam keseharian tentu Anda sudah sering menggunakan kata ulasan untuk mengomentari sebuah produk, film, buku dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda apa itu sebenarnya teks ulasan? Apa gunanya dan lain sebagainya? Berikut akan dibahas sedikit mengenai teks ulasan.

Secara garis besar teks ulasan merupakan suatu ringkasan atas suatu karya seni berupa buku baik fiksi maupun non fiksi, drama, film atau karya lainnya yang diberi tambahan opini penulis atas suatu karya tersebut. Struktur teks ulasan umumnya terdiri atas orientasi, tafsiran, ulasan, dan rangkuman. Sedangkan resensi adalah suatu ulasan yang ditujukan baik untuk pembaca lainnya maupun si pembuat karya, baik berupa novel, film, drama atau karya lainnya yang dianggap menarik untuk diulas.

Resensi umumnya berisi tidak hanya ulasan saja, namun juga berisi sinopsis, opini, serta rekomendasi bagi si penulis baik berupa kekurangan atau kelebihan dari karya tersebut.

Umumnya, masyarakat sering tertukar terkait kedua jenis teks tersebut. Namun, setelah membaca ulasan tersebut diharapkan Anda sudah tidak lagi salah dalam mengenali kedua jenis teks tersebut. Selanjutnya akan dibahas mengenai contoh teks ulasan dari beberapa referensi baik film, drama maupun novel.

Referensi Contoh Teks Ulasan dari Beberapa Karya

Agar Anda bisa membuat teks ulasan dengan baik, maka berikut akan dijelaskan mengenai beberapa contoh teks ulasan. Pada umumnya, teks ulasan bertujuan untuk memberikan informasi pada pembaca terkait penilaian atas suatu karya sastra baik berupa film, drama, novel atau lainnya. Berikut ini beberapa contoh teks ulasan tersebut.

1. Contoh Teks Ulasan Film

teks untuk ulasan film

Film biasanya menjadi salah satu bahan referensi dalam membuat teks ulasan atau review. Tidak ada ketentuan khusus mengenai genre film yang bisa dibuat ulasan, mulai dari kartun, romance, thriller dan lain sebagainya bisa dijadikan bahan untuk pembuatan ulasan. Sangat mudah dalam membuat teks ulasan tersebut, untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah contoh teks ulasan film yang bisa Anda jadikan referensi.

Judul : Tonari no Totoro (My Neighbour Totoro)

Sinopsis:

Cerita bermula ketika keluarga Kusakabe baru saja pindah ke daerah pedesaan. Seorang ayah bermana Tatsuo Kusakabe merupakan seorang dosen di sebuah universitas. Bersama dengan dua putrinya Satsuke dan Mei, mereka memutuskan untuk pindah ke sebuah desa dan menempati sebuah rumah tua karena alasan lebih dekat dengan rumah sakit istrinya dirawat, Yasuko.

Di dekat rumah tempat mereka tinggal terdapat pohon besar yang dipercayai sebagai tempat tinggal seorang dewa. Penduduk setempat percaya bahwa dewa yang menjaga alam dan pedesaan bersemayam di pohon besar tersebut. Pada suatu ketika Mei melihat ada bayangan telinga seperti kelinci tengah berjalan di rerumputan. Mei berusaha mengejarnya, hingga akhirnya dia masuk ke dalam rongga pohon besar tersebut. Ia melihat ada 3 binatang yang bersemayam disana, mulai dari ukuran yang kecil, sedang, hingga paling besar. Ia memanggilnya “Totoro”.

Sekembalinya dari pohon tua tersebut ia berusaha memberitahu kakak dan ayahnya. Sayangnya hanya orang tertentu saja yang dapat melihatnya. Hal tersebut membuat Satsuke berharap bisa bertemu dengan Totoro. Malam berikutnya Satsuke berhasil bertemu dengan Totoro di tempat pemberhentian bus ketika hendak menjemput ayahnya dari universitas. Melihat Totoro hanya mengenakan sehelai daun untuk melindungi tubuhnya dari hujan, Satsuke kemudian meminjamkan payung miliknya. Sebagai imbalan, Totoro memberikan biji-bijian sebagai bibit tanaman.

Keesokan harinya, mereka berdua menanam biji-bijian tersebut. Namun, ternyata bibit tersebut tidak kunjung tumbuh. Akhirnya melalui beberapa ritual menari bersama Totoro, bibit tersebut tumbuh menjadi pohon yang besar.

Ulasan:

Tonari no Totoro (My Neighbour Totoro) merupakan anime produksi Studio Ghibli tahun 1988. Meski sudah sangat lama, tidak mengurangi kualitas gambarnya. Cerita yang berusaha disajikan merupakan cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Konflik yang disajikan pun hanya konflik-konflik sederhana, misalnya saja ketika Mei merajuk pada Satsuke ketika dia dititipkan pada nenek. Sedangkan Satsuke pergi ke sekolah dan ayahnya sedang mengajar di universitas. Penyelesaian konfliknya pun hanya sekadar Mei ikut sekolah bersama Satsuke. Adapun konflik lainnya yakni ketika Mei hilang karena berusaha untuk ikut ke rumah sakit tempat ibunya dirawat. Satsuke bersama dengan warga satu kampung berusaha mencarinya kemana pun. Karena putus asa, Satsuke kemudian meminta Totoro untuk membantunya. Bantuan dari Totoro berupa bus kucing yang siap mengantarkan penumpangnya kemana pun. Akhir konflik pun Mei diketemukan dan bisa bersama-sama ke rumah sakit.

Tidak seperti kartun atau anime lainnya, Tonari no Totoro merupakan kartun yang sangat sederhana, namun memberikan beberapa pesan moral seperti mengajarkan arti persahabatan, saling menghargai, rendah hati dan lain sebagainya. Meski demikian, terdapat pula hal yang kurang menarik yakni berupa jalan cerita yang terkesan absurd. Namun hal tersebut tidak mengurangi kualitas dari film tersebut karena sangat cocok dan direkomendasikan untuk ditonton bersama dengan keluarga di rumah.

2. Contoh Teks Ulasan Buku

teks untuk ulasan buku

Hal lain yang bisa dijadikan sumber untuk bahan teks ulasan adalah buku. Anda tidak terpaku pada buku-buku fiksi saja, disini Anda bisa membuat ulasan dari buku-buku nonfiksi juga. Untuk ulasan yang berasal dari buku, terdapat beberapa perbedaan struktur penulisannya. Namun, secara umum masih relatif sama dengan film yakni berusaha menjabarkan penjelasan singkat, opini penulis, serta kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Agar Anda jauh lebih memahami, berikut terdapat contoh teks ulasan buku berupa novel.

Informasi Umum:

Judul : Istana Kaca
Pengarang : Jeannette Walls
Penerjemah : Inggrid Nimpoeno
Penerbit : PT. Serambi Ilmu Semesta
Jumlah halaman : 521 lembar

Sinopsis:

Kehidupan hanyalah sebuah drama yang penuh dengan berbagai macam drama dan komedi. Jeannette Walls bersama dengan tiga orang saudaranya tinggal bersama kedua orang tuanya yang idealis, nyentrik, dan tidak ingin dikekang oleh segala peraturan yang mereka anggap konyol. Sikap tersebut tentu menjadi sebuah berkah, anugerah, dan sekaligus sebuah kutukan.

Kehidupan keluarga tersebut sangat jauh berbeda dari kehidupan selayaknya keluarga lainnya. Mereka hidup secara nomaden, berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mulai dari gurun pasir, pegunungan, atau tempat-tempat lainnya yang ingin mereka kunjungi. Rex, sang ayah berusaha mengajari anak-anaknya sendiri berbagai macam pelajaran, seperti fisika, geografi, dan tentu pelajaran tentang kehidupan. Meski pun tinggal secara berpindah-pindah sebenarnya jauh dilubuk hati, mereka menginginkan bisa tinggal di Istana Kaca. Ibunya sendiri, Rose merupakan seorang pelukis dan gemar menulis. Dia menyebut dirinya sebagai seorang “Pecandu Kesenangan”.

Masalah menjadi kian memuncak ketika mereka kehabisan uang. Akibatnya mereka harus tinggal di sebuah perkampungan pertambangan yang kumuh. Hingga masalah lainnya pun bermunculan yakni sang ayah kecanduan minuman keras. Untuk itu sang ibu harus bekerja sebagai seorang pengajar, dan anak-anak terpaksa harus mengumpulkan barang-barang bekas seperti botol, kaleng dan lain sebagainya untuk dijual. Hingga klimaks permasalahannya yakni ketika orang tua mereka ternyata saling mengkhianati.

Berpuluh-puluh tahun Jeannette Walls mengubur jauh kisah keluarganya yang berantakan, hingga suaminya memberi dukungan untuk mengungkapkannya. Kini kisahnya sudah dapat dibaca oleh seluruh orang, sebuah kisah yang tidak hanya mengharukan, namun juga ada sisi optimisme dalam meraih sebuah harapan.

Kelebihan:

Novel tersebut merupakan kisah nyata. Sehingga kisah positif dari novel tersebut bisa dijadikan sebagai contoh dan pelajaran dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang yang berasal dari keluarga “berantakan”, Jeannette Walls mampu menurunkan egonya untuk tetap mengungkapkan jati dirinya meskipun dirinya sudah sukses dan terkenal. Hal tersebut menjadi sebuah pelajaran penting bahwa keluarga mempunyai peran penting dalam kehidupan kita.

Kekurangan:

Sajian permasalahan terlalu kompleks, mulai dari masalah ekonomi, penghianatan, dan juga hal-hal lainnya. Meski pun tergolong sebagai kisah nyata, namun hal tersebut menjadi kurang baik ketika dibaca oleh anak-anak yang belum cukup mengerti arti sebuah kehidupan. Disamping itu, terdapat beberapa kata kasar dan kotor yang ditulis dalam novel tersebut, alangkah lebih baiknya apabila penggunaan kata tersebut sedikit diperhalus.

Rangkuman:

Cerita novel ini sangat unik dan menarik. Kehidupan sebagai suatu hal yang penuh dengan segala drama, tragedi, dan komedi menjadi bahan utama dalam penulisan ide cerita.

Lengkap dengan segala hal yang baik dan buruknya sebuah kehidupan, novel ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan sebuah penjelasan mengenai gambaran sebuah keluarga. Namun, disaat sebuah penghianatan maupun masalah ekonomi datang, terlebih disaat masalah-masalah tersebut kian memuncak. Novel ini memberikan gambaran bagaimana seharusnya kita bertindak sebagai seorang bagian dari sebuah keluarga.

3. Contoh Teks Ulasan Drama

Sumber atau ide lain yang bisa dijadikan bahan pembuatan teks ulasan adalah drama. Banyak drama yang kini mulai beredar di TV kabel maupun TV berbayar. Sedikit berbeda susunan ulasannya dengan ulasan film dan novel, namun inti yang dimaksudkan tetap sama. Berikut adalah contoh teks ulasan drama korea yang bisa Anda jadikan referensi.

Informasi Umum:

Judul : Who Are You : School 2015
Genre : Sekolah, Drama, Remaja, dan Misteri
Pemeran utama : Kim So-Hyun, Nam Joo-Hyuk, dan Yook Sung Jae
Jumlah episode : 16 episode
Periode tayang : April – Juni 2015

Pemeran Utama:

Kim So-Hyun sebagai Lee Eun Bi atau Go Eun Byul
Nam Joo-Hyuk sebagai Han Yi Ahn (Ian)
Yook Sung Jae sebagai Gong Tae Kwang

Pemeran Pendukung:

David Lee sebagai Park Min Joon
Kim Hee Jung sebagai Cha Song Joo
Lee Cho Hee sebagai Lee Shi Jin
Jo Soo Hyang sebagai Kang So Young

Ulasan:

Cerita bermula ketika dua saudara kembar identik Eun Bi dan Eun Byul (Kim So-Hyun) terpisah karena salah satu diantaranya diadopsi oleh keluarga yang berbeda. Keduanya terpisah hingga belasan tahun. Masing-masing diantaranya mempunyai warna-warni kehidupan yang berbeda. Eun Byul diceritakan tinggal bersama orang tua angkat yang kaya, penuh dengan limpahan kasih sayang, serta bersekolah di SMA favorit. Lain halnya dengan Eun Bi yang tinggal di panti asuhan.

Diceritakan Eun Byul mempunyai teman dekat Yi Ahn (Nam Joo-Hyuk) yang bersekolah di SMA yang sama-sama favorit. Yi Ahn merupakan atlet renang dan merupakan orang yang disukai oleh Eun Byul. Sedangkan Eun Bi sekolah di salah satu SMA yang kurang popular. Eun Bi sering ditindas oleh teman-temannya dan merupakan korban bullying.

Karena depresi, dikisahkan Eun Bi mencoba untuk bunuh diri dengan terjun ke sungai. Pada saat yang bersamaan ketika Eun Byul tengah berlibur ke salah satu pulau, dia dikabarkan hilang dan tidak diketemukan. Eun Bi yang kala itu ditemukan oleh petugas medis, ternyata mengalami hilang ingatan. Orang tua Eun Byul yang tidak sadar mengira bahwa Eun Bi adalah anaknya, Eun Byul.

Kisah berlanjut hingga Eun Bi yang dikira adalah Eun Byul tersebut bersekolah di salah satu sekolah yang dekat dengan rumahnya. Ia bertemu dengan anak nakal, usil, dan jahil benama Tae Kang (Yook Sung Jae). Dia merupakan anak dari kepala sekolah di sekolah tersebut, namun karena masalah keluarga, membuat dirinya berubah menjadi anak yang pemberontak, usil, jahil, dan nakal.

Singkat cerita, Eun Bi jatuh hati akan ketulusan Yi Ahn yang mengira bahwa dirinya adalah Eun Byul. Begitupun dengan Tae kwang yang sudah jatuh hati terlebih dahulu pada Eun Bi. Namun, cinta segitiga itu pun berakhir ketika Eun Byul muncul. Ia menyadari bahwa Eun Bi adalah saudaranya yang telah lama terpisah. Tanpa memberitahu keluarganya terlebih dahulu, dia membiarkan saudaranya turut merasakan kasih sayang keluarga yang selama ini belum pernah ia rasakan.

Setelah semua rahasia tersebut terbongkar, kisah cinta mereka pun berakhir. Eun Bi lebih memilih Yi Ahn daripada Tae Kwang. Sedangkan Eun Byul lebih memilih untuk menjadi relawan di sebuah negara. Tae Kwang pun dikisahkan sudah berbaikan dengan ayahnya dan hidup dengan damai.

Rangkuman:

Drama tersebut menceritakan romansa remaja pada umumnya. Bersetting di sekolah, drama tersebut berusaha membahas mengenai kisah cinta remaja, persahabatan, kenakalan masa remaja, bahkan juga menyinggung bullying yang sering terjadi di sekolah. Cerita tersebut cukup menarik karena bercerita tentang cerita yang sering terjadi sehari-hari. Permasalahan yang ada pun disajikan secara sederhana sehingga menarik untuk ditonton bersama dengan keluarga.

Banyak ide atau pun sumber yang bisa Anda jadikan bahan teks ulasan, tidak hanya berupa film, buku maupun drama. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah struktur penyusunan teks ulasan tersebut. Contoh teks ulasan diatas hanyalah referensi, Anda bisa mengembangkannya kembali dengan menambahkan opini yang mendukung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.