Daftar Riwayat Hidup: Pengertian dan Cara Membuat CV

Sebagai salah satu editor di masukuniversitas, tentu harus bisa menjadi bagian dalam memberikan informasi penting yang pastinya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Contohnya, pada tulisan kali ini. Daftar riwayat hidup. Tentu, dari kata tersebut ada yang sudah pernah mendengar, membuatnya dan tujuan apa. Selain ada yang sudah mengetahui ada pula belum. Nah, untuk teman-teman yang paham benar pengertian dan cara membuat CV atau bahasa lainnya daftar riwayat hidup, mari kita meneruskan bacaan dibawah ini.

Untuk urusan melamar pekerjaan, biasanya surat lamaran kerja disandingkan dengan daftar riwayat hidup atau yang bisa disingkat juga dengan CV atau curriculum vitae. Riwayat hidup atau CV ini sangat diperlukan untuk mengenalkan diri pada orang atau instansi yang dituju, salah satunya adalah sebagai bahan pertimbangan diterima tidaknya seorang pelamar kerja. Lalu apa sih daftar riwayat hidup itu sebenarnya, kenapa daftar riwayat hidup ini begitu penting dan bagaimana cara membuatnya? Berikut kami sajikan penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup atau CV

Daftar riwayat hidup atau CV adalah sebuah daftar yang berisi informasi tentang seseorang atau sejarah hidup seseorang, dimana didalamnya tidak hanya berisi tentang data diri, tetapi juga berisi riwayat pendidikan serta daftar keahlian atau pengalaman kerja yang sudah dimiliki.

Daftar Riwayat Hidup

Dengan demikian, daftar riwayat hidup atau CV ini bisa dikatakan sebagai dokumen untuk mempromosikan diri kepada seseorang atau instansi, sehingga dalam penulisannya haruslah menyajikan data yang benar-benar fakta.
Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau CV ini bersifat satu kesatuan, artinya tidak dapat dipisahkan. Jika dalam surat lamaran kerja Anda bisa mengatakan posisi yang Anda inginkan dalam suatu perusahaan atau instansi, maka daftar riwayat hidup atau CV ini adalah pendukung alasan mengapa Anda pantas untuk menempati posisi tersebut.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Sebelum membahas tentang cara membuat daftar riwayat hidup atau CV, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tips yang kami bagikan di bawah ini:

1. Untuk teknik penulisan,

Silahkan Anda sesuaikan dengan syarat dari perusahaan apakah itu ditulis tangan biasa atau diketik.

2. Ditulis runtut

Sebaiknya daftar riwayat hidup atau CV ditulis dengan runtut, terutama pada bagian riwayat pendidikan, mulailah dari pendidikan dasar yang Anda tempuh hingga perguruan tinggi.

3. Cantumkan pendidikan serta tahunnya

Bila Anda sempat atau pernah mengikuti pendidikan non formal, cantumkan pula dalam daftar riwayat hidup atau CV disertai dengan tahun berapa Anda mulai mengikutinya hingga tahun Anda selesai dengan pendidikan non formal tersebut.

4. Cantumkan pengalaman kerja

Bila Anda sudah pernah memiliki pengalaman kerja, Anda juga bisa mencantumkannya berikut tahunnya serta posisi yang pernah Anda tempati.

5. Cantumkan prestasi yang dilamar

Bila Anda juga memiliki prestasi yang Anda rasa berhubungan dengan calon pekerjaan yang Anda tuju, Anda bisa mencantumkannya juga dalam daftar riwayat hidup atau CV.

6. Cantumkan pengalaman organisasi

Bila Anda memiliki pengalaman organisasi, sebaiknya Anda juga menyertakannya karena secara tidak langsung pengalaman organisasi ini menunjukkan bahwa Anda bisa bekerjasama dengan orang lain dengan baik.

7. Berikan isi yang penting saja

Isilah daftar riwayat hidup atau CV itu dengan sebenar-benarnya sesuai dengan kondisi Anda dan sebaiknya Anda tidak mencantumkan hal-hal yang kurang penting yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Terus, bagaimana cara membuatnya?

Berikut cara membuat CV (Curriculum Vitae)

Nah, setelah Anda memahami tips-tips yang kami bagikan di atas, selanjutnya kami akan memberikan cara-cara membuat daftar riwayat hidup atau CV di bawah ini. Disimak ya.

Atau, bisa baca ini: Contoh surat pengunduran diri

a. Menulis data diri

Mulailah menulis daftar riwayat hidup atau CV dengan data diri Anda yang biasanya meliputi:

Nama lengkap : ………………………………..
Tempat dan tanggal lahir : ………………………………..
Alamat : ………………………………..
Status pernikahan : ………………………………..
Agama : ………………………………..
Nomor Handphone / Telepon: …………………………….
Alamat email : ………………………………..

Data diri tersebut masih bisa Anda tambahkan dengan informasi lain yang Anda rasa perlu diketahui, misalnya tinggi badan dan berat badan atau alamat asal serta alamat domisili.

b. Sebutkan riwayat pendidikan

Setelah Anda selesai dengan data diri, selanjutnya adalah sebutkan riwayat pendidikan formal Anda. Ada baiknya juga jika Anda mencantumkan masa atau tahun tempuh tiap jenjang pendidikan Anda. Untuk riwayat pendidikan, Anda bisa memperhatikan cara penulisannya di bawah ini:

1. Tulislah jenjang pendidikan terendah sampai tinggi

Jika sub judul yang Anda tulis adalah ‘Riwayat Pendidikan’ maka Anda harus menulis mulai dari jenjang yang lebih rendah atau tingkat dasar hingga jenjang yang lebih tinggi, karena bagaimanapun kata riwayat memiliki pengertian kronologi.

2. Tulislah jenjang pendidikan tertinggi sampai terendah

Pastikan bedakan penulisan Riwayat Pendidikan dan hanya Pendidikan. Nah, jika sub judul yang Anda tulis hanya ‘Pendidikan’ saja, maka Anda bisa menulisnya secara terbalik dari tingkat yang paling tinggi terlebih dahulu baru kemudian ke tingkat yang paling rendah.

c. Tulislah pendidikan non formal (optional)

Jika Anda pernah menempuh pendididikan non formal, seperti mengikuti kursus atau pernah belajar di pesantren, sebaiknya Anda cantumkan juga berikut tahunnya. Pendidikan non formal semacam ini sebaiknya Anda tuliskan setelah pendidikan formal, jangan dibalik.

d. Berikan pengalaman organisasi

Selanjutnya, bila Anda pernah memiliki pengalaman organisasi, jelaskan organisasi apa yang pernah Anda ikuti berikut masa jabatannya. Namun jika Anda belum pernah ikut organisasi, Anda bisa melewatkan bagian ini.

e. Cantumkan prestasi di CV

Prestasi yang pernah Anda raih juga bisa Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup atau CV, namun sebaiknya Anda pilih prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar berikut tahunnya.

f. Kemampuan yang dimiliki

Ungkapkan pula kemampuan-kemampuan yang Anda miliki, misalnya kemampuan blogging, internet atau yang lainnya.

g. Posisi

Nah, jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja, Anda bisa sekalian menyebutkannya sekaligus posisi yang sudah pernah Anda tempati berikut masa jabatannya. Tetapi jika pekerjaan yang hendak Anda lamar ini adalah yang pertama kalinya untuk Anda, Anda bisa melewatkannya atau bisa diisi dengan fresh Graduate.

h. Perhatikan dalam tata cara pengisian

Cara-cara yang ada di atas sebaiknya Anda beri sub judul yang sesuai dengan isinya, misalnya DATA PRIBADI, RIWAYAT PENDIDIKAN FORMAL, RIWAYAT PENDIDIKAN NON FORMAL, PENGALAMAN ORGANISASI, PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH, KEMAMPUAN dan PENGALAMAN KERJA.

Berikut ini : Contoh daftar riwayat hidup << Baca disini

Nah, itulah pengertian daftar riwayat hidup atau CV berikut cara pembuatannya. Semoga bermanfaat ya. Informasi lainnya, bila yang sudah pernah bekerja ingin membuat surat keterangan kerja, berikut contoh surat keterangan kerja.

 

Sumber:
biografiku.com/2009/12/pengertian-riwayat-hidup-serta-cara.html
solusikita2.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-daftar-riwayat-hidup-dan.html
job-like.com/magazine/cara-membuat-daftar-riwayat-hidup-tulis-tangan-untuk-melamar-kerja-lengkap-dengan-contoh/
tekoneko.net/cara-membuat-daftar-riwayat-hidup/
nulisblogs.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-daftar-riwayat-hidup-dan-curriculum-vitae-terbaru.html

Add a Comment