7 Daftar Artis Dunia yang Terpengaruh Demam Om Telolet Om

Sebelum menjelang tahun baru 2017, Indonesia di kagetkan dengan nama “Om Telolet Om”. Ini merupakan fenomena yang menurut salah satu masukuniversitas.com sangat jarang dan langkah sekali. Oleh sebab itu, tulisan ini sangat cocok untuk kita ulas info-info menariknya apa saja. Perlu di ketahui bahwa kategori Om Telolet Om ini di masukuniversitas.com merupakan kategori khusus yaitu Trending Topik. Baru kali ini dan bahkan masih pertama kali tulisan ini dikeluarkan kedalam kategori trending.

Demam Om Telolet Om, Ini 7 Daftar Artis Dunia Yang Terpengaruh

Di tahun 2016, tepat tanggal 21 sampai 22 Desember, nama “Telolet” mendunia. Seperti yang kami cari tahu informasinya, demam om telolet terus membanjiri lini masa dari twitter, instagram dan lainnya. Bahkan hingga artis luar negeri mengikuti tren ini. Kadang tanpa tahu makna dibalik om telolet om. Jika kamu sama dengan beberapa artis yang kebingunan, maka kamu tidak sendiri. Om telolet om adalah trend yang muncul setelah beberapa anak tepatnya di Kabupaten Jepara meminta supir bus atau yang biasa disebut om untuk membunyikan klaksonnya yang berbunyi telolet dan kadang memiliki bunyi yang berbeda. Hal ini karena beberapa pengemudi bus telah memodifikasi klakson dengan empat atau bahkan lima lubang klakson, sehingga klakson memiliki bunyi yang kadang mendendangkan lagu seperti miliki Titi Kamal dan lain-lainnya.

Terdapat 7 artis dunia yang mengikuti demam Om telolet Om ini:

Penasaran siapa saja yang juga ikut terpengaruh dengan demam om telolet om? Inilah nama-nama mereka yang sudah kami catat satu per satu, diulas di masukuniversitas.com.

1.    Oliver Heldens

Seorang DJ dan produser music Elektronik asal Belanda yang lahir pada 1 Februari 1995, bercuit di twitter, yang berbunyi OM TELOLET OM NO. Let me sleep plz. Dengan foto dirinya dengan sedang tidur pada kursi bus. Yang tentu saja tidak sama dengan kursi bus di Indonesia.

2.    Sulli mantan member f (x)

Sulli f(x) atau yang memiliki nama asli Choi Jin Ri ini memasang foto dirinya di Instagram dengan captio Om Telolet Om.

3.    Bambam personil GOT7

Bambam, personil boyband Korea GOT7 juga ikut terkena demam #telolet ini. Namun, nampaknya dirinya tidak mengetahui maksud om telolet om, sebab, pada salah satu status yang dipasang 20 Desember itu, Bambam bercuit “Can Someone tell me What is “OM TELOLET OM” mean?

4.    Marshmellow

Seorang musisi terkenal yang akhir akhir ini lagunya yang berjudul Alone membanjiri chart Dunia, juga mengikuti tren ini dengan memasang foto bus di Twitter dengan caption Om Telolet Om.

5.    Martin Garrix

Seorang DJ, dan Musisi terkenal Martix Garrix juga memasang status kebingungan terkait fenomena telolet ini, sama seperti Bambam, dirinya mempertanyakan maksud dari makna om telolet om.

6.    Michael Clifford

Musisi asal Australia pada tanggal 20 Desember bercuit “just went and yelled om telolet om at a bus-obviously hasn’t made it to Australia yet” artinya “keluar dan berteriak om telolet om pada bus-sepertinya tidak berlaku di Austalia. Nampaknya musisi satu ini memapraktekan om telolet di Australia. Haha

7.    Zedd

DJ terkenal mantan pacar Selena Gomez, Zedd juga ikut demam ini dengan bercuit OM TELOLET OM.
Masih banyak artis lain yang juga mengikuti demam ini. Lalu sebenarnya siapa yang mencetuskan ide ini?
Pertama Kali Muncul di Dunia Maya

Fenomena ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama, namun baru muncul beberapa pekan terakhir setelah sebelumnya video om telolet om yang menunjukkan sejumlah anak di Jepara meminta supir bus membunyikan klakson dengan membawa kertas bertuliskan om telolet om. Lalu, setelah klakson dibunyikan, anak-anak tertawa gembira. Hal ini sangat sederhana, namun akhirnya justru menarik banyak orang untuk membuat meme, dan membicarakannya di twitter hingga menjadi trending topik. Selain menjadi trending topik, netizen dari Indonesia juga membanjiri kolom komentar beberapa artis dan pesohor Dunia dengan komentar om telolet om.

Sebenarnya, bunyi klakson seperti itu tidak dimiliki oleh semua jenis bus. Ada jenis bus tertentu yang memilikinya.

Siapa yang pertama memodifikasi Klakson?

Bus yang memiliki bunyi seperti itu umumnya bus yang telah melakukan modifikasi, dan umumnya merupakan perusaah otobus, namun yang pertama melakukannya disinyalir adalah bus Efisiensi. Memang, sudah dari dulu supir bus membunyikan klakson karena untuk membalas para bus mania yang memotret bus.  Namun, muncul ke permukaan baru beberapa pekan ini. Hal ini bermula dari keinginan supir meniru klakson yang unik yang berbunyi di Arab. Meski awalnya dipandang negatif karena klakson dinilai terlalu keras, bahkan pemilik perusahaan otobus sempat melarang pengemudi bus membunyikan klakson apalagi jika terlalu sering, namun akhirnya malah disukai dan dianggap dapat menghibur masyarakat, khususnya anak-anak. Bahkan perusahaan otobus lain mulai meniru dengan memasang klakson jenis monophonic.

Membawa rejeki lebih bagi bus telolet

Karena femonena yang muncul saat ini, bus yang memiliki klakson om telolet om dicari oleh banyak orang. Selain itu, penumpang yang akan menaiki busa, umumnya ibu-ibu yang memiliki anak, mencari bus yang memiliki bunyi klakson telolet. Karena hal tersebut, bus yang memiliki bunyi klakson telolet lebih mudah mencapai jumlah penumpan maksimal, sementara bus yang tidak memiliki klakson ini lebih sulit mencapai jumlah penumpang maksimal. Bahkan kini, kalkson telolet menjadi bagian strategi dari beberapa perusahaan otobus, untuk menarik jumalh penumpang yang lebih besar lagi. Misalnya, bus Selamet yang meminta agar busnya dipasang klakson dengan bunyi telolet agar jumlah penumpang dapat lebih banyak lagi.

Himbauan Menteri

Namun, fenomena ini dihimbau menteri untuk tidak dilakukan atau dipermainkan. Apalagi jika supir bus membunyikan klakson di tempat ibadah atau sekolah. Selain itu, kementrian akan mendalami apakah kedepannya hal ini akan dilarang atau tidak. Selain itu, kegiatan membunyikan klakson telolet juga ditakutkan berbahaya. Karena sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55/2012 tentang Kendaraan, kalkson paling rendah berbunyi 83 desibel dan paling tinggi 118 desibel. Untuk itu, pemerintah akan mengkaji lebih lanjut apakah bahaya kegiatan ini datang dari supir bus, klakson, atau dari anak-anak yang berada dipinggir jalan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mengikuti kegiatan ini. Seperti yang diketahui, setelah adanya fenomena om telolet o mini, banyak orang yang menirukan fenomena ini meski dengan jenis kendaraan yang berbeda. Seperti dari kereta, yaitu meminta masinis membunyikan klakson kereta api. Mungkin karena munculnya telolet challenge.

Add a Comment