Fresh Graduate, Belajar Adalah Kunci Sukses Saat Tes Interview

Bagi fresh graduate, cepat atau lambat pasti akan menghadapi yang namanya Interview Kerja. Interview semua pasti tahu apa dan bagaimana pelaksanaanya. Hanya saja cara mudah diterima kerja saat interview mungkin banyak yang belum tahu apalagi yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduate.

Perlu dicamkan baik – baik untuk semua fresh graduate. Bahwa untuk berhasil memang dibutuhkan kerja keras. Termasuk diantaranya untuk bisa diterima di suatu perusahaan maka kita harus tau banyak mengenai soal tips menjalani Interview yang baik dan benar. Jika perlu belajar sedetail mungkin segala ilmu menyangkut ini. Karena jika berhasil dampaknya akan kita rasakan dalam jangka waktu yang lama.

Fresh Graduate, Belajar Adalah Kunci Sukses Saat Tes Interview

Apalagi jika kita lolos interview di perusahaan BUMN yang terkenal dengan gaji yang besar dan mungkin juga dari sinilah kamu akan bisa merubah hidupku kedepannya. Mungkin juga kalian yang masih belum tahu kisah CEO dari bank ternama yaitu BCA yang konon dulunya hanya seorang Cleaning Service di bank tersebut.

Anda bisa banyangkan jadi CS hingga CEO. Betapa luar biasanya hal itu kan?. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan beliau melewati tahap paling awal yaitu Interview atau wawancara. Anda juga pasti bisa melakukan jika mau berusaha keras.

Berikut ini adalah beberapa tips interview yang harus anda ketahui dan anda kuasai agar bisa membantu anda dalam melewati tes Interview yang dilakukan di berbagai instansi dan perusahaan.

Kunci sukses disaat tes interview untuk fresh graduate

Perlihatkan jika anda percaya diri tinggi

Untuk sekarang ini kemampuan seperti ini yang diutamakan oleh perusahaan yang nantinya dibidangnya akan bersinggungan dengan banyak orang di posisi lainnya. Jika satu modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan anda akan sangat sulit lolos ke tahap tes masuk kerja interview ini.

Percaya diri ini dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan berkomunikasi saja dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang diberikan pada anda nantinya di perusahaan.

baca juga : LAKUKAN HAL INI SAAT MELAMAR KERJA

Jika ingin lolos interview, jangan pernah katakan tidak

Sering kali saat kita mengikuti tes Interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki misalnya ditanya keahlian. Jika anda mendapat pertanyaan Interview seperti ini maka anda sudah dipastikan bisa memberi penilaian terhadap kemampuan anda dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa anda tidak layak diterima kerja. Poin penting soal cara agar mudah diterima Interview karena hampir semua dunia kerja mensyaratkan kemampuan yang lebih dan keahlian yang khusus.

Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan

Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab berbelit belit. Hal ini akan justru akan mendapatkan penilaian yang buruk dari penguji saat Interview. Jika seandainya menjawab iya dan tidak yang diminta maka anda harus menjawab saja seperti yang di Instruksikan dan tidak menjawab lebih dari yang di tentukan. Kecuali jika memang diminta langsung dari sang penguji, maka anda baru bisa dan boleh menjawab secara lengkap dan Detail.

Memberikan alasan yang positif jika anda keluar dari perusahaan sebelumnya

Hal ini juga tidak kalah pentingnya jika anda memang baru dari perusahaan resign dari perusahaan lain. Maka sedapat mungkin anda memberikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif. Jawaban yang tidak baik misalnya keluar karena malas bekerja di tempat tersebut. Karena melakukan kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga harus dikeluarkan tanpa hormat. Oleh sebab itu, anda akan dinilai oleh pewawancara memiliki tingkah dan sifat yang buruk.

Motivasi bekerja

Jika anda ditanya soal motivasi bekerja maka berilah jawaban yang sesuai dengan bidang yang anda ambil dan anda lamar. Contohnya jika anda melamar menjadi penulis misalnya di suatu penerbit, maka anda bilang saja jika memang hobi menulis dan gemar akan pekerjaan itu. Jangan sampai memberi alasan yang sangat buruk. Contohnya adalah terpaksa melamar karena terpaksa atau dipaksa oleh orang tua. Hal inilah yang akan membuatmu gagal dalam wawancara sehingga anda tidak lolos Interview.

Beri jawaban yang normatif

Dalam hal ini normatif. Maksudnya adalah jawaban yang anda berikan tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang biasanya menjadi juru seleksi. Jika ditanyakan berapa gaji yang di inginkan maka anda bilang sesuaikan dengan standart perusahaan dan pemerintah saja.

Demikianlah beberapa hal yang harus fresh Graduate kuasai untuk memperlancar melakukan interview. Hal ini patut diperhatikan dan juga di pelajari demi kebaikan anda dalam misi anda sukses di dalam melakoni Interview. Semoga bisa menjadi referensi anda dan semoga bermanfaat bagi anda.

Add a Comment