Fresh Graduate, Lakukan Hal Ini Saat Melamar Kerja

hal yang dilakukan fresh graduate saat melamar kerja

Melamar kerja menjadi satu tantangan tersendiri dari setiap orang. Pada masa sekarang ini mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah.

Berbagai macam usaha perlu dilakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Bahkan tidak sedikit yang menanyakan apa saja hal yang perlu fresh graduate lakukan saat melamar kerja? Karena tidak bisa dipungkiri untuk saat ini mencari pekerjaan apalagi bagi fresh graduate memang buka satu hal yang mudah. Kurangnya pengalaman dalam bekerja sering kali membuat peluang untuk mendapatkan pekerjaan semakin mengecil. Hal ini bagi mereka yang bekerja di sejumlah perusahaan besar, hal tersebut akan jauh lebih tipis.

Baca juga : Yang harus di hindari fresh graduate, saat lamar pekerjaan

Namun anda tidak perlu khawatir, terutama bagi anda yang baru saja lulus dari bangku pendidikan. Brandon Labman, seorang pendiri Responsible Outgoing Collage Student (ROCS) yang merupakan agen layanan pencari kerja untuk kelas entry level di Northen Virginia berpendapat bahwa energi serta antusiasme para lulusan baru (fresh graduate) juga mampu mengalahkan faktor pengalaman.

Bahkan beliau menambahkan bahwa mereka merekrut karyawan berdasarkan dari potensi pelamar. Tunjukkan bahwa anda bergairah serta menginginkan posisi yang anda incar. Tidak perlu mengatakan bahwa anda sudah memiliki pengalaman selama 10 tahun dan memiliki kemampuan yang hebat. Tunjukkan saja bahwa dalam kurun waktu 10 tahun ke depan anda akan hebat dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Untuk mengatasi mengecilnya peluang diterima pekerjaan di sebuah perusahaan terlebih, bagi mereka yang merupakan fresh graduate.

Berikut ini beberapa hal yang fresh graduate lakukan saat melamar kerja

Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum anda mencoba melamar kerja, alangkah baiknya jika anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai pekerjaan apa yang inginkan atau mencari tahu perusahaan mana saja yang menyediakan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda. Setelah anda mendapatkan daftar perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan seperti apa yang anda harapkan, maka inilah saatnya bagi anda untuk mencari tahu inofrmasi mengenai perusahaan tersebut. Informasi ini nantinya sangat berguna bagi anda untuk melontarkan beberapa pertanyaan lebih jauh pada saat sesi wawancara kerja berlangsung. Dengan banyaknya informasi yang sudah anda kumpulkan mengenai perusahaan, maka hal ini akan membuat anda menjadi semakin yakin bahwa pekerjaan tersebut cocok dengan kemampuan dan minat anda dalam bekerja.

Periksa kembali berkas lamaran anda

Masih banyak pelamar yang teledor pada saat melamar pekerjaan. Karena tidak memeriksa kembali kelengkapan surat lamaran, sehingga mengakibatkan ada nama lampiran yang tidak sesuai dengan atau bahkan bisa juga lupa melampirkan file penting seperti CV (Curiculum Vitae). Karena kesalahan tersebut, besar kemungkinan surat lamaran yang anda ajukan diabaikan oleh HRD. Mereka akan mengira bahwa anda kurang serius dalam melamar pekerjaan. Maka dari itu, demi kelancaran proses melamar pekerjaan periksalah kembali berkas lamaran kerja anda sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang anda tuju.

Ajukanlah pertanyaan

Siapkanlah beberapa pertanyaan yang nantinya akan anda ajukan pada pihak HRD ketika sesi wawancara kerja berlangsung. Karena antusias atau tidaknya orang tersebut ingin mendapatkan kerja dapat terlihat dari ada atau tidaknya pertanyaan pada saat sesi wawancara kerja.

Jangan ragu untuk menggunakan cara biasa

Apabila anda memang sering menggunakan media internet, maka gunakanlah untuk melihat perusahaan mana saja yang membuka lowongan kerja. Dengan menggunakan media internet pandangan anda menjadi lebih luas, sehingga anda dapat mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai lowongan kerja. Dan apabila anda memang telah mengirimkan CV (Curiculum Vitae) kepada pihak perusahaan, maka jangan pernah takut untuk menggunakan cara yang sederhana guna menyampaikan ucapan terima kasih anda. Ucapan tersebut bisa dengan menggunakan surat, telepon maupun faksimili. Dengan cara tersebut, anda bisa menunjukkan bahwa anda sangat berminat bekerja di perusahaan tersebut.

Tunjukkan semangat / antusias anda

Anda harus bisa menunjukkan semangat yang anda miliki dalam melamar pekerjaan, teruslah jaga sikap anda agar selalu semangat serta antusias terhadap perusahaan yang anda lamar. Karena hal tersebut sangatlah penting demi kemajuan karir anda di masa yang akan datang.

Jangan bersikap terlalu berlebihan

Sikap ambisius sangat diperlukan terkait niat anda untuk melamar pekerjaan. Namun yang perlu anda ingat, janganla terlalu berharap lebih bahwa nantinya anda akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan tersebut. Tidak hanya itu, anda pun harus tetap menjaga mental anda apabila anda tidak diterima bekerja. Mendapatkan pekerjan memang tidak semudah membalik telapak tangan. Maka dari itu jangan mudah menyerah pada saat lamaran anda ditolak. Perlu penolakan untuk mencapai apa yang diinginkan. Selalu berpikir positif serta percaya diri bahwa hal yang baik suatu saat akan datang kepada diri anda. Ingatlah bahwa kegagalan merupakan sukses yang tertunda, anda harus bangkit dan segera menyiapkan diri untuk kembali melamar pekerjaan ke tempat lain.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai hal-hal yang perlu fresh graduate lakukan saat melamar kerja. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda sebagai fresh graduate yang sedang dalam usaha melamar pekerjaan. Terima kasih.

Add a Comment