Fungsi Pendidikan: Kewarganegaraan, Islam, Nasional & Para Ahli

Pendidikan berpengaruh besar pada perkembangan anak bangsa, salah satu fungsi pendidikan yang dirasakan adalah berkembangnya potensi diri pada anak. [Baca juga: pendidikan anak usia dini]

Pendidikan adalah hal utama atau dasar bagi bangsa untuk menjadi negara yang maju dan berkembang karena dalam negara yang baik terdapat penerus bangsa yang cerdas. Dengan adanya pendidikan para anak bangsa mendapatkan tempat untuk belajar, mengembangkan potensi yang dimiliki, dan mengembangkan ketrampilan.

Dari pendidikan kita akan belajar pengetahuan, ketrampilan, dan cara belajar berkelompok. Itu semua merupakan salah satu fungsi dari pendidikan yang akan didapatkan.

Baca juga dari >> tujuan pendidikan

Mereka akan memiliki tumbuh kembang yang baik dengan pendidikan.

Fungsi utama yang akan didapatkan dari pendidikan adalah anak akan dibentuk kepribadiannya, martabat atau memanusiakan manusia, dan memiliki membentuk watak yang baik. Ya, itu fungsi yang akan diperoleh dari pendidikan.

Dengan pembelajaran yang diperoleh di sekolah atau diluar sekolah oleh pendidik anak akan terbentuk kepribadian dan cara berpikirnya karena saat proses pembelajaran anak dibimbing agar mempunyai karakter yang baik. [Baca juga dari: pengertian psikologi pendidikan].

Pada artikel ini akan kami jelaskan fungsi dari pendidikan yang secara luas agar dapat membantu anda lebih memahaminya lagi.

Fungsi pendidikan secara luas

fungsi dari pendidikan

Seperti sudah dijelaskan sedikit pada pengantar diatas beberapa fungsi dari pendidikan dan fungsi utamanya adalah membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Nah,pada artikel ini akan dijelaskan fungsi dari pendidikan berdasarkan jenisnya secara jelas.

1. Fungsi dari pendidikan kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan adalah pembelajaran yang akan memberi pengaruh pada diri seseorang dalam bersikap di masyarakat sesuai dengan pancasila. Disini kita akan diingatkan bagaimana pentingnya nilai-nilai hak dan kewajiban suatu negara secara damai.

Dalam pendidikan kewarganegaraan yang sudah dipelajari di sekolah memiliki fungsi besar bagi masyarakat. Fungsi dari pendidikan kewarganegaraan secara luas adalah:

  • Membantu penerus bangsa memahami tujuan negara
  • Dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab saat mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah.
  • Dapat mengapresiasi cita-cita nasional dan menjadi cerdas saat mengambil keputusan.
  • Menjadi pribadi yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai dengan pancasila UU 1945.

2. Fungsi dari pendidikan Islam

Pendidikan islam adalah usaha sadar seseorang dalam mempelajari ilmu agama dengan bertakwa dan mengembangkan diri secara fitrah anak didik melalui ajaran islam. Pendidikan islam sangat penting bagi umat muslim karena merupakan salah satu pondasi hidup. Selain itu, ajaran islam juga memiliki fungsinya yaitu fungsi dari pendidikan islam yang dapat anda pelajari sebagai berikut:

  • Fungsi pengembangan potensi

Setiap manusia sudah dikaruniai potensi yang baik oleh Allah maka dalam pendidikan islam bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang fitrah dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain sebagai karunia terbaik dari tuhan.

  • Fungsi pewarisan budaya

Fungsi ini bermaksud agar bisa mewariskan nilai-nilai budaya yang ada pada islam, jadi para penerus bangsa dapat mempelajarinya dengan baik suatu saat nanti sebagai pewaris.

  • Fungsi interaksi antara potensi dan budaya

Fungsi ini bermaksud agar manusia dapat melakukan proses memberi dan menerima antara manusia dan lingkungannya.

3. Fungsi dari pendidikan nasional

Setiap masyarakat harus mempunyai jiwa nasionalisme agar mampu menjadi manusia yang bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Disini akan dijelaskan fungsi dari pendidikan nasional apa saja, yaitu:

  • Mengembangkan manusia

Agar setiap manusia mempunyai jiwa nasioanalisme, sadar terhadap pentingnya pancasila dan mampu menjadi manusia yang baik bagi penerus bangsa.

  • Mengembangkan masyarakat

Jiwa nasionalisme pada masyarakat sangat dibutuhkan agar negara menajadi negara yang maju karena adanya kedamaian didalamnya yang terus ditumbuhkan.

  • Mengembangkan lingkungan

Pentingnya saling toleransi dalam perbedaan agama dan suku agar terjaga ketentraman dalam lingkungan bermasyarakat.

4. Fungsi dari pendidikan menurut para ahli

Disini akan dijelaskan fungsi dari pendidikan menurut para ahli, yaitu:

  • Horton dan Hunt

Horton dan Hunt berpendapat bahwa pendidikan adalah mengembangkan bakat seseorang demi kepentingan pribadi dan masyarakat.

  • David popeneo

David popeneo juga memiliki pendapat, jika pendidikan adalah berperah dalam transmisi budaya dan peranan sosial.

  • Harold G. Shane

Harold G. Shane berpendapat bahwa fungsi dari pendidikan yaitu cara memperkenalkan peserta didik pada keputusan soal yang timbul.

Sudah cukup kami jelaskan apa saja fungsi dari pendidikan secara luas, semoga dapat membantu kesulitan anda.