Gagal SNMPTN, Inilah Yang Perlu Anda Lakukan

Gagal SNMPTN, inilah yang perlu Anda lakukan. Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ada berbagai tahapan proses penyeleksian. Salah satunya adalah Seleksi Nasional Masuk PTN. Tentu yang namanya PTN sangat susah untuk bisa mendapatkan bangku ke Universitas yang dituju. Persaingan ketat yang mendaftar banyak dan memiliki pengetahuan yang berbeda menjadi bagian penghambatnya. Tapi, memang harus diakui jika memang serius masuk ke PTN tidak ada cara yang pasti tanpa harus kerja keras. Belajar jauh hari. Dengan mempelajari soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya, mengerjakan, mengikuti try out dan juga ikut bimbingan belajar. Selain itu pula, jangan dibarengi dengan doa. Nah, ini bagian penting mendorong agar bisa masuk ke PTN yang sesuai keinginan. Hal ini pula Anda lakukan pada tahap ujian SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk PTN.

SNMPTN menjadi seleksi pertama kali dilakukan untuk bisa masuk ke PTN. Jika yang sudah mendaftar untuk penyeleksian SNMPTN, perlu diketahui bahwa SNMPTN tidak mengikuti ujian tertulis. Dikarenakan penilaian berdasarkan dari nilai rapor. Selain itu pula, Menurut Rektor UNS yang dikutip dari jawapos, akreditasi sekolah dan juga evaluasi pemeringkatan siswa dari MAPEL (Mata Pelajaran) semester 3, 4, dan 5 juga dipertimbangkan.

Tidak jarang bila yang namanya gagal dalam proses penyeleksian. Sama halnya, kali ini di SNMPTN. Hanya tidak memerhatikan dan mengikuti aturan yang menjadi bagian pentingnya ke gagalan tersebut. Akan tetapi, tenang sob. Bila Anda salah satu orangnya yang mencoba tahapan seleksi ini jangan kuatir bila tidak diterima. Anda bisa terselamatkan di terima ke PTN yang sesuai minatnya, asalkan sudah memerhatikan tulisan sebelumnya paragraf pertama kalimat ke 5. Perlu. Jangan dibaca akan tetapi praktek.

Gagal SNMPTN jangan kuatir

Banyak jalan menuju roma. Sudah basih kali yah. Meskipun sudah basih, akan tetapi hal ini penting bagi saya. Jalur SNMPTN bukan akhir segalanya. Artinya, masih ada jalur lainnya untuk bisa mendapatkan Universitas yang sesuai harapan kita. Nah, apa saja yang perlu dilakukan, bila gagal tahapan SNMPTN? Ini jawabannya?

Baca juga: Tanggal berapa sih pengumuman SNMPTN 2017? << Disini jawabannya.

1. Mengikuti SBMPTN

cara melihat pengumuman SBMPTN

Yaps, penyeleksian snmptn sudah berakhir maka selanjutnya bisa Anda coba yaitu SBMPTN. Bila masih ada niat untuk bisa masuk ke PTN, janganlah menyerah untuk mengambil bangku perkuliahan di perguruan tinggi negeri (PTN). Untuk itu, kamu bisa menempuh melalui jalur ini. Bedanya jalur SNMPTN dengan jalur SBMPTN adalah diharuskan untuk mengikuti ujian tertulis PBT (Paper Based Test) atau bisa juga CBT (Computer Based Test).

>> [INGAT] jangan lupa pendaftaran SBMPTN 2017. Lihat jadwalnya.

2. Mengikuti jalur Ujian Mandiri

Ujian Mandiri

Jalur ini tentu berbeda dengan SNMPTN dan juga SBMPTN. Pemerintah memiliki cara untuk Anda bisa menempuh ke PTN. Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, maka jalur mandiri pun bisa Anda tempuh. Akan tetapi, jalur ini mulai dipersempit lagi, dikarenakan tidak semua PTN mengadakan ujian mandiri. Ujian mandiri hanya diadakan oleh perguruan tinggi negeri. Maka, dari itu perlu Anda pertimbangkan lebih awal dan diutamakan jalur dimana yang bisa Anda ikuti. SNMPTN, SBMPTN atau mandiri. Atau bahkan semuanya. Bisa saja.

3. Terakhir PTS

Perguruan Tinggi Swasta

Yaps, ternyata sudah berusaha dan kerja kerasnya menurut Anda sudah tidak membuahkan hasil, maka bisa loh kuliah ke PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Saat Anda sudah tertutup jalan ke masuk PTN, ingatlah bahwa pintu keluarnya masih ada. Bila masih memiliki minat kuliah kesempatan masih terbuka. Mencinta bidang perkuliahan yang sudah anda tanamkan dipikiran, maka lanjutkanlah. Memilih dan berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) tidak menjadi masalah. Toh, bukan PTN yang bisa memberikan masa depan Anda. Akan tetapi kerja keras Anda. Jadi kamu bisa mulainya dengan malangkahkan kaki mendaftar di beberapa PTS.

Yups, itu saja dari masukuniversitas.com berikan. Gagal SNMPTN bukan berarti putus harapan. Ingat dan perlu ditekankan, jangan dibaca saja tulisan ini, tetapi langsung melakukan praktek. Jika memang usaha dan juga kerja keras belum memberikan hasil positif, maka biarkan usaha dan juga kerja keras yang menjawab di masa depan Anda. Semangat!!!

Add a Comment