Google Drive adalah Layanan untuk ? Selengkapnya Di Sini

Memori perangkat yang kita gunakan seringkali penuh karena file-file yang disimpan oleh Sobat Edu. Hal itu bisa membuat perangkat menjadi lemot, sehingga diperlukan suatu hal untuk memperbaiki. Dalam hal ini, Google Drive bisa dimanfaatkan. Google Drive adalah layanan untuk penyimpanan.

Hal lain yang sering terjadi selain perangkat Sobat Edu penuh yaitu file yang hendak digunakan tertinggal ketika hendak melakukan presentasi.  Mungkin juga file-file yang penting terkena suatu hal, contohnya seperti tugas sekolah atau skripsi. Google Drive akan dibutuhkan pada situasi tersebut.

Tentang Google Drive

Hadirnya Google Drive sebagai suatu media yang dapat Sobat Edu manfaatkan untuk menyimpan data secara cloud. Sehingga data-data yang dimiliki akan tersimpan dengan aman serta bisa digunakan kapan saja dibutuhkan. Google Drive adalah layanan untuk menyimpan data-data penting.

Google telah mengembangkan dan memperkenalkan Google Drive kepada masyarakat pada 24 april 2012 lalu. Google Drive adalah layanan yang sama halnya seperti cloud storage, semacam One Drive atau dropbox yang telah tersedia untuk desktop dan smartphone.

Gdrive atau Google drive pada beberapa jenis handphone sudah menjadi paket lengkap atau aplikasi bawaan, yang otomatis telah terinstall pada sistemnya. Sobat Edu dapat menyimpan berbagai file-file dengan jenis apa saja, karena Gdrive mampu menyimpan sampai dengan kapasitas sebesar 15 gb.

Apabila Sobat Edu menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka diharuskan untuk upgrade account terlebih dahulu. Sobat Edu dapat mengedit , menyimpan serta mengambil file-file dari Gdrive melalui smartphone atau PC yang selalu terhubung jaringan internet.

Baca Juga: Cara Menyimpan File di Google Drive dan Mengunduhnya

Beberapa Fungsi dan Manfaatkan yang Akan Didapatkan dari Google Drive

1. Fungsi-Fungsi Google Drive

a. Tempat Menyimpan File

Google Drive mempunyai fungsi utama yang berperan sebagai media penyimpanan data. Hal ini bisa Sobat Edu jadikan solusi untuk menjadikannya sebagai media menyimpan secara online, tanpa mengharuskan Sobat Edu menyediakan storage offline misalnya seperti hardisk atau ram.

b.Membagikan File

Sobat Edu bisa membagikan file secara langsung tanpa perlu mengkonfigurasi terlebih dahulu, karena konfigurasi dinilai rumit oleh banyak orang apalagi yang masih awam akan hal itu. Sobat Edu hanya perlu memberikan link file kepada pengguna lain, atau dapat juga share link melalui email.

c. Mengedit File

Proses Editing data bisa langsung sobat Edu lakukan, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan Google Drive telah mendukung fitur mengedit data berupa teks, yang telah terhubung langsung dengan Google Spreadsheet yang mirip MS Word dan Excel versi online.

d. MembackUp Data

Dalam hal ini, membackup data sama seperti fungsi yang pertama. Google Drive mampu membackup data Sobat Edu, baik data di pc atau lainnya tanpa takut memory ram menjadi penuh karena file-file yang menumpuk. Sobat Edu sebagai pelajar atau mahasiswa tentunya butuh hal ini.

2. Manfaat yang Sobat Edu Dapatkan

a. Menyimpan Data dengan Aman

Data milik Sobat Edu dijamin aman apabila menggunakan Google Drive, dibandingkan dengan menyimpannya di komputer atau smartphone. Hal itu dikarenakan perangkat yang dimiliki rawan terjadi kerusakan, bahkan yang paling berbahaya adalah raib karena pencurian.

b. Bisa Menggunakan File Everywhere and Anytime

Google Drive bisa Sobat Edu gunakan everywhere and anytime, yang dapat disesuaikan dengan keinginan selama perangkat selalu terhubung dengan internet. Hal itu akan sangat membantu apabila Sobat Edu meninggalkan filenya di dalam flashdisk yang tertinggal di rumah dan hendak presentasi.

Dengan menyimpannya di Google Drive, Sobat Edu hanya perlu meminjam laptop milik teman dan memasukkan akun ke Google Drive kemudian data akan langsung tersedia. Sobat Edu hanya tinggal membuka atau mengunduhnya dan dapat melanjutkan tanpa khawatir bahan presentasi tertinggal.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

1. Kelebihan

a. Jumlah Storage Penyimpanan Hingga 15 GB

Semua File Sobat Edu dapat ditampung di Google Drive yang besarnya sampai dengan 15 gb. Kapasitas sebesar 15 gb dapat diandalkan untuk menyimpan berbagai file kesayangan. Sobat Edu akan merasakan lega karena memori perangkat tidak akan habis karena menyimpan banyak file.

b. Menyimpan Berbagai Jenis File

Berbagai jenis file dapat Sobat Edu simpan di dalam Google Drive, karena GDrive mendukung file dalam bentuk apa saja seperti halnya perangkat lainnya. Semua file seperti gambar, dokumen, audio, dan file-file yang lainnya. Sobat Edu dapat memanfaatkan hal itu untuk menyimpan secara online.

c. Bisa Membagikan File dengan Orang Lain Sesuai Keinginan

Sobat Edu bisa memilih kepada siapa file yang disimpan di Google Drive untuk dibagikan. Hal tersebut bisa dikontrol secara penuh oleh Sobat Edu. Selain itu, semua file yang disimpan bisa di share ke teman atau klien melalui Facebook, WhatsApp, easyShare, bahkan sms sekalipun.

d. File di Google Drive Akan Terjamin  dan Aman

Keamanan file milih Sobat Edu sangatlah penting untuk didapatkan. Hal tersebut membuat Google Drive memberikan layanan terbaik dalam hal tersebut. File-file yang disimpan akan tetap aman, walaupun terjadi sesuatu pada handphone atau perangkat lain Sobat Edu.

Dalam hal ini, google Drive telah dienkripsi dengan SSL. SSL merupakan protokol keamanan yang juga sama digunakan pada Gmail serta layanan Google yang lain. Sobat Edu dapat mempercayakan hal keamanan file yang sudah pasti terjadi pada Google Drive.

2. Kekurangan

a. Membutuhkan Koneksi Internet Untuk Mengupload File

Google Drive adalah layanan untuk tempat penyimpanan file secara online. Namun dalam praktiknya, Sobat Edu harus terhubung dengan internet untuk dapat menguploadnya. Apabila sambungan internet tidak stabil, maka proses penguploadan file tersebut akan terjadi gangguan.

b. Tidak Bisa Membuka File Apabila Lupa Menghidupkan Fitur Offline

Meski Telah menyediakan fitur offline, akan menjadi masalah jika Soba Edu berada di tempat yang jaringan internetnya buruk dan sedang membutuhkan file yang disimpan. Terlebih jika Sobat Edu lupa untuk membuat file bisa diakses dalam keadaan online. Hal itu akan sangat merepotkan.

Google Drive Didesain Sesuai Kebutuhan dengan Fitur yang Canggih

1. Penelusuran File

Objek berupa teks atau gambar di dalam dokumen dapat dikenali oleh Google Drive dengan cara dipindai. Sehingga Sobat Edu akan mendapatkan yang sedang dicari atau diinginkan, misalnya kata ice cream. Maka yang akan didapatkan berupa teks dokumen dan gambar yang berisi ice cream tadi.

2. Memindai Dokumen

Jika Sobat Edu ingin menyimpan gambar dalam bentuk teks, maka dapat menggunakan Google Drive melakukannya. Hal yang perlu dilakukan adalah mengambil gambar dokumen-dokumen seperti tagihan, surat, dan lainnya. Kemudian dokumen yang dipindai akan tersimpan dalam file berjenis pdf.

Google Drive adalah layanan untuk penyimpanan berbagai jenis file dengan keamanan yang terjamin, karena telah dienkripsi dengan SSL. Sobat Edu tidak perlu takut memori atau ram perangkat menjadi penuh, Google Drive hadir untuk sobat Edu dalam hal penyimpanan file secara online.

error: Content is protected !!