Hari Kemerdekaan Indonesia, Ucapan dan Selamat Dirgahayu RI

Tahun 2017 tepat tanggal 17 Agustus, ini merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia adalah hari dimana bangsa Indonesia berbangga dan bersuka cita dalam menyambut peristiwa yang sangat-sangat bersejarah ini. Untuk itu, terlebih masukuniversitas.com ucapkan selamat dirgahayu Republik Indonesia (RI). Tahun ini Indonesia  genap berusia 72 tahun dan akan segera merayakan kembali hari jadinya. Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu dinanti-nanti oleh sebagian besar penduduknya. Selain karena termasuk pada momentum yang hanya terjadi satu tahun sekali, ada kemeriahan khas hari kemerdekaan yang juga jarang terjadi.

Hari Kemerdekaan Indonesia.jpg

Umumnya, pada hari kemerdekaan Indonesia setiap daerah memiliki acaranya masing-masing seperti mengadakan berbagai macam perlombaan rakyat dan acara sosial. Di samping untuk memeriahkan hari jadi, acara tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kebersamaan antar warga.

Terlepas dari perlombaan rakyat, ada juga satu bagian dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah terlewatkan, yaitu menyaksikan upacara bendera yang berlangsung di Istana Negara. Momen sakral nan hikmat ini berhasil menyedot perhatian masyarakat Indonesia dari seluruh penjuru negeri. Ketika Sang Merah Putih dikibarkan, di situlah pertanyaan bagaimana hakekat kemerdekaan itu sesungguhnya terjawab.

Di samping merdeka dengan terbebas dari penjajahan negara asing, Indonesia juga diharapkan dapat merdeka melalui berbagai macam aspek, seperti pendidikan, perekonomian, kesejahteraan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, tidak mengherankan jika setiap tahun selalu ada ucapan selamat beserta doa dan harapan untuk kemerdekaan Indonesia yang lebih baik.

Ucapan dan Selamat Dirgahayu Hari Kemerdekaan Indonesia

Berikut ini adalah kumpulan kutipan masukuniversitas.com dari berbagai web online lain yang bersinggungan dengan hari kemerdekaan Indonesia dari orang-orang yang berpengaruh besar dalam membangun bangsa ini.

1. Soekarno

“Negara Republik Indonesia ini bukanlah milik sesuatu golongan, sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke”

Kutipan dari Bapak Soekarno selaku mantan presiden pertama Indonesia ini secara langsung mengingatkan jika Indonesia adalah milik semua orang yang berada di dalamnya. Oleh sebab itu, kemerdekaan Indonesia adalah merdeka dari kesenjangan-kesenjagan sosial yang terjadi akibat adanya perbedaan. Merdeka berarti bersatu. Bersatu dari keberagaman yang ada tanpa harus saling membedakan sebab Indonesia menganut Bhinneka Tunggal Ika.

2. Susilo Bambang Yudhoyno (SBY)

“Masih banyak pekerjaan dan tantangan di depan kita. Mari kita bersama membangun hari yang lebih baik”.

“Walaupun Indonesia sudah merdeka, bukan berarti perjuangan bangsa selesai. Justru sebaliknya, perjuangan baru dimulai. Ada banyak tantangan baru yang harus diselesaikan sebagai bentuk memperjuangkan kemerdekaan”.

3. Joko Widodo

“Kita semua adalah penyala harapan untuk Indonesia”.
Kemerdekaan Indonesia bukanlah tanggung jawab pemerintah atau tokoh-tokoh pahlawan semata. Namun, kemerdekaan Indonesia merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh warga Indonesia terutama generasi muda sebagai penerus bangsa”.

4. Megawati Soekarno Putri

“Kebahagiaan kita bukan karena berkoalisi dengan kekuasaan, tetapi kebahagiaan itu akan datang ketika kita bisa menangis dan tertawa bersama”.

Kemerdekaan bukan hanya sekedar memperebutkan kekuasaan suatu negara saja. Lebih dalam dari pada itu, kemerdekaan adalah ketika semua warga negara bisa saling mendukung satu sama lain, tidak tertawa di atas penderitaan saudaranya, terus merangkul bersama-sama hingga mendapatkan tujuan hidup yang sejaterah.

[TAMBAHAN] – ucapan selamat hari ulang tahun Indonesia

Selain 4 kutipan dari tokoh-tokoh di atas, juga ada beberapa kata-kata ucapan untuk hari ulang tahun Indonesia yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia di tahun ini.

• “Tidak terhitung berapa banyak nyawa dan tetes darah yang sudah dibabat habis oleh para pahlawan untuk membela bangsa. Tidak terhitung pula berapa banyak harapan dan doa yang mereka lontarkan bagi masa depan Indonesia. Jika bukan aku dan kamu yang melanjutkan perjuangan mereka, maka harus siapa lagi?. Jika bukan aku dan kamu yang mewujudkan harapan dan doa mereka, lalu harus siapa lagi?. Indonesia milik kita. Indonesia rumah kita. Dirgahayu Indonesia. Mari kita memerdekakan Indonesia dengan aksi nyata!”

• “Menang bukan berarti berhasil menduduki sebuah kursi kekuasaan. Menang bukan berarti berhasil menumbangkan banyak lawan. Menang adalah ketika kita bisa merangkul segala perbedaan. Menang adalah ketika kita bisa membangkitkan kembali semangat juang. Menang adalah ketika kita bisa melakukan perubahan. Selamat ulang tahun Indonesia, semoga kita semua termasuk ke dalam para pemenang yang terus siap menghadapi tantangan”.

• “Kemerdekaan ini tidaklah didapat dengan mudah. Kemerdekaan ini bukanlah sebuah hadiah dari penjajah secara cuma-cuma. Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah bukti bahwa perjuangan tidak akan mengkhianati hasil yang di dapat. Kemerdekaan Indonesia adalah saksi bahwa menyerah hanya untuk orang-orang yang jiwanya kalah. Semoga Indonesia selalu merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia ke-72”.

• “Jika saja dulu mereka menyerah, maka sudah pasti kita semua akan menderita. Jika saja dulu mereka tak berbuat apa-apa, maka sudah pasti aku dan kamu sudah tiada. Hargailah perjuangan para pahlawan yang telah mempertaruhkan hidup dan matinya untuk bangsa. Tanpa mereka, aku dan kamu bukan apa-apa. Mari kita lanjutkan perjuangan mereka dengan perbuatan membangun dan nyata. Selamat memperingati hari kemerdekaan Indonesia!”

• “Mempertahankan apa yang telah diberikan oleh para pahlawan sungguh tidaklah mudah. Merdeka bukan hanya status tanpa penjajahan. Merdeka adalah bagaimana kita berkomitmen untuk menciptakan perubahan. Selamat ulang tahun Indonesia, semoga generasi penerus bangsa bisa membawamu lebih merdeka dengan kontribusi mereka!”

• “Semoga merdeka tidak hanya berhasil mengambil alih sebuah bangsa. Semoga merdeka benar-benar diaplikasikan untuk segala aspek yang berada di negeri ini. Jayalah terus Indonesiaku, kini dan nanti!”

Kutipan maupun ucapan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia diharapkan dapat memberikan hembusan angin segar dan semangat baru bagi seluruh rakyat Indonesia. Ingat, merdeka tidak hanya berhenti di sini. Untuk itu, mari Kita lanjutkan perjuangan tersebut. Selamat hari kemerdekaan Indonesia 2017.

 

Referensi :
istilahkata.com/2015/06/ucapan-kata-kata-hari-kemerdekaan-ri-ke.html
news.hargatop.com/2016/08/16/kutipan-kata-kata-ucapan-bijak-peringatan-hari-kemerdekaan-ri-ke-71-presiden-indonesia-mulai-dari-soekarno-joko-widodo/4129351.html

Add a Comment