Yang Harus di Hindari Fresh Graduate, Saat Melamar Kerja

Pada dekade ini untuk mencari kerja yang sesuai dengan keinginan adalah hal yang sangat tidak mudah. Pada kenyataanya tersebut menjadi pertimbangan agar anda tidak menyia – nyiakan jika ada informasi lowongan kerja di posisi yang selama ini anda impikan.

Namun ada kalanya penyebab yang membuat pekerjaan susah didapat adalah diri sendiri. Biasanya hal tersebut terjadi pada fresh Graduate yang masih bingung dan panik tidak mendapatkan pekerjaan.  Kesalahan yang sering dilakukan oleh Fresh graduate adalah melamar dengan asal dan kemana saja dan tanpa mencari tau dulu lebih lanjut yang spesifik.

Fresh Graduate

Bahkan ada beberapa yang melamar di posisi yang tidak dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini terjadi disebabkan banyak sekali fresh Graduete yang mempunyai prinsip bahwa yang penting adalah kerja dulu. Mungkin hal itu adalah bagus untuk menambah pengalaman, akan tetapi harus di ingat bahwa pekerjaan pertama adalah menentukan anda kedepannya.

Hal dihindari oleh fresh graduate saat melamar pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di hindari oleh Fresh Graduate dalam mencari pekerjaan :

Kurang Memperhatikan  Ketelitian

Mungkin diantara anda banyak yang melakukan kesalahan dalam pembuatan Curriculum vitae seperti tanda baca, Ejaan yang banyak kesalahan atau Typo. Hal tersebut akan berdampak sangat tidak baik. Saat anda telah membuat CV, tidak ada salahnya jika membaca kembali agar kesalahan  tersebut bisa di atasi dengan baik dan tidak ada kesalahan lagi.

baca juga : Jurusan Kuliah Yang Cepat Dapat Kerja

Tidak Salah Dari Instruksi Yang Diberikan Pada Lowongan Pekerjaan

Satu hal yang harus dilakukan adalah mengirimkan surat lamaran pekerjaan adalah apa yang di Instruksikan. Semisal adalah mengirimkan CV dan Protofolio, jangan berlebihan dan ditambahkan berkas yang lain. Hindari hal yang semacam ini agar anda terlihat lebih serius dalam menginginkan pekerjaan.

Terlambat Mengirim Surat Lamaran

Di ibaratkan sebuah perang, anda sudah kalah sebelum perang dimulai. Perusahaan biasanya memberikan tenggang waktu tertentu yang biasanya digunakan oleh pelamar kerja untuk mempersiapkan berkas terbaiknya. Namun jika anda telat dengan tenggang waktu yang duiberikan, itu artinya anda telah gugur terlebih dahulu dan kamu akan dianggap sebagai kandidat yang menyepelekan aturan.

Kurang Persiapan Interview

Salah satu kesalahan fatal yang bisa menggagalkan anda dengan cepat bekerja adalah meremehkan Interview. Padahal sesi Interview adalah sesi yang sangat penting dan menentukan apakah anda memang benar –  benar sesuai dengan tenaga kerja baru yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. Sebaliknya anda mengeluarkan waktu untuk mempersiapkan diri di dalam menghadapi sesi wawancara karena akan menentukan nasib anda.

Memancing lowongan palsu

Banyak sekali para Fresh Graduate yang menyebar nomor handphone  dan juga alamat email di internet dengan harapan nanti akan di hubungi jika ada lowongan kerja yang diharapkan. Namun hal ini bukanlah cara yang cepat  dan tepat untuk menyelesaikan masalah anda.

Jangan Melamar Jabatan Terlalu Tinggi

Jika anda hanya seseorang Fresh Graduate atau bekerja 2 – 3 tahun saja, jangan langsung melamar pekerjaan sebagai manager atau jabatan yang lain yang terlalu meloncat dari apa yang seharusnya anda dapatkan. Lamarlah pekerjaan yang memiliki peluang besar untuk anda diterima namun memiliki peluang untuk ke jenjang karier yang bagus. Janganlah melakukan hal – hal yang langsung membuat para perekrut kerja mengklaim anda buruk.

Jual Mahal

Dlam sesi Interview pasti akan ditanyakan mengenai Gaji. Hal yang bisa menjadi momen penting untuk negoisasi gaji terutama bagi anda yang mempunyai pengalaman dan keahlian yang suag unggul. Tapi anda dalam khasus ini jika tidak berhati – hati dalam melakukan hal ini, salah – salah justru akan membuat anda akan kehilangan kesempatan bekerja.

Jangan Buta Terhadap Pekerjaan Yang Dilamar

Jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kualifikasi anda. Misalnya anda jurusan Ekonimi, namun karena berminat dengan gaji yang sangat besar, akhirnya anda akan nekat melamar pekerkaan di posisi Teknisi. Hal yang semacam ini seharusnya tidak dilakukan. Pertama memang karena anda akan membuang waktu. Susdah jelas perusahaan akan membuang anda tanpa pertimbangan yang matang lagi. Secara logika untuk apa jurusan ekonomi melamar sebagai teknisi yang seharusnya di isi oleh teknisi yang profesional.

Jangan sombong dan Pemilih

Segala hal bisa terjadi di dunia ini. Orang yang hebat dan punya skill yang tinggi bisa jadi kalah dengan seseorang yang memiliki kelakuan yang baik dan beruntung. Hal ini juga diterapkan saat melamar pekerjaan. Namun jangan sampai anda terlalu sombong dan memilih pekerjaan karena merasa mempunyai skill hebat. Untuk awal mula dan batu loncatan dalam karier, jangan pernah melakukan hal ini dan lamarlah pekerjaan dimana saja dan mematuhi semua peraturan yang diberikan oleh perusahaan.

Demiklianlah beberapa hal yang harus di hindari oleh Fresh Graduate saat melamar pekerjaan. Semoga dapat memberikan pengetahuan anda dan semoga bermanfaat bagi anda yang akan melamar pekerjaan.

 

Add a Comment